Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raiqah P

Yuk Kenali Asam Folat yang Sempat Buat Viral!

Edukasi | Thursday, 14 Dec 2023, 17:34 WIB
Sumber : istockphoto

Baru-baru ini asam folat sedang menjadi trending topic di sosial media karena sempat salah penyebutannya dan membuat netizen heboh. Viralnya asam folat tersebut tentu menimbulkan pertanyaan di sejumlah kalangan masyarakat karena rupanya masih banyak yang belum tahu tentang asam folat. Padahal, asam folat memiliki berbagai manfaat dan berperan penting bagi kesehatan.

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang dapat ditemui di kacang merah, jeruk, gandum, brokoli, kecambah, bayam, dan makanan lainnya. Peran asam folat bagi kesehatan ibu hamil dan janin tentu tidak diragukan lagi. Pasalnya, asam folat memiliki segudang manfaat bagi berbagai kelompok umur. Berikut berbagai manfaat yang diperoleh dari konsumsi asam folat :

1. Mencegah gangguan kehamilan. Konsumsi asam folat oleh ibu hamil dapat menghindari risiko terjadinya gangguan kehamilan, misalnya preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan.

2. Mencegah risiko kecacatan bayi baru lahir. Asam folat berperan dalam perkembangan sumsum tulang belakang dan sistem saraf pusat sejak janin

3. Mencegah terjadinya anemia. Asupan asam folat dalam jumlah cukup akan membantu pembentukan sel darah merah sehingga akan mengurangi risiko terjadinya anemia.

4. Meningkatkan kemampuan mengingat. Asam folat memiliki kemampuan untuk menormalkan kadar homosistein dan mengurangi kemungkinan terjadinya hilang memori akibat proses penuaan.

Berbagai manfaat asam folat akan berjalan dengan optimal apabila konsumsi asam folat tubuh terpenuhi kebutuhannya. Bagi anak-anak di atas 11 tahun dan orang dewasa disarankan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg/hari, sedangkan bagi ibu hamil disarankan mengonsumsi sebanyak 600 mcg/hari. Apabila kebutuhan asam folat tidak terpenuhi maka menimbulkan penyakit anemia megaloblastik dan gangguan-gangguan tubuh lainnya. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang penuhi kebutuhan asam folat demi tubuh sehat!

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Komunikasi kesehatan Masyarakat di Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga. #UNAIR

Raiqah Pradamggi Darmabrata

191221009

IKM 3A

Peodi Kesehatan Masyarakat

Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image