Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Spentigda Insight

Ada Bendera Palestina di Manasik Haji SMPN 3 Sidoarjo

Pendidikan dan Literasi | Monday, 04 Dec 2023, 08:21 WIB
Para siswi Spentigda membawa bendera Palestina dan Indonesia saat Manasik Haji (Istimewa/SpentigdaNews)

SpentigdaNews – Ada bendera Palestina di manasik haji SMP Negeri 3 Sidoarjo (Spentigda). Kegiatan untuk para siswa kelas 9 dan 8J, itu digelar Ahad (3/12/23).

Bertempat di lapangan sekolah, masing-masing kelas sebelumnya sudah menyiapkan kartu identitas yang berisi nama, presensi dan kelas. Tiap kelas juga diminta untuk membawa bendera negara yang mewakili rombongan haji negara. Seperti kelas 9A yang membawa negara Palestina serta kelas lainnya dengan bendera Qatar, India, dan lainnya.

Guru Pendidikan Agama Islam Spentigda Dyah Priyasih SPdI menuturkan, untuk ihram yang dipakai para siswa laki-laki sudah disiapkan sekolah. “Sementara siswa perempuan memakai mukena putih yang sudah disiapkan dari rumah masing-masing,” paparnya.

Dibagi Dua Sesi

Bu Dyah, panggilannya, melanjutkan, untuk bimbingan Manasik Haji Spentigda dibagi menjadi dua sesi. Pertama, yang dimulai dari pukul 07.00-09.00 diisi kelas 9A, 9B, 9G, 9F, dan 9H. Sementara sesi kedua terdapat tiga kelas, yakni 9C, 9D, 9E, dan 8J, yang dimulai pukul 09.30-11.30.

“Semua kelas dibimbing oleh Drs H Zainul Arifin dalam manasik haji ini,” jelasnya.

Untuk tujuan, lanjutnya, yakni memberikan edukasi pengetahuan kepada para siswa kelas 9 dan 8J terkait tentang rukun haji dan wajib haji. “Jadi mereka akan mengetahui runtutan kegiatan haji itu seperti apa,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Manasik Haji Spentigda Faisol Su’udi SPdI. Ustadz Faisol, sapaannya, kegiatan ini juga untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para siswa Spentigda. “Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar,” ungkapnya.

Salah seorang peserta Manasik Haji Ermadel Helga dari kelas 9B mengaku senang mengikuti kegiatan ini. “Alhamdulillah, perasaan saya senang ya. Soalnya, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa mendapatkan ilmu tentang manasik haji. Ustadz pembimbingnya pun baik dan ramah. Kalau memberi penjelasan juga lengkap. Seru deh pokoknya tadi,” kata Helga. (*)

Penulis Mahadewi Chelsea. Co-Editor Ermadel Helga. Editor Darul Setiawan.

Ustadz Drs H Zainul Arifin saat memberi bimbingan jumrah aqabah (SpentigdaNews)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image