Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tiar Razaq Maulana Ihsan

Objek Wisata Pasar Terapung: Destinasi Utama di Kota Banjarmasin

Wisata | Thursday, 14 Dec 2023, 10:24 WIB
Pasar Apung, Ikon dari kota Banjarmasin. Sumber: https://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g303950-d3257810-i291098810-Pasar_Terapung-Banjarmasin_South_Kalimantan_Kalimantan.html

Kalimantan Selatan terkenal dengan julukan “kota seribu Sungai” karena banyaknya Sungai yang membelah wilayah kota banjarmasin. Sungai yang mengalir ini tak hanya menjadi urat nadi kota Banjarmasin, namun juga mendukung kehidupan Masyarakat sekitar.

Dianugerahi “Seribu Sungai” yang menghubungkan tiap wilayah, membuat penduduk kota Banjarmasin memiliki salah satu budaya Asli Indonesia yang telah melekat pada kehidupan masyarakatnya yaitu Pasar Terapung yang memanfaatkan Jalur Sungai untuk berlansung nya perekonomian Masyarakat sekitar dan menjadi jalur transportasi penting hingga sekarang.

Di pasar terapung menjual berbagai dagangan seperti sayur-mayur, buah-buahan,kue-kue dan makanan tradisional, dan lain-lain. Uniknya ada beberapa pendagang ibu-ibu yang akan memberikan pantun yang menghibur untuk menawarkan barang dagangannya atau sebagai ucapan terima kasih dari barang yang sudah dibeli.

Berikut 2 tempat di kota Banjarmasin bagi kalian yang tertarik untuk merasakan sensasi belanja di pasar terapung :

1. Pasar Terapung Lok baitan

Suasana Pasar Apung Lok Baintan. Sumber: https://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g303950-d3257810-i291098810-Pasar_Terapung-Banjarmasin_South_Kalimantan_Kalimantan.html

Pasar Terapung Lok Baintan adalah pasar terapung tradisional di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan menjual hasil kebun, pertanian dan berbagai macam barang kebutuhan rumah tangga di sampan (perahu tanpa mesin). Mayoritas dari penjual di sini merupakan ibu-ibu dengan menggunakan topi besar sebagai ciri khasnya

Aktivitas perdagangan dimulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 09.30 WITA. Pasar Terapung Lok Baintan terletak di Sungai Martapura dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit dengan menggunakan motor atau mobil atau 50 hingga 60 menit menggunakan perahu dari Banjarmasin.

2. Pasar terapung Siring

Suasana Pasar Apung Siring, Pengunjung yang berdiri di dermaga untuk berbelanja. Sumber: https://www.tripadvisor.co.id/LocationPhotoDirectLink-g303950-d3257810-i291098810-Pasar_Terapung-Banjarmasin_South_Kalimantan_Kalimantan.html

Pasar Terapung Siring Tendean adalah salah satu tempat wisata yang berada di tengah kota Banjarmasin, tepatnya di sekitar siring sungai Martapura jalan Pierre Tendean, Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan. Karena lokasinya yang berada di tengah kota Dekat dengan objek wisata seperti Menara Pandang Kota Banjarmasin dan Tugu Bekantan menjadikannya tujuan yang sangat populer. Disana tidak perlu menggunakan perahu untuk bertransaksi dengan para pedagang, cukup berdiri di dermaga yang disediakan untuk membeli barang yang dijajakan.

Mayoritas pengunjung datang di pagi hari, termasuk ibu-ibu rumah tangga dan bapak-bapak yang mencari beragam barang kebutuhan. Namun, Anda juga akan melihat pemuda-pemudi yang datang ke sini, baik untuk berbelanja maupun sekadar berfoto dengan latar belakang sungai Martapura yang menawan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image