Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rachma Nursella

Perkembangan Smart home dengan Menggendalikan Lampu Menggunakan Handphone

Teknologi | Sunday, 10 Dec 2023, 21:19 WIB

Smart home adalah sistem yang memanfaatkan teknologi internet untuk menghubungkan dan mengendalikan perangkat elektronik di dalam rumah. Salah satu perangkat yang paling umum dikendalikan menggunakan handpone adalah lampu, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pencahayaan sesuai keinginan mereka. Penggunaan smart home ini juga dapat menyalakan dan mematikan lampu dalam jarak jauh. Dengan adanya perangkat pintar seperti lampu pintar atau saklar pintar, pengguna dapat dengan mudah mengendalikan pencahayaan rumah mereka. Dimana pengguna juga tidak memerlukan banyak lampu seperti adanya lampu tidur untuk menghasilkan kondisi lampu yang lebih redup.

sumber : https://www.istockphoto.com/id/foto/mengontrol-cahaya-dengan-aplikasi-gm928088996-254568096

Dengan adanya lampu pintar maka pengguna dapat mengatur pencahayaan waktu sesuai kondisi. Seperti contohnya lampu di kamar akan memiliki cahaya yang terang saat keadaan sedang belajar, namun pada malam hari saat tidur maka lampu tersebut dapat diatur dari cahaya yang sangat terang menjadi lebih redup. Pada pengendalian lampu dengan menggunakan handphone maka dibutuhkannya sensor atau teknologi seperti Bluetooth atau Wi-Fi. Penggunaan Bluetooth atau Wi-Fi ini untuk mengubungkan perangkat handphone dengan lampu agar dapat bekerja sesuai perintah. Handphone dapat dikatakan sebagai remote dari barang elektronik (lampu) tersebut.

Handphone yang bekerja sebagai remote akan dilengkapi dengan aplikasi khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengontrol barang elektronik. Aplikasi ini sudah dirancang khusus untuk mengendalikan lampu. Melalui aplikasi, pengguna dapat mengatur pencahayaan lampu, mengubah warna lampu, bahkan menjadwalkan waktu lampu untuk menyala atau mati. Hal ini banyak dikembangkan oleh orang Indonesia terutama orang yang paham akan teknologi. Generasi muda sekarang sudah banyak yang memahami atau menguasai suatu teknologi dan munculnya pengendalian lampu pintar dapat dijadikan suatu ide dan bisnis di Indonesia.

Di Indonesia telah beredar lampu pintar, baik itu dijual secara online maupun offline. Sudah banyak juga orang-orang di Indonesia yang menggunakan lampu pintar. Lampu pintar ini digunakan karena pengguna merasakan keuntungan dari lampu pintar tersebut. Dengan kepuasan terhadap lampu pintar ini maka banyak sekali orang yang menggunakan dengan tujuan dapat membantu pekerjaan manusia. Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan dalam penggunaan smart home untuk mengendalian pencahayaan.

Keuntungan Smart Home untuk Pencahayaan

1. Efisiensi Energi

Pengguna dapat menghemat energi dan biaya listrik dengan kemampuan mengatur jadwal pencahayaan dan mematikan lampu secara otomatis ketika tidak diperlukan.

2. Kenyamanan

Mengendalikan pencahayaan dari jarak jauh memberikan kenyamanan tambahan, terutama ketika pengguna tidak berada di rumah atau berada di tempat tidur.

3. Kreativitas dan Gaya Hidup

Lampu pintar juga memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi kreativitas dalam menciptakan suasana yang berbeda di dalam rumah, misalnya, dengan mengubah warna lampu sesuai suasana hati.

Dari perkembangan smart home dapat disuimpulkan bahwa penerapan sistem mengendalikan pencahayaan khususnya melalui penggunaan lampu pintar, membawa berbagai keuntungan signifikan bagi penghuni rumah. Adanya kemampuan untuk mengendalikan lampu pintar melalui handphone memperlihatkan kemajuan teknologi yang dapat membantu kehidupan manusia. Dalam konteks bisnis, perkembangan lampu pintar juga dapat menciptakan peluang baru di Indonesia terutama kepada kalangan generasi muda yang terampil dalam pemanfaatan teknologi. Manfaat dari penggunaan lampu pintar seperti keefisienan energi, kenyamanan, dan fleksibilitas menjadi aspek penting untuk meningkatkan kualitas hidup pengguna. Lampu pintar menjadi suatu solusi modern yang tidak hanya memberikan kepraktisan namun dapat mendukung gaya hidup yang cerdas dan berkelanjutan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image