Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dinda Rahma Kaneshia

Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Sekolah | Wednesday, 13 Dec 2023, 21:09 WIB
Dokumentasi Pribadi

Pendidikan merupakan upaya sadar untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia melalui proses kegiatan pembelajaran. salah satu faktor dalam diri sendiri yang menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar adalah motivasi belajar. Dalam kegiatan belajar, motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak yang terdapat dalam diri yang menimbulkan kegiatan belajar yang akan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar. Motivasi belajar adalah suatu dorongan atau kehendak yang menyebabkan diri sendiri melakukan perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, motivasi merupakan kondisi priskologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang memiliki tiga komponen utama dalam motivasi yaitu kebutuhan, dorongan, dan tujuan. Kebutuhan terjadi apabila dalam diri sendiri merasa ada ketidakseimbangan dengan apa yang dimiliki dan yang diharapkan. sedangkan dorongan merupakan kekuatan mental untuk melakukan kegiatan dalam rangka untuk memenuhi harapan. Dan terakhir yaitu tujuan yang akan mengarahkan perbuatan atau perilaku dalam hal yang akan dicapai oleh perilaku untuk belajar.

Motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru mengetahui motivasi belajar dari siswa sangat diperlukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan semanagat belajar dari siswa. Bagi siswa sendiri motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga siswa akan terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Siswa melakukan sktivitas belajar dengan senang karenanya adanya dorongan motivasi yang terdapat dari guru dan muncul dari diri sendiri. Proses pembelajaran akan berhasil ketika siswa memiliki motivasi dalam melakukan pembelajaran dikelas. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut untuk kreatif dalam membangkitkan motivasi belajar siswa, sehingga akan terbentuk perilaku belajar siswa yang efektif.

Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah salah satu kegiatan yang wajib ada dalam kegiatan pembelajaran. selain memberikan dan mentrasfer ilmu pengetahuan guru juga bertugas untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tidak bisa dipungkiri bahwa semangat belajar siswa dengan yang lain memiliki perbedaan sehingga peran guru penting bagi siswa untuk senantiasa menertibkan motivasi kepada siswa supaya siswa memiliki semangat belajar dan mampu menjadi siswa yang berprestasi serta dapat mengembangkan diri secara optimal. Oleh karena itu, guru perlu melakukan motivasi belajar kepada siswa untuk membangkitkan motivasi belajar siswa dan tujuan utama adanya motivasi belajar siswa ini diharapkan mencapai prestasi dan meningkatkan mutu belajar dalam proses pembelajaran Adapun peran yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi kepada siswa yaitu :

1. Menjadikan kegiatan pembelajaran yang aktif bagi siswa

Guru akan memberikan arahan kepada siswa dengan memberikan ilmu pengetahuan dan pertanyaan-pertanyaan yang kemudian siswa akan mengerjakan dengan baik dengan tujuan menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar sehingga siswa akan menyelesaikan tugasnya dengan tuntas.

2. Menciptakan suasana kelas yang kondusif

Ketika pembelajaran dikelas berlangsung dengan kondusif akan menjadikan kelas yang aman, nyaman dan selalu mendukung siswa untuk belajar dengan suasana yang tenang, sehingga siswa dapat menimbulkan motivasi semangat belajarnya sampai akhir kelas nanti

3. Menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi

Metode pembelajaran bervariasi ini dilakukan agar siswa tidak merasa bosen dan jenuh dalam satu pelajaran maka dapat diciptakan pembelajaran yang bervariasi. Tujuannya agar siswa selalu termotivasi dalam kegiatan proses pembelajaran

4. Meningkatkan antusias dan semangat dalam mengajar

Kepedulian dari seorang guru dalam proses pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Karena apabila guru tidak antusias dan semangat dalam proses pembelajaran maka siswa tidak akan termotivasi untuk belajar

5. Memberikan penghargaan kepada siswa

Pemberian penghargaan ini dapat diberikan melalui nilai, pujian, dan hadiah sebagai reward agar siswa selalu termotivasi dalam belajar dan selalu ingin menjadi yang lebih baik lagi

6. Menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dalam kelas

Menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa dengan teman sebaya dalam satu kelas yang bertujuan untuk membagikan pengetahuan, gagasan, atau ide dalam penyelesaian tugas individu siswa dengan seluruh siswa yang ada dikelas.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangat penting, apabila guru ikut serta dalam memberikan motivasi belajar siswa. Ketika guru tidak ikut serta dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa maka siswa akan kurang kreatif dan tidak terpancing untuk bersikap aktif. Maka dari itu, peran guru sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan tujuan utama dalam memberikan motivasi yaitu agar tercapainya prestasi dan meningkatkan mutu belajar dalam proses pembelajaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image