Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad_Rizky_Fadhilah

Misteri Kenikmatan Nasi Gandul:Tradisi Masakan yang Tak Tergantikan

Kuliner | Monday, 11 Dec 2023, 15:11 WIB
http://dinasarpus.patikab.go.id/asset/foto_statis/nasi_gandul.jpg

Halo sobat retizen, udah kenal Kabupaten Pati belum? Itu lho Kabupaten yang kaya akan hasil bumi tani nya. Selain kaya akan hasil bumi tani nya, Kabupaten Pati juga mempunyai segudang makanan khas. Salah satu makanan khas yang tak kalah enak dengan makanan khas lainnya itu ada nasi gandul.

Nasi gandul sendiri merupakan makanan khas dari daerah Pati yang disajikan dengan nasi putih yang disiram kuah kecoklatan. Kuah kecoklatan ini mengingatkan kita dengan semur daging atau gulai. Lauknya pun bisa dipilih bisa berupa daging, telur, ati ampela, paru, babat, dll.

Nasi gandul memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Cita rasa manis dan gurih ini membuat siapa saja ketagihan mencicipinya. Selain itu penyajiannya pun unik, karena nasi gandul disajikan dipiring yang dialasi selembar daun pisang.

Dengan berbagai bumbu halus yang menyatu pada kuahnya dan aroma dari daun pisang, nasi gandul ini pasti enak untuk disantap. Apalagi pas kuahnya masih panas. Untuk mengobati rindu dengan cita rasa makanan ini, yuk kita buat nasi gandul berdasarkan resep yang dirangkum melalui Instagram @susie.agung, Minggu (24/01/2021).

Bahan-bahan:

500 gram daging sapi

350 gram jerohan (usus, babat, paru)

1 liter santan

2 batang serai, memarkan

1 ruas lengkuas, memarkan

2 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk

2 cm kayumanis

4 sdm kecap manis

1 sdm gula merah sisir

1/2 sdt pala bubuk

1 sdt kaldu jamur

Secukupnya garam

Bumbu halus:

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

3 cabai merah besar, rebus dulu

4 butir kemiri, sangrai

1 sdm ketumbar, sangrai

1/2 sdt jinten, sangrai

1/2 sdt terasi matang

1 ruas kencur

Pelengkap:

Sambal, bawang goreng, tempe goreng, satai paru dll sesuai selera.

Cara membuat:

Didihkan air, masukkan jerohan, rebus 10 menit, angkat lalu buang airnya, ganti air baru lalu rebus lagi sampai jerohan empuk, angkat, lalu potong2. Selanjutnya tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan serai, daun jeruk, daun salam dan kayumanis, aduk sampai bumbu matang, masukkan daging, aduk sampai berubah warna, tuangi air, masak sampai terus dengan api kecil. Pada tahap akhir masukkan jeroan kedalam rebusan daging, tuangi santan, bumbui garam, gula, pala bubuk, kecap manis dan lada bubuk, masak sampai bumbu meresap dan daging empuk, koreksi rasa, bila sudah pas matikan api.

Penyajian, siapkan piring yang sudah dialasi daun, tata nasi diatasnya, beri daging lalu siram kuah, taburi bawang goreng, sajikan dengan pelengkap.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image