Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Panen Karya SMA Pasundan 7 Kota Bandung

Eduaksi | Saturday, 02 Dec 2023, 22:20 WIB

Bertempat di sekolah SMA Pasundan 7 Kota Bandung (2/12) guru dan para siswa menggelar acara Panen Karya sebagai implementasi dari pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan menitik beratkan pada implementasi pelaksanaan kegiatan suara demokrasi dengan sosialiasi pemilu 2024, pagelaran karya seni tradisonal, pameran karya dari bahan daur ulang serta penjualan makanan tradisional yang dibuat para siswa di bidang wirausaha.

Salah satu karya siswa SMA Pasundan 7 Kota Bandung yang digelar pada acara Panen Karya (2/12) di sekolah tersebut (Foto : Dokumen SMA Pasundan 7 Kota bandung)

P5 merupakan kegiatan Projek Lintas Disiplin Ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan sekolah yang bertujuan mendorong siswa jadi pembelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, memberi kesempatan bagi siswa untuk mengalami pengetahuan sambil menguatkan karakter dan belajar dari lingkungan sekitar; serta menginspirasi siswa untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

Kegiatan P5 di SMA Pasundan 7 Kota Bandung dilaksanakan mulai dari tanggal 6 November sampai tanggal 1 Desember 2023. Kegiatan P5 ini mengusung tema Suara Demokrasi yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XI dari tanggal 6 November 2023 hingga tanggal 10 November 2023.

Gaya Hidup berkelanjutan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X yaitu mendaur ulang sampah plastik. Kewirausahaan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XI yaitu mengolah, mengemas, mempromosikan hingga menjual produk berupa makanan khas daerah Sunda.

Kearifan Lokal yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII pengenalan, penghayatan hingga penampilan tarian sunda. Untuk Suara Demokrasi aksinya berupa pemilihan ketua OSIS yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023, sedangkan untuk tema gaya hidup berkelanjutan, kewirausahaan dan kearifan lokal akan ditampilkan di Panen Karya pada hari ini

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ina Surtina S. Pd MM, kegiatan ini pun diharapkan memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan Profil Pelajar Pancasila, merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas dan juga mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran

Kepala Sekolah SMA Pasundan 7 Kota Bandung, Drs. H. Wawan Herdiwan MM mengatakan kegiatan P5 ini bisa menjadi modal siswa siswi SMA Pasundan 7 bandung ketika telas lulus nanti. Dengan kegiatan P5 ini di harapkan siswa siswi nantinya meiliki jiwa kreatif dan enterpreneur untuk menunjang kesiapan siswa-siswi dalam menghadapi kehidupan yang sebenarnya.

“Kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kerjasama di antara setiap siswa. serta siswa-siswi harus mampu menumbuhkan rasa ikhlas dan kerja keras dalam mencapai segala tujuan di masa yang akan datang.” Tegasnya pada kesempatan itu.

Sementara itu Pengawas sekolah tersebut Dra. Eka Kurnia Jatnika MM menegaskan SMA Pasundan 7 Kota Bandung sudah melaksanakan kurikulum merdeka dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri dengan pilihan Mandiri Berubah, Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka terdiri dari Intrakurikuler, Ekstrakurikuler dan kokurikuler serta Pembelajaran kokurikuler di SMA Pasundan 7 berupa kegiatan P5. “Kegiatan P5 bukan berorientasi pada produk yang dihasilkan tetapi lebih menitik beratkan pada perubahan karakter siswa (tujuan P5).” Ujarnya.

Sedangkan menurut salah seorang siswa SMA Pasundan 7 Kota Bandung, Neila Rafa Talitha, sungguh acara panen karya itu menyenangkan walaupun tentu saja untuk menghasilkan karya yang baik semua siswa harus belajar bekerja keras bagaimana menjalin kebersamaan dan bekerja sama untuk semuanya. “Setidaknya di sini mendapatkan pelajaran tentang Pancasila dan juga bagaimana belajar sesuatu yang selama ini jarang diterima pelajar SMA.”***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image