Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Almas Maitsa Irbah

Revolusi Kebersihan Air: Transformasi Nanoteknologi dalam Proses Penyulingan

Iptek | Friday, 15 Dec 2023, 00:44 WIB
FESEM (Field Emission Scanning Electron Microscopy) TiO2 Nanopartikel

Kebersihan air merupakan salah satu aspek vital dalam menjaga kesehatan manusia dan lingkungan. Nanoteknologi telah menjadi kemajuan revolusioner dalam meningkatkan kemurnian air melalui proses distilasi. Nanoteknologi memberikan solusi inovatif terhadap masalah pencemaran air dengan menggunakan material berskala nanometer. Berbagai jenis bahan nano, seperti karbon nanotube (CNT), nanopartikel besi, dan perak, telah terbukti efektif dalam menghilangkan berbagai polutan dalam air. Misalnya, karbon nanotube dapat secara efisien menyerap logam berat, pestisida, dan senyawa organik yang mengotori sumber air.

Nanoteknologi juga telah meningkatkan proses penyaringan air melalui filter berbasis nanoteknologi dengan pori-pori yang sangat kecil, ini merupakan salah satu kontribusi yang sangat signifikan. Kehalusan filter yang tak tertandingi memungkinkannya menyaring partikel dan kontaminan dalam kisaran nanometer, yang sebelumnya sulit untuk dilakukan jika menggunakan teknologi penyaringan konvensional.

Selain itu, nanopartikel fotokatalitik seperti titanium dioksida (TiO2) dapat menghilangkan polutan organik melalui proses fotodegradasi saat terkena sinar matahari. Reaksi kimia yang dihasilkan dari interaksi ini mampu memecah senyawa organik menjadi bentuk yang lebih aman dan ramah lingkungan. Penggunaan nanopartikel perak atau tembaga yang memiliki sifat antimikroba juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain yang dapat mencemari air.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penerapan nanoteknologi dalam skala besar memerlukan pertimbangan yang cermat terhadap etika dan dampak lingkungan. Penggunaan nanopartikel dalam jumlah besar dapat menimbulkan risiko kesehatan dan lingkungan jika tidak ditangani dengan benar. Sehingga, nanoteknologi memanglah menawarkan potensi besar untuk meningkatkan kemurnian air melalui proses distilasi yang lebih efisien, bersih, dan ramah lingkungan. Namun, memastikan keberhasilan nanoteknologi tanpa membahayakan kesehatan manusia atau ekosistem memerlukan penelitian yang cermat dan pertimbangan yang cermat terhadap implikasi etika dan lingkungan dari penerapan nanoteknologi.

Daftar Pustaka
Faisal, M., Abubakar, S. P. K., & Nanda, D. E. (2018). Adsorpsi Ion Logam Cu (II) Menggunakan Karbon Aktif Nanopartikel Dari Cangkang Sawit Hasil Pirolisis.
Nur'aini, S., Arsyad, F. S., Setyabudidaya, D., Soerya, B., & Sari, B. R. L. (2023). Review sifat-sifat dan karakteristik fotokatalitik Fe3O4/SiO2/TiO2 untuk mengatasi polusi air. Jurnal Penelitian Sains, 25(2), 180-191.


Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image