Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizal Hidayatulloh

Peran Vital Data Scientist dalam Mewujudkan Energi Terjangkau dan Bersih: Optimalisasi, Prediksi, da

Teknologi | Monday, 11 Dec 2023, 12:11 WIB

Saat berbicara tentang energi yang selalu kita pikirkan pertama adalah teknik elektro karena teknik elektro berhubungan langsung dengan listrik. Namun tanpa kita sadari ternyata data scientis memiliki peran yang sangat penting dalam energi terjangkau dan bersih. Dengan peningkatan dalam teknologi sensor dan konektivitas, muncul kemampuan untuk mengumpulkan lebih banyak data. Sebelum adanya analisis data, perusahaan energi tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan semua data ini. Namun kini, dengan kemajuan ilmu data, wawasan penting dapat diperoleh dari data dalam jumlah besar ini.

Dengan data yang di peroleh dapat dilakukan analisis oleh perusahaan untuk pengambilan keputusan yang baru. Perusahaan dapat memanfaatkan waktu optimal untuk menentukan harga energi. Big data dapat digunakan untuk mengoptimalkan operasi harian dalam pembangkit listrik hal tersebut dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi.

Big data dapat digunakan dalam melakukan suatu prediksi atau pekiraan, salah satunya adalah prediksi cuaca yang akurat mendukung pemanfaatan energi terbarukan tenaga angin dan surya. Dengan melakukan prediksi dapat mengetahui kapasitas dari suatu energi. Dengan data data yang terkumpul dapat dilakukan juga optimasi operasional untuk memangkas biaya produksi dan lebih efisiensi manajemen. Dengan big data dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menarik investor untuk membantu pengembangan energi terbarukan di suatu daerah.

Dalam laporan Indonesia energy transition 0utlook (Oktober 2022), Internasional Reneable Energy Agency (IRENA) memperkirakan potensi energi surya adalah 2.898 GW, Energi Angin Lepas Pantai (offshore wind) 589 GW, Energi Air 94,6 GW, Energi Biomassa 43,3 GW,Energi Panas Bumi 29,5 GW, Energi Angin Daratan (onshore wind) 19,6 GW, Energi Arus/Panas Laut 17,9 GW. Ini adalah contoh nyata seorang data scientis untuk menentukan suatu potensi energi terbarukan di indonesia.

Selain untuk efisiensi proses produksi energi dan melakukan prediksi big data juga dapat dimanfaatkan untuk proses perencanaan jangka panjang kebijakan enegri bersih. Data data juga dapat dijadikan kunci dalam pemasaran energi kepada konsumen langsung untuk memaksimalkan laba yang diperoleh dengan modal seminim mungkin.

Data scientist telah menjadi pilar utama dalam memandu perusahaan energi untuk menjadi lebih efisien dalam produksi, melakukan prediksi yang lebih akurat, merencanakan kebijakan jangka panjang, dan bahkan dalam pemasaran energi kepada konsumen. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya penggunaan data dalam membentuk masa depan energi yang terjangkau, bersih, dan berkelanjutan. Dengan peran data scientis dapat mewujudkan energi terjangkau dan bersih karena dapat meminimalkan biaya produksi.

Refrensi :

Ahdiat Adi.2023.Kapasitas Terpasang Pembangkit Listrik EBT IndonesiaBerdasarkan Sumber Energinya (2018-2022) .databoks.katadata. diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/23/pembangkit-listrik-ebt-indonesia-didominasi-tenaga-air-sampai-2022

Desti, I. LITERATURE REVIEW: UPAYA ENERGI BERSIH DAN TERJANGKAU. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(1).

Discover Data Science.Data Science and Clean Energy.diakses melalui https://www.discoverdatascience.org/industries/clean-energy/

Kementrian ESDM.INDONESIA ENERGY TRANSITION OUTLOOK 2022. Internasional Reneable Energy Agency IRENA

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image