Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Helma aisy Sulaeman

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi muda

Pendidikan dan Literasi | Monday, 11 Dec 2023, 13:12 WIB

Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran sebagai konsep pendidikan yang bertujuan membentuk karakter generasi muda agar menjadi warga negara yang berkarakter. Hubungan antara pendidikan kewarganegaraan dan pengembangan karakter melibatkan dimensi-dimensi yang tak terpisahkan dari aspek pembentukan karakter dan moralitas publik warga negara. Generasi muda, sebagai agen perubahan, perlu memperoleh pemahaman melalui Pendidikan Kewarganegaraan untuk dapat berpikir kritis mengenai isu-isu nasional dan internasional guna membawa perubahan positif menuju Indonesia yang lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan dapat mencetak generasi muda yang memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan tingkat toleransi yang tinggi. Hal ini penting karena generasi muda dianggap sebagai aset bangsa yang menentukan harapan dan masa depan bangsa. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan dan pengembangan karakter generasi muda dapat terlihat dari kontribusinya yang berhasil mengarahkan partisipasi mereka dalam mengembangkan karakter bangsa. Pendidikan Kewarganegaraan, dalam konteks ini, menjadi suatu alat pasif yang berperan membangun dan memajukan sistem demokrasi suatu bangsa.

Helma Aisyah Sulaeman, Bimbingan konseling Islam UIN Sunan Gunung Djati

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image