Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anderson Winata

Implementasi Kecerdasan Buatan dalam Mengurangi Pemanasan Global

Teknologi | Friday, 15 Dec 2023, 13:07 WIB
Global Warming (Sumber Gambar: https://pascasarjana.umsu.ac.id/wp-content/uploads/2023/06/pemanasan-global.jpg)

Pemanasan global sudah menjadi tantangan yang kita hadapi sejak lama. Dampak yang kita rasakan dari pemanasan global sudah banyak, dari perubahan iklim hingga meningkatnya risiko kesehatan. Dalam upaya mengurangi pemanasan global, munculnya kecerdasan buatan menjadi alat untuk mengurangi dampak dari pemanasan global. Kecerdasan buatan telah diimplementasikan di berbagai sektor agar bisa memberi solusi untuk tantangan ini.

Smart Farming (Sumber Gambar: https://freightsight.com/article/smart-farming-teknologi-holtikultura-ri-yang-hasilkan-produk-ekspor)

Salah satu implementasi dari kecerdasan buatan ini adalah pertanian cerdas. Pertanian sendiri adalah sektor yang rentan terhadap perubahan iklim, sehingga ketika kecerdasan buatan diterapkan, petani dapat meningkatkan efisiensi produk mereka. Melalui kecerdasan buatan, para petani dapat mengetahui informasi untuk mendapat hasil panen yang terbaik dan juga dapat mengurangi jejak karbon yang dihasilkan.

Kecerdasan buatan dapat diimplementasikan juga dalam sektor transportasi. Salah satu terobosan terbaru adalah kecerdasan buatan dalam sistem pemantauan lalu lintas yang dikenal sebagai Network Operation Centre (NOC) Intelligent Traffic Light System (ITS). Kecerdasan buatan ini mengatur lampu lalu lintas secara otomatis berdasarkan informasi kepadatan kendaraan di jalan tersebut. Melalui aplikasi ini, aliran kendaraan bisa lebih optimal.

Kedua contoh tersebut adalah beberapa implementasi dari kecerdasan buatan dalam mengatasi pemanasan global. Pastinya terdapat berbagai implementasi kecerdasan buatan lainnya untuk mengurangi pemanasan global, dan untuk kedepannya kecerdasan buatan dapat mengurangi dampak dari pemanasan global di berbagai sektor.

Penulis: Anderson Winata, Universitas Airlangga

Sumber:

- Hermawan, D. (n.d.). Tim Pengabdian Masyarakat UNNES Berdayakan Pertanian Cerdas Berbasis IoT pada Kelompok Tani TEGER 02 Desa Mangunsari – Universitas Negeri Semarang. https://unnes.ac.id/tim-pengabdian-masyarakat-unnes-berdayakan-pertanian-cerdas-berbasis-iot-pada-kelompok-tani-teger-02-desa-mangunsari/

- Budiartawan. (2023, October 9). Penerapan Kecerdasan Buatan untuk Mengatasi Kemacetan di Ibu Kota. UPA TIK Undiksha. https://upttik.undiksha.ac.id/penerapan-kecerdasan-buatan-untuk-mengatasi-kemacetan-di-ibu-kota/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image