Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SANG HUN KANG

Cara Atasi Perut Begah Akibat Makan Berlebihan

Gaya Hidup | Wednesday, 13 Dec 2023, 11:28 WIB
Ilustrasi perut kenyang Foto sumber: pixabay.com

Apakah kamu sering merasa begah atau kembung setelah makan secara berlebihan? Rasanya perutmu mungkin terasa mau meledak dan bahkan menjadi sesak?

Ya, kondisi seperti ini memang mengganggu. Menurut seorang ahli diet klinis di Northwestern Medicine Digestive Health Center, Bethany Doerfler, ternyata salah satu penyebab terjadinya begah adalah karena kebiasaan kita makan dengan cepat.Jadi, saat makan dengan cepat maka kamu juga lebih banyak menelan udara sehingga kondisi itulah yang menyebabkan perut terasa kembung dan menjadi kelebihan gas.Meskipun kondisi begah tidak berbahaya, tapi kondisi ini cukup bikin kita enggak nyaman, bukan? Bagi kamu yang sering merasa begah jangan khawatir, berikut ini beberapa tips dari parah ahli untuk menghilangkan rasa begah setelah makan berlebihan dikutip dari Eat This.

Konsumsi Jahe

Ilustrasi minuman jahe Foto sumber: https://pixabay.com/

Jahe memang dikenal karena sifatnya yang bersifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan beberapa gangguan pencernaan dan juga meredakan perut kembung. Selain itu, jahe juga dipercaya untuk mengurangi rasa mual, lho.

Ilustrasi Minum Air Putih sumber : pixabay.com

Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi memiliki manfaat lebih dari sekadar mengurangi kembung, namun banyak orang dewasa yang kekurangan cairan. Saat kamu mengalami dehidrasi, organ pencernaanmu mungkin kurang terlumasi sehingga berdampak pada pencernaan.

Jika kamu sering kembung setelah makan, ukurlah berapa banyak air yang kamu minum sepanjang hari. Orang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 80 ons cairan per hari, setidaknya setengahnya berasal dari air. Untuk memaksimalkan manfaat cairan di tubuhmu, jangan lebih dari satu jam tanpa minum apa pun, ya!

Beraktivitas

Ilustrasi Beraktivitas bersepeda sumber : istockphoto.com

Setelah makan, cobalah melakukan aktivitas ringan. Ini bisa berupa pekerjaan rumah ringan atau berjalan-jalan di sekitar. Gerakan ini mungkin bisa melancarkan pencernaan dan meredakan kembung. Selain itu, berjalan kaki setelah makan dapat mendorong penurunan berat badan yang selanjutnya membantu kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan tubuhmu.

Porsi kecil sepanjang hari

Ilustrasi Makan ringan sereal sumber :pixabay.com

Terkadang kembung bukan disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi internal, melainkan hanya disebabkan oleh saluran pencernaan yang kewalahan dengan jumlah makanan yang perlu diproses. Untuk membantu sistem pencernaanmu normal, makanlah dalam porsi kecil sepanjang hari.

Jika kamu mengalami kembung setelah makan siang, hindari makan malam dalam porsi besar, dan makanlah dua hingga tiga porsi camilan kecil sepanjang hari. Makanan yang mudah dicerna juga dapat membantu kamu terhindari dari rasa begah.

Hindari minum berkarbonasi

Hindari konsumsi minuman karbonasi foto sumber: pixabay.com

Karbonasi dalam minuman bersoda dapat menyebabkan penumpukan gas dalam saluran pencernaan, yang dapat meningkatkan rasa kembung. Meskipun cairan penting dalam mengurangi kembung, air berkarbonasi dan minuman bersoda lainnya justru dapat memperburuk keadaan.

Jika kamu menyukai karbonasi, hindari minuman bersoda segera sebelum, selama, dan setelah makan. Hal ini bisa meredakan kembung dan mengurangi kemungkinan terjadinya kembung.

Tapi, jika kamu mengalami begah secara terus-menerus atau jika gejalanya sangat mengganggu, sebaiknya langsung untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan, ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image