Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image abynaya mulya

Penerapan Teknologi Robotic Swarm di Bidang Kesehatan Lingkungan

Teknologi | Thursday, 14 Dec 2023, 15:15 WIB

Swarm Robot merupakan sebuah inovasi pada bidang robotika yang mengimplementasikan robot dalam jumlah banyak untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Beberapa pekerjaan yang dapat terbantu dengan pemanfaatan swarm robot antara lain adalah: pencarian barang, penerapan dalam bidang agriculture (precision farming), dan pengantaran barang.

Swarm robotic umumnya bekerja menggunakan beberapa prinsip seperti: ukuran robot yang relatif kecil dan simple, jumlah robot yang digunakan berjumlah >10, bersifat autonomous, dan biasanya memiliki sebuah pusat dimana robot tersebut akan kembali setelah melakukan pekerjaan. Dengan memanfaatkan prinsip prinsip tersebut robot swarm sudah lazim digunakan di bidang industri untuk pekerjaan mengangkut dan memindahkan barang yang pada dasarnya merupakan pekerjaan yang berjenis foraging. Foraging merupakan jenis pekerjaan dimana robot akan mencari dan mengambil barang pada suatu daerah.

Robot dengan prinsip pekerjaan foraging dapat dimanfaatkan pada bidang lingkungan dengan menerapkan konsep swarm robot untuk mengumpulkan dan mengangkut sampah pada suatu daerah. Dengan memanfaatkan tempat sampah yang sudah ditandai pada beberapa tempat strategis, swarm robot dapat ditugaskan pada waktu tertentu untuk mengambil dan membawa tempat sampah tersebut kepada suatu tempat pembuangan terpusat. Penerapan sistem seperti ini dapat menghemat biaya bahan bakar, tenaga dan juga mengefisiensikan waktu yang digunakan untuk pengumpulan sampah.

Jenis robot yang dapat diterapkan untuk pekerjaan tersebut adalah robot berjenis AGV (Automated Guided Vehicle). Robot AGV pada umumnya menggunakan garis atau penunjuk di lantai untuk mengetahui arah pergerakan akan tetapi sistem robot tersebut dapat dikembangkan sehingga dapat menggunakan kamera, sensor, magnet, dan tag RFID sebagai penunjuk arah. Robot AGV awalnya sudah lazim digunakan di dunia industri untuk memindahkan dan menggerakan barang dan dengan pengembangan lebih lanjut, dapat digunakan untuk mengangkut sampah pada suatu daerah.

Dengan memanfaatkan teknologi RFID (Radio Frequency Identification), robot dapat mengenali tempat sampah yang berada didekatnya untuk segera diambil dan diangkut, teknologi pendukung seperti algoritma CVT (Central Voronoi Tessellation) digunakan untuk mengontrol dan mengoptimasi jalur pergerakan robot.

Singkat Cerita, dalam era perkembangan teknologi yang terus maju, penerapan teknologi robotic swarm, khususnya dalam bidang kesehatan lingkungan, seperti pengumpulan sampah menggunakan robot AGV dengan sistem RFID, menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan pengelolaan sampah. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip swarm robot, pekerjaan foraging yang dilakukan oleh robot-robot ini dapat membantu mengoptimalkan proses pengumpulan sampah secara efisien, hemat biaya, dan ramah lingkungan. Teknologi ini tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas dalam manajemen sampah, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan lingkungan secara keseluruhan. Melalui pengembangan dan implementasi lebih lanjut, teknologi robotic swarm di bidang kesehatan lingkungan memiliki potensi untuk membawa dampak positif yang signifikan dalam menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image