Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arhan Pratama

Awal Tahun 2022 Perdagangan Saham Menguat, Investor Asing Jadi Pemborong

Bisnis | Wednesday, 05 Jan 2022, 10:16 WIB

Perdagangan saham awal 2022 terlihat menguat. Hal ini tampak dari informasi yang ada pada catatan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Untuk tahun ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terbuka pada level 6.586,26 juga tertutup menguat 83,82 poin atau 1,27 persen ke level 6.665.30.

Dengan melihat catatan ini, dapat kesimpulan justru harga saham terus naik dan berkembang. Tidak hanya itu saja, investor asing juga banyak yang berminat untuk membelinya.

Pergerakan harga yang pesat akan mempengaruhi terhadap keberhasilan seseorang dalam investasi. Apalagi mengingat investasi populer di era milenial saat ini.

Hal ini tidak menutup kemungkinan jika tahun ini harga saham mengalami kenaikan yang cukup baik. Bahkan dengan mengetahui perdagangan saham awal 2022 yang baik, membuat investor asing berani borong.

Peningkatan Perdagangan Saham Awal 2022, Investor Asing Gerak Cepat

Pembelian saham bersih sebesar Rp 344,69 miliar tercatat terlihat sejak awal tahun ini. Hal ini tampak dari catatan BEI Senin 3 Januari 2022 kemarin. Angka yang ada tersebut merupakan akumulasi dari net-buy Rp 447,64 miliar pada pasar reguler.

Sedangkan untuk net sell sebesar Rp 102,95 miliar di pasar negosiasi-tunai. Dari transaksi yang terjadi hari ini mencapai angka Rp 9,8 triliun.

Hal ini juga membuat para investor asing untuk mengeluarkan dana transaksi sebesar 22,14%. Sedangkan untuk investor domestik yaitu 77,86%.

Saham Emiten yang Diborong Investor Asing

Investor asing memberikan banyak peluang bagi dirinya dengan membeli saham emiten di BEI. Hal ini tampak dari perdagangan saham awal 2022. Dari pasar reguler sendiri, investor asing memang banyak mengincar saham big caps.

Sebagian besar berasal dari sektor perbankan, infrastruktur, hingga teknologi. Selain itu, melepas sektor konsumsi, industri, hingga energi.

Adapun deretan saham emiten yang investor asing beli sebagai bukti menguatnya perdagangan saham awal 2022 antara lain:

Artikel Selengkapnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image