Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Herry Adwnta

Jargon dalam Komunitas Vario 160

Sastra | Monday, 18 Dec 2023, 17:54 WIB

Bahasa merupakan media terjadinya proses komunikasi dan interaksi antar sesama manusia. Karena kehadirannya yang sangat penting bagi kehidupan manusia, maka hampir di semua bidang kehidupan memerlukan bahasa sebagai alat komunikasi. Sumarsono (2014:18) mengatakan bahwa bahasa adalah sistem lambang yang arbitrer dan dipakai oleh anggota-anggota masyarakat untuk saling berinteraksi. Mengenai penggunaan bahasa, maka tidak terlepas dari pemahaman yang menjelaskan tentang salah satu ilmu yang menjadikan bahasa itu sendiri sebagai objeknya. Antara bahasa dan linguistik sangat berkaitan. Lingusitik merupakan bidang ilmu yang mempelajari bahasa, atau bidang ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya. Ada dua kajian bahasa dalam Ilmu linguistik, yaitu kajian secara internal (mikrolinguistik) dan kajian secara eksternal (makrolinguistik). Secara internal, kajian bahasa adalah pengkajian yang dilakukan terhadap struktur intern bahasa yang terdiri dari fonologi, morfologi, sintaksis, dialektologi, dan leksikologi. Linguistik makro mengarahkan kajiannya pada hubungan bahasa dengan faktor-faktor di luar bahasa. Kajian bidang makrolinguistik antara lain yaitu semantik, antropolinguistik, pragmatik, sosiolinguistik, psikolinguistik, dan etnolinguistik. Dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat pemakaian bahasa dalam komunikasi, baik langsung maupun tidak langsung oleh kelompok sosial tertentu yang dapat menghasilkan variasi bahasa. Variasi bahasa yang digunakan berperan sebagai lambang identitas suatu kelompok sehingga menjadi suatu kekhasan dari pemakaian bahasa itu sendiri. Kekhasan ini hanya dipahami oleh mereka yang tergabung dalam suatu kegiatan bersama sehingga lambang identitas yang menjadi suatu kekhasan kelompok tersebut kurang dipahami oleh masyarakat di luar kelompoknya. Salah satu kelompok sosial masyarakat yang menggunakan variasi bahasa dalam berkomunikasi antar anggotanya adalah grup WhatsApp vario 160. Akrolek adalah variasi bahasa sosial yang dianggap lebih tinggi atau lebih bergengsi daripada variasi sosial lainnya. Basilek adalah variasi sosial yang dianggap kurang bergengsi atau dipandang rendah. Slang adalah variasi bahasa sosial yang bersifat khusus atau rahasia. Dengan kata lain, variasi ini digunakan oleh kalangan tertentu yang sangat terbatas dan tidak diketahui oleh orang di luar kelompok itu. Kolokial adalah bahasa percakapan, bukan bahasa tulis. Jargon adalah variasi sosial yang digunakan secara terbatas oleh kelompok-kelompok sosial tertentu namun tidak bersifat rahasia. Argot adalah variasi sosial yang digunakan secara terbatas pada profesi tertentu dan bersifat rahasia.

1. jargon berbentuk akronim 

Terdapat jargon berbentuk akronim pada grup WhatsApp vario 160 yang merupakan hasil penyingkatan frasa. Baik diambil dari inisial huruf depan ataupun suku kata pembentukannya. Frasa bisa diambil dari bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris.

sumber media: grup chat WhatsApp

Om dony: "jangan kopsan hayu, kopdar ga datang ya".

jargon yang terdapat pada data (001) Jargon yang terdapat pada data (001) yaitu "kopsan". Akronim "kopsan" merupakan pengambilan suku kata pertama dari kata "kopi santai". Penggunaan akronim "kopsan" sebagai jargon pada grup WhatsApp vario 160 memiliki makna khusus yaitu berkumpulnya bikers di waktu siang, sore atau malam hari. Pada kegiatan ini bikers yang terikat pada club maupun komunitas lain meluangkan waktu kosongnya untuk silahturahmi, tidak hanya membahas seputar dunia motor tapi juga saling berbagi berbagai informasi dan membahas kegiatan sosial kemasyarakatan yang akan diadakan. dalam data (001) juga terdapat sebuah akronim yaitu kata "kopdar". akronim "kopdar" merupakan pengambilan suku kata pertama yaitu "kopi darat". yang dimana bertujuan untuk mengumpulkan raiders yang ada di area tersebut pada malam hari untuk membahas hal yang akan dijalankan.

2.Kelas Kata Benda (Nomina) dan Makna Khusus Jargon.

sumber media: chat grup WhatsApp

m. bana: “ikut chapter Jakarta bang, karena plat motor juga Jakarta pusat”Jargon yang terdapat pada data (002) yaitu “chapter” Berdasarkan makna umum, kata “chapter” termasuk ke dalam bentuk kelas kata yaitu kata benda (nomina). Kata “chapter” berasal dari bahasa Inggris yang berarti bab. Sedangkan berdasarkan makna khusus penggunaan kata “chapter” pada grup WhatsApp vario 160 sebagai jargon yang memiliki makna khusus, yaitu cabang suatu club atau komunitas dengan nama yang sama di tiap daerah yang beda.

3.Jargon Bentuk Frasa Verba dan Makna Khusus Jargon.

sumber: media grup WhatsApp vario 160 community

D.vicky yansen: “izin melintas yg punya area Tangerang “Jargon yang terdapat pada data (003) yaitu “izin melintas”. Frasa “izin melintas” sebagai jargon termasuk ke dalam bentuk frasa verba. Berdasarkan makna khusus, penggunaan frasa “izin melintas” pada grup WhatsApp vario 160 sebagai jargon memiliki makna yaitu memberikan informasi kepada biker lain bahwa yang bersangkutan akan melintasi rute-rute yang dilewati dan bantu mengondisikan jika sewaktu-waktu biker tersebut mengalami masalah di jalan.Pada data (003) di atas yang disampaikan oleh bang viky menggunakan frasa “izin melintas” sebagai jargon. Dengan demikian bentuk frasa dan makna jargon pada data (003) dilihat berdasarkan makna khusus yang penggunaannya hanya pada kelompok tertentu.

3.kelas kata

sumber: chat grup WhatsApp Vario 160 Depok

bang aby : “Tertera untuk umum all club & Community bikers”

Jargon yang terdapat pada data (004) yaitu "club", Berdasarkan makna. umum, kata "club" termasuk ke dalam bentuk kelas kata yaitu kata benda (nomina). Kata "club" dalam bahasa inggris atau "klub" dalam bahasa. Indonesia memiliki makna yaitu (1) perkumpulan yang kegiatannya mengadakan persekutuan untuk maksud tertentu; dan (2) gedung tempat pertemuan anggota suatu perkumpulan. Sedangkan berdasarkan makna. khusus penggunaan kata "club" pada grup WhatsApp Vario 160 sebagai jargon memiliki makna yaitu perkumpulan orang-orang yang memiliki hobby berkendara dengan motor dan atau perkumpulan orang-orang yang hanya terdapat 1 varian motor. Misalnya club Honda vario Indonesia, dimana motor para anggota yang tergabung didalamnya adalah motor Honda vario. Di dalam Club memiliki naungan kepengurusan dan aturan yang sama.

Pada data (004) di atas yang disampaikan oleh Aby nurfadillah menggunakan kata “club” sebagai jargon. Dengan demikian bentuk kelas kata dan makna jargon pada data (004) dilihat berdasarkan makna khusus yang penggunaannya hanya pada kelompok tertentu.





Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image