Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Langkah Kecil Bisa Membuat Bumi Kian Lestari dan Layak Huni

Gaya Hidup | Monday, 18 Dec 2023, 06:49 WIB
Bersepeda dapat tingkatkan kualitas udara. Foto: Putra M Akbar/Republika via republika.co.id

BUMI yang lebih lestari akan menjamin kelangsungan hidup manusia untuk masa kini dan masa depan. Membuat Bumi lestari adalah kewajiban kita semua, tanpa terkecuali.

Kita cukup melakukan hal-hal kecil tapi sangat bermakna berikut ini untuk ikut membuat Bumi yang kita tempat ini semakin lestari.

Hemat air

Air adalah sumber kehidupan. Di tengah terus melonjaknya jumlah populasi Bumi, sumber air bersih justru kian terbatas. Maka, menghemat air adalah langkah yang semestinya kita lakukan.

Menggunakan air hanya untuk hal-hal yang perlu sudah seyogianya kita biasakan. Pada saat yang sama, upaya untuk memanen air maupun menyimpan air di sekitar lingkungan kita patut pula kita upayakan.

Biarkan halaman rumah atau kantor ditumbuhi rumput dan tidak perlu dibeton sehingga air hujan menyerap masuk sebanyak-banyaknya ke dalam tanah.

Mengurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor

Aktivitas kendaraan bermotor di jalan raya menyumbang pencemaran cukup besar selama ini. Menurut Enviromental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat, sekiranya kita mampu menjauhi aktivitas berkendara di jalan raya dua hari dalam seminggu, kita akan mengurangi emisi gas rumah kaca rata-rata 721 kilogram per tahun. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memilih bekerja dari rumah (WFH) sehingga tidak harus saban hari wara-wiri menggunakan kendaraan bermotor.

Transportasi alternatif

Jalan kaki dan bersepeda adalah cara yang tepat untuk ikut mengurangi gas rumah kaca. Bonusnya, kita mendapatkan latihan kardio yang baik dan sekaligus membakar kalori. Untuk pergi menuju tempat-tempat yang kurang dari 10 kilometer, kita bisa naik sepeda. Sementara untuk yang di bawah 5 kilometer, kita bisa saja berjalan kaki.

Aktivitas jalan kaki bisa juga dikombinasikan dengan transportasi umum. Bisa juga mengadopsi sistem tumpangan. Jadi, satu mobil digunakan untuk beberapa orang untuk menuju tempat yang sama. Sehingga ikut mengurangi kemacetan dan pencemaran.

Daur ulang dan kurangi sampah

Kurangi penggunaan produk tertentu untuk mengurangi sampah. Jika masih memungkinkan, kenapa tidak memanfaatkan bahan-bahan bekas yang masih bisa didaur ulang.

Contohnya, menurut EPA, dengan sekitar 7.000 pekerja yang mampu mendaur ulang semua limbah kertas perkantoran selama satu tahun, maka itu sama dengan menyingkirkan hampir 400 mobil, yang mencemari udara, dari jalanan.

Contoh lain, yaitu membawa tas yang dapat digunakan kembali saat belanja ke toko bahan makanan. Hindari menggunakan piring, sendok, gelas, cangkir, dan serbet sekali pakai karena barang-barang tersebut ikut menambah jumlah limbah.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image