Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cininta Nareswari

Tugas Kuliah Numpuk Padahal Deadline Sudah Dekat? Begini Solusinya!

Eduaksi | Friday, 15 Dec 2023, 20:13 WIB

“Tugas kuliah numpuk terus gak selesai-selesai capek deh” ucapku. Tugas yang menumpuk secara bersamaan membuat diri kita malas sehingga kita hanya akan menunda-nunda untuk mengerjakannya karena bingung harus mulai dari mana. Seperti yang kita ketahui bahwa waktu adalah berharga. Maka dari itu manajemen waktu sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mengerjakan tugas dengan terstruktur dan hemat waktu loh! Yuk kita simak bareng!

Membuat To Do List

Tugas yang menumpuk secara bersamaan membuat kita bingung untuk menentukan mana dulu yang harus dikerjakan. Misalnya, deadline tugas A hari Senin, deadline tugas B hari Selasa. Nah, untuk mengatasi hal ini kita bisa menentukan tugas mana yang memiliki deadline yang lebih cepat dan kita urutkan dalam bentuk to do list. Cara ini sangat efektif loh! Bahkan, seorang dosen Institut Pertanian Bogor atau IPB University, Megawati Simanjuntak dalam detik.com mengatakan, membuat daftar kegiatan atau yang sering disebut to do list merupakan time management yang baik. Maka dari itu, sebelum memulai mengerjakan sesuatu, alangkah baiknya kita menyusun skala prioritas yang ingin dikerjakan agar terencana dan terlaksana dengan baik.

Membatasi Distraksi

Terkadang saat mengerjakan sesuatu pasti ada saja hal-hal yang membuat kegiatan kita terdistrak. Salah satu contohnya saat kita sedang mengerjakan tugas lalu ada notif dari HP yang menganggu dan akhirnya kita memutuskan untuk melihat notif tersebut dan tanpa sadar kita malah keterusan bermain HP. Hal ini tentunya sangat menganggu dan membuat tugas kita jadi terhambat. “Saya seringkali terganggu oleh notifikasi HP dan membuat saya keterusan bermain HP sehingga tugas saya tertunda.” Ujar Halimatus Sa’diah seorang mahasiswi Universitas Pembangunan Jaya (4 Desember 2023). Dari contoh kasus di atas, kita bisa saja untuk mengaktifkan mode Don’t Disturb di HP agar tidak ada notif masuk yang mengganggu.

Take A Time

Terakhir, kita juga perlu istirahat sebentar saat belajar. Semisal, kita belajar dari jam 8 malam sampai jam 10 malam tanpa jeda istirahat dan alhasil kita menjadi jenuh dan tidak fokus dengan materi. Untuk mengatasi hal itu, kita bisa menerapkan Teknik Pomodoro yang dimana 25 menit belajar dan 5 menit istirahat. Teknik terbukti efektif, seperti yang dikatakan oleh Staffan Noteberg di dalam bukunya Pomodoro Technique Illustrated, The Easy Way to Do More in Less Time menyatakan bahwa teknik Pomodoro sangat efektif untuk menghindari gangguan selama belajar. Maka dari itu saat belajar kita perlu memberi jeda untuk istirahat dan salah satu teknik belajar yang bisa diterapkan ialah Teknik Pomodoro.

Nah, itu dia beberapa tips untuk mengerjakan tugas tanpa lewat deadline dan menghemat waktu. Dari penjabaran di atas pasti kalian sudah paham betapa pentingnya manajemen waktu dalam belajar. Tips-tips tersebut bisa kalian terapkan untuk kedepannya saat mengerjakan tugas kuliah loh guys! Selamat mencoba ya teman-teman!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image