Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ILHAM SATRIO NUGROHO

Teknologi Hologram, Ini Baru Teknologi Masa Depan

Teknologi | Thursday, 14 Dec 2023, 17:08 WIB

Ketika anda sedang menonton film bertemakan masa depan, anda pasti melihat scane yang menampilkan proyeksi benda yang timbul keatas dan bisa dilihat secara 3D (menyerupai aslinya). Biasanya, hal tersebut berwujud cahaya yang bisa menggambarkan sebuah objek tertentu, itulah yang di namakan Hologram. Mungkin anda sudah sering melihat atau mendengar terkait Teknologi Hologram, tetapi teknologi Hologram itu apa sih?

Teknologi Hologram (Sumber : https://www.istockphoto.com )" />
Teknologi Hologram (Sumber : https://www.istockphoto.com )

Asal Mula Teknologi Hologram

Sebenarnya, teknologi hologram sudah ditemukan secara tidak sengaja, tepatnya dimulai pada tahun 1962, ketika Yuri Denisyuk dari Uni Soviet serta Emmett Leith dan Juris Upatnieks dari University of Michigan mengembangkan teknologi laser. Teknologi ini bukan sekedar laser biasa, melainkan bisa merekam objek 3 dimensi. Saat itu emulsi fotografi perak halida digunakan sebagai media perekam, meskipun belum dapat menghasilkan gambar jelas. Setelah itu, dikembangkanlah berbagai metode baru yang melibatkan konversi transmisi dengan indeks bias. Iterasi yang terus menerus ini memungkinkan teknologi holografi terus berkembang. Kemudian pada tahun 1940-an mulai dikembangkan oleh fisikawan Hungaria bernama Dennis Gabor. Ia mendapatkan nobel Fisika pada tahun 1971 atas karyanya dalam penemuan dan pengembangan metode holografi, khususnya dalam sains dan praktik pembuatan hologram. Pada penelitiannya untuk mengembangkan mikroskop elektron, Gabor menemukan teknologi yang nantinya menjadi dasar holografi modern.

Apa Itu Teknologi Hologram?

https://www.istockphoto.com )" />
Ilustrasi Teknologi Hologram (Sumber : https://www.istockphoto.com )

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hologram adalah sebuah gambar dengan bentuk 3D atau tiga dimensi yang memberi kesan seolah gambar tersebut keluar dari sebuah media datar. Hologram sendiri merupakan sebuah teknologi fotografi yang digunakan untuk merekam cahaya agar bisa ditampilkan dalam bentuk gambar 3D. Contoh yang bisa dilihat dari teknologi hologram ini salah satunya dari film-film fiksi bertemakan masa depan, dari sinilah teknologi hologram terus dikembangkan walaupun tidak secanggih seperti yang di film-film, tetapi sudah wujudkan dan digunakan pada dunia nyata.

Cara Kerja Teknologi Hologram

Secara umum, hologram adalah proses di mana dua sinar laser bertabrakan pada permukaan holograf, membentuk pola cahaya campuran untuk menampilkan suatu gambar. Salah satu dari sinar tersebut dinamakan Reference Beam, yaitu sinar yang tidak memantul pada objek. Sinar yang lainnya disebut Object Beam karena memantul dan mengenai objek. Teknologi canggih ini biasanya dapat bergerak, berputar 360 derajat, dan bisa diisi dengan suara. Ini merupakan sebuah inovasi dalam dunia teknologi fotografi. Mekanismenya sangat kompleks dan tidak sesederhana foto pada umumnya. Hal ini karena hologram memanfaatkan prinsip difraksi gelombang dan prinsip intervensi dalam penggunaannya. Hal inilah yang mengakibatkan perbedaan sifat pada gambar yang dihasilkan.

Jenis-jenis Hologram

Pada saat ini teknologi hologram mempunyai dua macam jenis, yaitu Daya rekayasa dan Teknik pembuatan. Pada daya rekayasa dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu label dan seal/segel. Jenis hologram lebel adalah jenis yang bisa dibilang tahan banting, karena ketika dicabut tidak akan rusak. Sedangkan Jenis Seal/segel bersifat sebaliknya, akan rusak jika dicabut dan tidak bisa disambung kembali. Berdasarkan teknik pembuatannya, hologram dibagi menjadi 2 dimensi, 3 dimensi, dot matrik, dan kombinasi. Hologram tipe ini akan membuat tampilan gambar timbul dan terlihat seperti objek 3 dimensi.

Penerapan Hologram Pada Dunia Nyata

https://www.istockphoto.com )" />
Ilustrasi Teknologi Hologram (Sumber : https://www.istockphoto.com )

1. Sebagai Media Pembelajaran Masa Depan

Ada banyak perdebatan mengenai metode pembelajaran apa yang efektif bagi siswa. Banyak yang berpendapat bahwa penyampaian materi tidak perlu hanya berfokus pada metode dua dimensi, apalagi saat ini teknologi terus berkembang. Ditemukan perangkat yang dapat mendukung pembelajaran siswa menggunakan teknologi futuristik seperti augmented reality. Dinamakan Microsoft Hololens, Hololens dapat menampilkan objek virtual di dunia nyata. Konsep pembelajaran hologram dinilai lebih menarik dibandingkan metode dua dimensi karena benda terlihat 360 derajat dengan skala 1: 1. Pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pembelajaran di masa depan.

2. Pemanfaatan Untuk Dunia Medis

Tidak hanya pada bidang pendidikan saja, namun pada bidang kesehatan hologram juga mulai digunakan. Teknologi hologram dapat digunakan sebagai alat untuk memvisualisasikan data pasien dalam pelatihan pelajar dan dokter bedah. Saat ini, sistem seperti magnetic resonance imaging (MRI) dan pemindaian ultrasound adalah contoh penggunaan teknologi ini. Hologram memungkinkan data medis ditampilkan dalam bentuk gambar holografik tiga dimensi. Nantinya, hasil pengolahan data dapat dijadikan dasar diagnosis pasien.

3. Sebagai Media Perdagangan

Pada dunia bisnis, teknologi hologram digunakan untuk mempresentasikan produk yang interaktif dan memukau. Konsep desain atau prototipe produk dapat ditampilkan secara nyata kepada calon investor atau pelanggan.

4. Sebagai Media Hiburan

Teknologi Hologram juga mulai merambah ke dunia industri hiburan, yang bisa memungkinkan pertunjukan holografik konser atau teater yang mengesankan. Artis virtual bisa tampil di panggung seolah-olah mereka ada di hadapan penonton.

Meskipun terdapat kemajuan yang signifikan, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Hal ini antara lain mencakup biaya produksi yang tinggi dan kompleksitas teknis. Namun, seiring berjalannya waktu, inovasi diharapkan dapat mengatasi hambatan-hambatan ini dan membuka pintu bagi banyak penerapan yang sebelumnya tidak terbayangkan. Dengan banyaknya kemungkinan dan manfaat, teknologi hologram tidak hanya menjadi sarana hiburan dan keajaiban visual, namun juga kekuatan untuk mengubah cara kita belajar, bekerja, dan berinteraksi. Seiring berjalannya waktu, penggunaan hologram diperkirakan akan semakin meluas di berbagai aspek kehidupan kita, menciptakan dunia yang lebih terhubung dan futuristik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image