Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image wanda putri

Benar tidak Sih? Generasi Sandwhich Disebabkan Kegagalan Finasial Orang Tua?

Agama | Tuesday, 19 Dec 2023, 15:57 WIB
Gambar 1.1 – Ilustrasi Terkait Generation Sandwhich

Yang muda yang menopang

Kalian pastinya pernah mendengar dengan istilah sandwhich generation? Atau tidak pernah sama sekali?, Lantas. Apa itu istilah dari sandwich generation? Dan apa sebab dari sandwich generation?

Mau tau lebih jelasnya? Yuk kita simak penjelasan dalam artikel berikut.

Beberapa waktu lalu, ramai diperbincangkan di masyarakat mengenai “Generation Sandwich”, sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan generasi yang orang tuanya sudah lanjut usia dan bergantung pada anak-anaknya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

APA ITU SANDWHICH GENERATION?

Sandwhich Era atau sandwich generation adalah bahasa gaul di zaman sekarang yang artinya seseorang harus menghidupi tiga generasi keluarganya yang terdiri dari orang tua, dirinya sendiri, dan adik kakaknya. Sandwhich Generation bukan hal baru diindonesia.

Tingkat ketergantungan antara penduduk usia rentan / non produktif terhadap penduduk usia produktif di indonesia di perkirakan akan semakin tinggi dari tahun ke tahun seiring dengan semakin panjangnya usia harapan hidup dan pergeseran piramida usia poplusi.

Ibaratnya seperti sebuah roti sandwhich, yang dimana orang tua dan anak menjadi lepisan roti atas dan bawah, dan sementara situasi ini ibarat sebagai isi sandwhich yang terhimpit di tengah-tengah roti

APA BENAR GENERATION SANDWHICH DISEBABKAN FINANSIAL ORANG TUA?

Secara umum tidak semua kasus ‘‘generasi sandwich‘‘ disebabkan oleh kegagalan finansial orang tua, meskipun faktor finansial dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi bagian dari generasi sandwich melibatkan faktor-faktor lain seperti perubahan gaya hidup, peningkatan harapan perawatan terhadap orang tua, dan perubahan dinamika keluarga.

Namun, tidak semua kasus generasi sandwich disebabkan oleh masalah finansial, karena perubahan struktural dalam keluarga dan harapan sosial juga bisa menjadi penyebabnya.

BAGAIMANA CARA MEMUTUSKAN RANTAI GENERATION SANDWHICH DI INDONESIA?

Terkadang, menjadi sandwich generaion adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Akan tetapi, kita bisa mengusahakan beberapa tips berikut agar beban kita tidak terlalu berat.

1. Berbincang dengan keluarga

Tips pertama untuk memutuskan rantai generation sandwich adalah berbincang dengan keluarga. Jika kita seorang anak, sampaikan pada orang tua atau sodara kalau kita tidak dapat mencari nafkah 100% untuk keluarga kita dan ajak orang tua kita atau sodara untuk mencari jalan keluar guna mencari penghasilan tambahan. Serta beri penjelasan kepada orang tua dan sodara kita kalau kita perlu menghidupi diri sendiri dan keluarga baru kita

2. Investasi

Tips kedua, dengan ber-investasi kita memiliki passive income yang dapat menambah penghasilan atau tabungan, semakin kita rajin untuk ber-investasi pendapatan kita akan bertambah banyak. Maka kita tidak khawatir lagi untuk memberatkan keluarga di masa depan

3. Mendaftar Asuransi Kesehatan

Tips ketiga, dengan asuransi kesehatan itu dapat menjadi perlindungan ketika terjadi financial shock guna anggota keluarga mengalami masalah kesehatan. Kita dapat mendaftarkan kedua orang tua kita asuransi kesehatwan sejak dini, dan itu akan mengurangi beban ketika suatu saat orang tua kita saki dan butuh dana pengobatan berkelanjutan.

4. Manajemen Keungan dengan baik

Tips keempat, dengan mengatur keuangan dengan baik proyeksi rencana keuangan kita akan lebih baik. Meski demikian, jangan sampai beban ini membuat kita tertekan dan berhutang ke orang lain dan belajarlah mengatur uang dari sekarang agar ketika kita membutuh uang kita mempunyai tabungan cadangan lainnya.

Dapat disimpulkan bahwan sandwhich generation merupakan kelompok orang dewasa yang merawat baik anak-anak mereka sendiri maupun orang tua mereka yang lanjut usia. Mereka berada di antara dua generasi yang memerlukan perhatian dan dukungan, sehingga seringkali mengalami tekanan emosional dan finansial yang lebih besar.

Itulah penjelesan terkaint apa itu generation sandwhich, sebab, dan tips memutuskan rantai generation sandwhich. Apabila kita seorang generation sandwhich, kuatkan bahu kita dan peluk diri kita kalau kita bisa melewati itu semua dan berusahalah lebih baik agar tidak terlalu stress dengan beban yang kita miliki. Semangat Berjuang Generasi Muda!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image