Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meta Puspita Sari

Sering Merasa Ngantuk Saat di Kelas? Ini Dia Tipsnya Yuk, Lawan Mengantuk Saat Belajar di Kelas

Gaya Hidup | Tuesday, 19 Dec 2023, 17:09 WIB

Mengantuk saat di Kelas bukan sekadar masalah gangguan, tetapi juga bisa berdampak dipemahaman dan kinerja akademis. Banyak orang mengalami rasa kantuk yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan sehari - hari, terutama saat mengikuti kegiatan di kelas. Menurut Annisa Hapsari (2021) ‘banyak hal yang mendasari fenomena yang terjadi pada tubuh. Akan tetapi, tingkat konsentrasi pelajar cenderung menurun karena merasakan mengantuk sekitar 10 menit pertama di kelas.’ Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kurang istirahat, pola makan yang tidak tepat, lalu suasana kelas ber-AC yang dingin ataupun merasa bosan di dalam pembelajarannya, Selain itu juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan mental seperti stress, kecemasan atau depresi yang dapat berkontribusi membuat rasa ngantuk.

Google

Dilansir dari postingan reels Instagram @hmm_upj (2023) Berikut tips mengatasi

mengantuk saat belajar di kelas:

1. Tidur yang cukup, Pola tidur yang baik berkaitan langsung dengan kesehatan fisik dan mental, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh dan peningkatan risiko masalah kesehatan mental, seperti stress dan kecemasan. Selain itu juga, Pola tidur yang baik dan berkualitas dapat membantu mencegah rasa kantuk selama mengikuti kelas. Jika kamu cukup tidur, kemungkinan besar kamu akan tetap segar dan fokus selama melakukan aktivitas belajar di kelas.

2. Jangan melewatkan sarapan, Menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya (2020) 'Sarapan membawa berbagai macam manfaatuntuk kesehatan. Meski begitu, jangan hanya sekadar kenyang. Pastikan sarapan yang Anda konsumsi mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.’ Sarapan pagi tidak hanya bertujuan untuk mengenyangkan perut, tetapi juga memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari dengan energi dan kewaspadaan optimal Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memilih sarapan yang sehat dapat memengaruhi kinerja tubuh dan mencegah kantuk di siang hari.

3. Istirahat singkat, Istirahat singkat tidak hanya memberikan kesempatan tubuh untuk rileks, tetapi juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi Istirahat sejenak beberapa menit menyegarkan otak dan mengurangi rasa lelah yang menyebabkan kantuk.

4. Lakukan perengangan, Salah satu cara efektif untuk mengatasi mengantuk adalah dengan melakukan peregangan, Berikut beberapa perengangan yang bisa kalian coba sebelum atau sesudah kelas berlangsung: Peregangan leher, Peregangan bahu, Peregangan kaki, Peregangan punggung / pinggang, Peregangan tangan dan pergelangan tangan, dan lain sebagainya.

5. Hindari makanan berat, Hindari makanan berat yang dapat melemahkan Anda, dan pilihlah makanan ringan yang memberi Anda energi tanpa membuat Anda merasa kenyang.

Meta Puspita Sari Universitas Pembangunan Jaya

https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/cara-menghilangkan-ngantuk-saat-belajar/

https://www.alodokter.com/manfaat-sarapan-untuk-kesehatan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image