Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Laela Nur Dayanti

Menguak! Aktivitas Turun ke Tanah Primata Pemalu di Cagar Alam Pangandaran

Pendidikan dan Literasi | Friday, 08 Dec 2023, 14:42 WIB

Program studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta mempunyai suatu program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester 7. Kegiatan KKL dilaksanakan di Kawasan Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat pada hari Rabu, 15 November 2023. Salah satu kegiatan KKL berupa pengamatan perilaku Lutung (Trachypithecus auratus). Kegiatan KKL ini dilakukan oleh 1 dosen pembimbing dan 8 mahasiswa serta didampingi oleh pemandu.

“Kegiatan ini dilakukan di Cagar Alam Pangandaran karena merupakan salah satu habitat asli dari Lutung (Trachypithecus auratus)” jelas Ibu Ima Aryani, S. Pd., M. Pd selaku dosen pembimbing KKL. Ibu Ima Aryani, S. Pd., M. Pd menambahkan bahwa tujuan kegiatan KKL adalah mengajak mahasiswa untuk mengobservasi keragaman perilaku Lutung (Trachypithecus auratus) dan dapat mengidentifikasi perbedaan perilakunya. Kegiatan KKL dapat mengembangkan wawasan pengetahuan tentang kajian perilaku fauna di dalam habitat aslinya. Pemahaman tersebut dapat digunakan sebagai tambahan pengalaman saat mahasiswa telah menjadi guru nantinya.

Kegiatan KKL dilaksanakan oleh tim yaitu Ima Aryani, S. Pd., M. Pd dengan anggota mahasiswa yaitu Siti Musthawa Ken Salindri, Seila Rohmaniah Washul, Anggi Setyani Febrian, Laela Nur Dayanti, Reina Anggia Syafira, Anisa Nandia Kusuma, Putri Urfi Hanina, Alfiyana Lutfiya Istiqomah, dan difasilitasi oleh salah satu pemandu yaitu Bapak Hadiat Kelsaba dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam di Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Pangandaran yang secara aktif membantu tim untuk melakukan kegiatan KKL.

Kegiatan KKL diawali dengan observasi beberapa habitat Lutung (Trachypithecus auratus). Setiap habitat yang ditemukan merupakan suatu lingkungan dari satu kelompok. Dari hasil wawancara bersama pemandu, dapat digali informasi bahwa terdapat 4 habitat Lutung (Trachypithecus auratus). Pada umumnya lutung melakukan sebagian besar aktivitasnya di atas pohon (arboreal). Aktivitas yang dilakukan oleh lutung cenderung lebih sedikit, sesuai dengan sifatnya yang sensitif terhadap kehadiran manusia. Berbeda dengan Lutung yang hidup di Cagar Alam lainnya, lutung yang terdapat di area Cagar Alam Pangandaran sering melakukan aktivitasnya di area bawah pohon. Salah satu faktor yang mendukung yaitu untuk mencari makanan. Dalam mencari makanan, lutung cenderung memilih pohon yang banyak percabangan dengan sangat bervariasi mulai dari buah-buahan, daun muda dan daun kering. Aktivitas makan banyak dilakukan pada pagi hingga siang hari sehingga aktivitas pada malam hari cenderung menurun.

Selain itu, aktivitas lain yang sering dilakukan oleh Lutung diantaranya berpindah, grooming, dan bermain. Lutung memulai aktivitas hariannya dengan melakukan aktivitas berpindah dengan cara berjalan, bergelantungan pada ranting pohon, dan melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Terkadang lutung juga melakukan aktivitas grooming atau membersihkan diri dari parasit dan kotoranyang dilakukan dengan cara mengusap meraba, dan menggaruk tubuhnya sembari duduk di dahan pohon yang ditempatinya. Aktivitas bermain yang dilakukan oleh Lutung meliputi berayun-ayun pada ranting, berlompat-lompatan, berkejar-kejaran dengan anggota kelompok lainnya, dan tidak jarang juga terlihat Lutung melakukan permainannya sendiri seperti mengibas-ngibaskan ekornya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image