Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggun Atma Sakhi

Teknologi Pengolahan Air Bersih Sebagai Penanganan Krisis Air Bersih

Teknologi | Friday, 15 Dec 2023, 21:54 WIB
Sumber: Sourav Mishra from Pexels

Air merupakan salah satu energi terbarukan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, seiring dengan bertambahnya populasi manusia dan perkembangan pemukiman baru menjadikan kualitas air bersih menjadi menurun dan tercemar. Permintaan air bersih meningkat karena pertumbuhan penduduk yang cepat, urbanisasi dan meningkatnya kebutuhan air dari sektor pertanian, industri, dan energi. Permintaan air bersih telah melampaui pertumbuhan penduduk, dan setengah populasi dunia sudah mengalami kelangkaan air yang parah setidaknya satu bulan dalam setahun. Kelangkaan air diproyeksikan akan meningkat dengan meningkatnya suhu global sebagai akibat dari perubahan iklim.

Air, sanitasi dan kebersihan adalah hak asasi manusia. Tanpa adanya akses air bersih, kesehatan akan sangat terpengaruh. Sanitasi yang memadai sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang dapat mensterilkan air sehingga dapat digunakan untuk kehidupan sehari hari. Beberapa teknologi tersebut diantara nya adalah:

1. Teknologi Alat Penjernih Air

Pengolahan air menggunakan teknologi ini banyak digunakan oleh masyarakat umum, pasalnya pengolahan air dengan teknologi ini sangat mudah dalam menghasilkan air bersih. Teknologi penjernih air ini dapat mengatasi masalah air seperti air yang berwarna, air yang berbau dan sebagai nya.

2. Teknologi Sistem Ultra Filtrasi

Ultra filtrasi (UF) adalah proses pemurnian yang memisahkan partikel dari senyawa larut menggunakan media membran ultrafine. Ultrafiltrasi adalah teknologi pemisahan yang sangat baik untuk pretreatment desalinasi, pretreatment reverse osmosis, dan reklamasi air limbah, serta untuk memproduksi air minum.

3. Teknologi Reverse Osmosis

Reverse Osmosis merupakan proses pemurnian air menggunakan membrane semipermeable untuk memisahkan molekul dari zat lain. Teknologi Reverse Osmosis membutuhkan energi yang kecil sehingga hemat energi. Hasil dari pengolahan air ini dapat langsung dikonsumsi tanpa proses pemanasan lagi.

4. Pemurni Air UV Kecil

Pada umumnya, sistem pemurnian air memiliki harga yang mahal serta memakan waktu dan tempat. Namun saat ini muncul lah teknologi dimana pemurni air memiliki bentuk persegi hitam yang kecil yang dapat mempercepat proses pemurnian air. Meskipun perangkat ini jauh dari produksi massal, tes laboratorium pada prototipe menunjukkan bahwa itu bisa menjadi langkah pertama menuju generasi baru metode pemurnian air yang membantu membuat air kotor dapat diminum.

5. dan masih banyak lagi

Teknologi tersebut hadir karena kebutuhan akan air bersih yang tinggi ditengah krisis air bersih ini. Meskipun keberadaan air bersih masih banyak namun tidak bisa dipungkiri beberapa tahun kedepan keberadaan air bersih sulit ditemukan. Kita harus sadar akan kebutuhan air yang harus digunakan. Meskipun ada teknologi untuk memurnikan serta mensterilkan air, kita tetap harus menghemat air untuk keberlangsungan hidup kita nanti.

Anggun Atma Sakhi

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image