Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andre Putra Nugroho

Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Menu Makanan dan Minuman

Edukasi | Thursday, 14 Dec 2023, 23:09 WIB
Sumber: Pexels.com

Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang sangat efektif untuk berkomunikasi. Tidak hanya untuk berkomunikasi, bahasa Indonesia dapat menyampaikan sebuah gagasan, tujuan, dan pesan yang ingin disampaikan oleh seseorang dari segi ucapan atau pun tulisan. Akan tetapi, masyarakat Indonesia masih banyak kesalahan dalam penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai KBBI atau pun EYD, terutama pada menu makanan dan minuman.

Masyarakat masih belum paham dalam menulis bahasa Indonesia yang sesuai KBBI dan EYD. Dibuktikan dalam menuliskan menu makanan, masih banyaknya kesalahan penulisan. Menu pada restoran atau rumah makan adalah daftar makanan dan minuman yang ditawarkan kepada pelanggan dan harganya. Akan tetapi, para pedagang yang berada di pinggir jalan masih banyak kesalahan bahasa.

Menu Pada Warung Kopi:

Sumber: Foto Pribadi

Dalam menu tersebut adanya kesalahan dalam menggunakan bahasa Indonesia. Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, terjadinya kesalahan pada kata “Telor”. Kata “Telor” tidak termasuk kedalam kata baku, kata tersebut sehaturnya “Telur” bukan “Telor” yang mana itu kesalahan dalam berbahasa. Pada dasarnya, kata “Telor” diartikan untuk orang yang tidak dapat mengucapkan kata-kata dengan lafal yang betul, sedangkan yang tercantum dalam menu terbut adalah banda bercangkan yang mengandung zat hidup bakal anak yang dihasilkan oleh unggas.

Terjadi kesalahan juga pada kata “Mie” dalam menu tersebut. Pada dasarnya, kata “Mie” tidak ada dalam KBBI, yang ada adalah kata “Mi” dalam KBBI. Karena kata “Mi” dalam KBBI adalah bahan makanan yang terbuat dari tepung terigu, bentuknya seperti tali, biasanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus.

Kata yang terdapat dalam menu sering digunakan untuk mempermudah pelanggan atau pembeli untuk menyebut dan mengingat. Akan tetapi, menurut penulis penggunaan bahasa harus tepat dan benar. Karena dengan adanya penulisan bahasa Indonesia yang benar, masyarakat dapat mematuhi KBBI dalam pengejaan bahasa Indonesia.

Menu pada Toko Sop Durian:

Sumber: Foto Pribadi

Pada menu di atas termasuk dalam kesalahan pada kata bahasa Indonesia. Terdapat kesalahan pada kata “Duren” pada menu tersebut. Karena kata “Duren” seharusnya kata “Durian” yang sesuai dengan KBBI. Penjual menggunakan kata tersebut karena dalam masyarakat kata “Duren” sudah biasa dikarenakan mudah diucap dan diingat.

Dengan adanya contoh menu di atas, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia masih banyaknya kesalahan dalam menuliskan bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena kata-kata yang tersebar dalam masyarakat Indonesia sudah tercampur pada dialek bahasa dari masing-masing masyarakat. Faktor tersebut sudah sering terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image