Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Manfaat Pisang untuk Kehidupan Sehari-hari

Kuliner | Monday, 11 Dec 2023, 23:24 WIB

Pisang mengandung banyak serat. Dan makanan sehat ini juga adalah sumber potasium, vitamin C, dan antioksidan. Perlu di ingat bahwa buah ini juga mengandung mineral seperti folat, niasin, tembaga, potasium, dan magnesium. Sedangkan senyawa tumbuhan yang terdapat pada buah pisang adalah dopamin dan katekin. Karbohidrat pada buah yang masih mentah biasanya berupa pati. Serat ini merupakan jenis serat yang sulit dicerna di usus. Saat buah sudah matang dan siap disantap, jumlah seratnya berkurang sehingga Anda bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Beberapa manfaat pisang yaitu

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan Buah ini juga banyak mengandung serat. Serat mempunyai kemampuan menyerap air dengan baik selama proses pencernaan. Hal ini memungkinkan tinja lebih mudah keluar. Ini akan membantu Anda menghindari sembelit.Memenuhi kebutuhan serat juga dapat membantu mengurangi risiko enteritis.

2. Mengontrol berat badanKandungan serat pada pisang juga dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Hal ini terjadi karena proses pencernaan menjadi lambat sehingga memperlambat pengosongan lambung.

3. Mengurangi risiko peradangan kronis Buah ini juga mengandung antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari berbagai kerusakan akibat paparan radikal bebas.Ketika tubuh Anda terlindungi dengan antioksidan, Anda akan melihat peningkatan risiko peradangan dalam tubuh berkurang. Banyak masalah kesehatan berbeda yang sering muncul ketika Anda mengalami peradangan kronis di tubuh Anda. Contohnya termasuk kelelahan, gangguan pencernaan, masalah mata, dan sakit punggung.

4. Membantu memulihkan atau meningkatkan energiJika Anda sedang dalam masa pemulihan dari suatu penyakit atau sedang berolahraga, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini sebagai camilan sehat. Karbohidrat pada buah ini membantu energi Anda menjadi lebih optimal

5. Membantu proses penyembuhan lukaTidak hanya pada dagingnya, ternyata pada kulitnya juga terdapat kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Namun perlu diingat bahwa manfaat tersebut bisa Anda rasakan pada luka yang relatif kecil.Anda bisa mencobanya dengan menggosokkan bagian dalam kulit buah ini pada luka yang kecil. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaatnya.

6. Meningkatkan kesuburan priaKonsumsi rutin buah ini juga memiliki manfaat tersendiri bagi pria. Kekurangan kalium dapat menyebabkan penurunan testosteron yang berkaitan dengan kesuburan.Anda dapat menghindari rendahnya testosteron dengan mengonsumsi buah ini. Selain meningkatkan hormon tersebut, potasium juga dapat meningkatkan hasrat seksual dan stamina seksual.

7. Meningkatkan kualitas tidur Jika akhir-akhir ini Anda merasa kualitas tidur Anda terganggu, sebaiknya coba konsumsi buah ini secara rutin. Buah ini mengandung triptofan, yaitu asam amino yang dapat menghasilkan lebih banyak serotonin.Jumlah serotonin yang baik dalam tubuh akan membantu Anda terhindar dari stres dan depresi. Jika Anda bisa mengendalikan tingkat stres, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kualitas tidur yang lebih baik.

8.Menjaga kesehatan mata Pisang mengandung vitamin A dan E yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga mengandung lutein dan antioksidan yang merupakan nutrisi penting yang membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

9.Mencegah anemiaJika Anda rentan mengalami anemia, cobalah rutin mengonsumsi buah ini. Buah ini mengandung folat yang tinggi sehingga dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah untuk mencegah anemia.

Dosen Pengampu : Apriani RIyanti, S.Pd.,M.Pd

Bintang Maulana

Mahasiswa Program Studi Farmasi Angkatan 23

Universitas Binawan

https://www.halodoc.com/artikel/kenali-7-jenis-dan-manfaat-pisang-untuk-kesehatan-tubuh

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image