Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mutia Lubna Azizah

Pentingnya Strategi Pemasaran dalam Bisnis

Bisnis | Wednesday, 20 Dec 2023, 09:59 WIB

Bisnis adalah suatu kegitan di mana seseorang atau sekelompok orang membuat, menjual, atau menyalurkan barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Tujuan bisnis di antaranya mendapatkan keuntungan, pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan masyarakat, mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi, menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan bisnis tersebut, terutama dalam memperkenalkan bisnis dan memperoleh keuntungan dibutuhkan adanya pemasaran mengenai produk atau jasa tersebut. Pengertian pemasaran sendiri merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada konsumen dan bisa memuaskan konsumen (William J. Stanton).

Salah satu bisnis e-commerce yang banyak digunakan adalah Shopee. Berdasarkan data Similarweb, saat ini Shopee merupakan situs e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia. Dimana pada September 2023 Shopee tercatat menerima 237 juta kunjungan profil, jika dibandingkan dengan awal tahun 2023 hal ini naik drastis sekitar 38%. Hal ini dikarenakan Shopee mempunyai Shopee Marketing Solution (SMS) yang merupakan program untuk mengembangkan pemasaran dengan berbagai fitur promosi pada aplikasi (on-platform) dan media digital di luar shopee (off-platform).

Pemasaran dalam bisnis dijadikan seorang pengusaha sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan memiliki strateginya masing-masing untuk mencapai target tertentu. Beberapa strategi pemasaran produk yang efektif untuk bisnis diantaranya :

1. Memahami target pasar

Sebelum memulai bisnis para pengusaha wajib memahami siapa target pasar, di mana target pasar tersebut mencakup preferensi kebutuhan konsumen dan perilaku konsumen yang nantinya akan ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini membuat lebih efektif untuk menarik target pasar yang ingin dituju. Shopee memiliki target pasar seluruh kalangan terutama remaja hingga dewasa, karena Shopee memiliki preferensi kebutuhan konsumen yang cukup lengkap.

2. Melakukan promosi yang tepat

Pengusaha harus pandai dalam memberikan insentif kepada pelanggan yang berpotensial untuk menjadi konsumen yang loyal terhadap perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan menawarkan diskon saat ada perayaan seperti hari besar agama. Shopee memiliki program yaitu Shopee Loyalty yang memiliki tiga tingkatan member yakni member Silver, Gold, hingga Platinum. Semakin tinggi tingkat member maka semakin banyak keutungan yang ditawarkan.

3. Memanfaatkan sosial media sebagai pemasaran

Media sosial digunakan pengusaha untuk membangun kehadiran pelanggan online yang kuat, di mana konten yang disajikan harus menarik sehingga dapat berinteraksi dengan target pasar yang dituju. Pemasaran yang dilakukan secara online dapat menggunakan iklan agar khalayak umum dapat melihatnya. Selain melakukan pemasaran dalam aplikasi Shopee (on-platform), Shopee juga melakukan pemasaran dengan media digital di luar Shopee (off-platform) seperti Influencer, Instagram, Google, dan lainnya.

Semua pengusaha pasti pernah mengalami masalah dalam menjalankan bisnisnya, sebagian besar kendala pemasaran terdapat pada strategi pemasaran yang tidak matang, keterbatasan anggaran pemasaran dan lambat dalam mengikuti setiap perkembangan yang ada. Strategi pemasaran yang tidak matang menjadi penyebab utama dalam bermasalahnya pemasaran bisnis. Umumnya brand hanya berfokus pada produk yang dijual tanpa memperhatikan kebutuhan dan target pasar yang dituju. Sehingga menyebabkan strategi kurang maksimal dalam mendatangkan pelanggan maupun pendapatan. Masalah dalam lambatnya mengikuti setiap perkembangan, menjadi masalah penting bagi perusahaanaa. Arus digital di setiap aspek kehidupan mengharuskan strategi pemasaran harus dapat beradaptasi dan bertransformasi digital. Jika dahulu pemasangan iklan offline menjadi aset pemasaran, maka sekarang dapat diiklankan secara online menggunakan Google Ads dan sosial media ads. Salah satu masalah yang dialami Shopee yaitu persaingan dengan e-commerce lain. Shopee harus bisa mencari solusi atas masalah tersebut, sehingga bisa unggul dibandingkan dengan e-commerce lain. Salah satu solusi yang diterapkan adalah menambah fitur yang sebelumnya tidak dimiliki oleh e-commerce lain yaitu Shopee Food.

Setiap permasalahan dalam bisnis, harus dilakukan Upaya atau solusi dalam penyelesaiannya. Beberapa diantaranya adalah solusi pada strategi pemasaran yang tidak matang dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, membuat profil pelanggan sesuai dengan minat dan kebutuhan, memanfaatkan media sosial yang tepat dalam memasarkan dan selalu memperhatikan feedback dari pelanggan. Solusi terakhir adalah dengan terus belajar dan beradaptasi dengan dunia digital, karena pemasaran akan terus dipengaruhi oleh digitalisasi. Zaman sekarang semua orang memiliki smartphone yang terhubung ke internet. Hal itu memudahkan pelanggan dalam mencari informasi sebuah produk atau jasa yang dibutuhkan.

Penjelasan di atas sudah merangkum pentingnya strategi pemasaran dalam shopee. Kegiatan yang di dalamnya berisi merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mepromosikan hingga mendistribusikan kepada konsumen menjadi bagian dari strategi pemasaran. Apabila bisnis tidak ada pemasaran, maka pelanggan atau konsumen tidak akan mengetahui mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Konsumen yang tahu mengenai produk dan jasa perusahaan memungkinkan membuat konsumen lain tertarik, terlebih jika produk dan jasanya memiliki kualitas dan nilai inovatif serta keunikan.

Referensi :

https://www.bola.com/ragam/read/4588305/pengertian-bisnis-tujuan-fungsi-jenis-dan-manfaat-yang-diperoleh?page=4

https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran/

https://blog.usetada.com/id/kendala-terbesar-paling-sering-terjadi-dalam-marketing

https://www.kompasiana.com/irfan_aditya_nugraha/570af7bd719373ac242d68de/pentingnya-pemasaran-dalam-suatu-usaha-bisnis

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image