Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsabila Nisrina

E-book Hadir untuk Melestarikan Hobi Membaca di Era Digital

Teknologi | Monday, 18 Dec 2023, 20:56 WIB
Foto: Dokumen Pribadi

Membaca merupakan hobi umum yang dimiliki banyak umat manusia di berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, orang dewasa hingga orang tua pun masih ada yang hobi nya membaca. Membaca pun bermacam-macam, membaca cerpen, membaca novel, membaca komik, membaca majalah, membaca koran, membaca artikel, atau jurnal, membaca buku pelajaran, dan lain-lain.

Ada pepatah mengatakan “buku adalah jendela dunia” ya sangat betul sekali, dengan buku kita bisa belajar banyak pelajaran, dari buku kita mendapat banyak ilmu pengetahuan. Namun kecanggihan alat elektronik yang serba digital di era sekarang tentunya dapat mempermudah segala kegiatan umat manusia.

Kita dapat mengakses banyak hal hanya dengan ketukan di layar smartphone, atau klik fitur-fitur otomatis yang ada di layar laptop. Kecanggihan digital yang dapat kita nikmati sekarang salah satunya adalah dapat membaca kapanpun dan di manapun.

Dengan mudah kita dapat mengakses apa yang ingin kita baca melalui smartphone kita. Untuk melestarikan hutan agar tidak semakin banyak pohon yang ditebang agar kayunya bisa digunakan untuk membuat kertas, maka perkembangan digital pun memanfaatkan kondisi ini untuk membuat e-book (Electronic book) atau lebih kita kenal dengan buku elektronik.

Kehadiran ebook ini tentunya memiliki dampak baik terhadap hutan, karena mengurangi penggunaan kertas yang semakin tidak ramah lingkungan. Berikut ada beberapa situs web yang menyediakan ebook gratis yang mudah di akses olah seluruh umat manusia di antaranya:

1. Open Library: Download Ebook Gratis dari Seluruh Dunia
2. Buku Sekolah Eletkronik (BSE) Kemdikbud: Download Buku Paket Resmi untuk SD, SMP dan SMA
3. Dunia Download Kumpulan Ebook Gratis Penulis Dalam Negeri
4. Project Gutenberg: 60 Ribu Ebook Gratis dan Tertua
5. Indonesia Ebook: Kumpulan Novel Romantis Lokal dan Terjemahan
6. Oapen: Download Ebook Akademik Gratis Berkualitas
7. Google Books: Situs dan Aplikasi Wajib Penggemar Buku
8. Bookyards: Unduh Puluhan Ribu Ebook Gratis
9. CentslessBooks: Ebook dan Audiobook Terlengkap Tanpa Bayar
10. Buku-e LIPI: Download Buku Elektronik Non-fiksi Resmi dan Gratis

Kehadiran ebook yang mudah kita akses tentunya memiliki banyak peminat karena dapat dibaca dan diunduh secara Cuma-Cuma. Selain itu kita juga dapat terus melestarikan hobi kita yaitu membaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image