Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dinda Ainun

KEANEKARAGAMAN BUMI INDONESIA

Eduaksi | Tuesday, 04 Jan 2022, 12:47 WIB

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan bermacam ragam kekayaan yang dimilikinya, kita sebagai makhluk, sudah keharusan kita untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan yang berlimpah ruah pada negara kita Indonesia tercinta. Indonesia sangat terkenal dengan keramahannya dimata dunia dan ternama dengan ketimurannya, selain itu negara kita kaya akan berbagai macam sumber daya alam diantaranya :

1. Sumber daya alam

2. Seni dan budaya

3. Adat istiadat

4. Suku dan Bahasa

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam ini dapat dibagi menjadi dua yaitu sumber daya alam hewani dan sumber daya alam nabati. Sumber daya alam hewani yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan seperti perikanan, peternakan, dan aneka satwa, Adapun sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan dan merupakan produsen atau komponen utama dari rantai makanan seperti, pangan, sandang, papan dan tumbuh – tumbuhan.

Begitu pula dengan budayanya tak kalah dengan budaya luar seperti musik dan tarian dari bermacam daerah seperti tari Kecak dari Bali, tari Andun dari Bengkulu, tari Saman dari Aceh Darussalam dan sebagainya. Adat istiadatnya pun yang amat beragam seperti berbagai macam adat dan pakaian yang dimiliki bangsa Indonesia seperti Tatung Singkawang dari Kalimantan Barat, Tabuik dari Sumatera Barat, Kekeba tujuh bulanan dari Jawa Barat dan lain – lain.

Dan begitu pula dengan suku dan bahasanya yang meliputi suku Indonesia seperti, suku Jawa, Sunda, melayu dan lain sebagainya, dan tak kalah pentingnya dengan bahasanya, pada setiap daerah mereka masing – masing memiliki Bahasa tersendiri seperti, Bahasa Jawa, Sunda, Batawi, Bugis, madura dan lain sebagainya.

Bangsa Indonesia sudah tidak diragukan lagi dengan kekayaan alamnya baik yang di daratan ataupun di lautan, kita sebagai makhluk ditugaskan sebagai kholifah untuk menjaga dan melestarikan agar sumber daya alam kita tidak musnah baik lapuk usia ataupun karena kenakalan tangan – tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image