Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizky Rosyadi

Unboxing Peluncur Hamas: Pemburu Tank Israel

Teknologi | Sunday, 10 Dec 2023, 17:10 WIB
Sumber: @AlarabyTv_News, Para militan Al-Qassam tampak membidikkan peluncur Yasin 105 kepada targetnya

Sejak agresi militer yang dilakukan Israel atas Gaza, Hamas telah membuat banyak kejutan, khususnya dari segi persenjataan. Tentara Zionis yang diklaim sebagai pasukan terbaik seplanet pun ketar-ketir, meski memboyong ribuan peralatan perang canggih, mereka harus menangis untuk menghadapi kegigihan para pejuang Gaza.

Dengan adanya agresi militer ini, negara penjajah Israel justru dipermalukan di atas panggung yang dibuatnya sendiri. Unik memang, ditengah boikot keras atas wilayah Gaza yang dilakukan Israel, Hamas mampu melakukan perlawanan dengan sengit, logistik dan pasokan senjata seakan tak ada habisnya. Kekuatan serangan Hamas pun menunjukkan kematangan strategi dan kejeniusan mengelola taktik serangan gerilya.

Di tengah desingan peluru dan bombardir atas Gaza, ada satu hal menarik untuk disorot, yaitu peluncur yang digunakan Hamas untuk membredeli kendaraan perang milik Israel.

Tak banyak yang tahu, bahwa peluncur tersebut dibuat sendiri oleh orang-orang Gaza. Ya, peluncur itu dibuat oleh pemuda ‘karangtaruna’ demi berjuang membela tanah airnya. Seperti Tony Starlk, tokoh fiksi Marvel yang membuat mesin perangnya di dalam gua, dalam video yang sebarkan Hamas di laman Al-Jazeera, mereka tampak sedang membuat peluncur-peluncur tersebut dari tenda rahasia dan membawanya di lorong-lorong bawah tanah. Meski demikian Hamas berhasil membuat proyektil yang sangat canggih.

Sumber: Al Jazeera, Seorang pejuang Hamas sedang membuat peluncur Yassin 105 di sebuah tenda tersembunyi di Gaza.

Bernama Yassin, Pemburu Tank Merkava

Tampak sederhana, namun dampaknya bagi peralatan perang Israel sangat masif. Peluncur yang baru dirilis tahun 2023 tersebut menjadi senjata khas yang dimiliki Hamas saat ini, karenanya ia dinamai Yassin. Sebuah nama seorang ulama karismatik pendiri Hamas, Syaikh Ahmad Yassin. Beliau lumpuh sejak usia remaja, meski demikian Syaikh Yassin adalah seorang yang ditakuti oleh bangsa penjajah, pada tahun 2004 lalu beliau dibunuh dengan dijatuhi tiga bom dari helikopter Apache milik Israel. Peristiwa ini menjadi salah satu pemantik api revolusi untuk mengusir penjajah dari tanah Palestina.

Faktanya peluncur ‘made in Gaza’ tersebut telah menghancurkan lebih dari 400 kendaraan tempur Israel sejak dimulainya agresi militer Israel atas Gaza beberapa waktu lalu. Termasuk di dalamnya ratusan tank Merkava yang menjadi kebanggaan dan simbol pasukan Israel. Hal ini tentu membuat kerugian yang sangat besar berhubung satu tank Merkava terbaru dihargai 155 Milyar rupiah, sebuah angka yang fantastis jika dibandingkan dengan harga peluncur Hamas yang dibuat dengan biaya dan teknologi terbatas.

Sumber: @AlarabyTv_News, Sebuah tank Merkava ringsek, setelah dihantam peluncur Yasin 105 oleh para pejuang Gaza

Rancangan Unik, Penembus Baja

Al Jazeera secara khusus mengulas tentang rancangan peluncur tersebut. Peluncur Yassin yang menjadi senjata anti tank andalan brigade Al-Qasam ini sebenarnya berasal dari Rusia, namun diberikan sentuhan ‘gaya Palestina’ oleh para insinyur Al-Qassam. Dengan ditambahkan perbaikan serta efektivitasnya untuk melakukan serangan pada kendaraan lapis baja.

Memiliki kemiripan dengan RPG 29 atau Tandom 85 buatan Rusia, Proyektil Yassin didesain lebih ramping dan memiliki dua hulu ledak yang dibagi atas kepala dan badan. Bagian kepala akan mengeluarkan ledakan terfokus yang efektif membuat kerusakan pada perisai tank. Bagian badan proyektil kemudian masuk dengan membawa ledakan kedua yang lebih besar, sehingga perisai tank dapat terkoyak dan menghancurkan lapisan dalam.

Sumber: @AlarabyTv_News, konstruksi peluncur Yasin 105 dibuat dengan cerdas, terlihat pembagian ruang ledakan pada proyektilnya didesain oleh insinyur berpengalaman.

Dijelaskan bahwa RPG Yassin memiliki akselerasi dan kecepatan hingga 300 Meter per detik dan jangkauan roket hingga 500 m, serta 150 m untuk jarak tembak yang efektif, tergantung medan. RPG Yassin memiliki bobot 4,5 Kg, lebih ramping dan mudah dibawa namun memiliki daya rusak yang mematikan serta memiliki kemampuan penetrasi pada baja hingga 60 cm. (rizky.rosyadi)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image