Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fika Afrilia

Pemasaran dan Riset Pemasaran

Bisnis | 2023-12-02 09:33:36

PEMASARAN DAN RISET PEMASARAN

Sumber : pemasaran dan riset pemasaran (https://www.trainingpemasaransurabaya.com/2016/09/pengertian-riset-pemasaran-dan-pendapat-para-ahli-tentang-riset-pemasaran/)

Pengertian Pemasaran

Jika kita berbicara tentang pemarasan,tanpa disadari bahwa kita semua sudah

melakukan kegiatan pemasaran yang dimana unsurnya ada penjual dan pembeli atau kita sebagai konsumen juga pengusaha ataupun sebagai produsen. Jadi dalam keseharian kita kegiatan pemasaran ini sudah tidak asing lagi kita jalankan , karena intinya setiap manusia sebagai mahluk sosial tidak bisa hidup tanpa ada bantuan dari pihak lain, ya salah satunya kegiatan pemasaran ini salah satunya, kegiatan yang memang memerlukan kerjasama dan tim untuk mencapai tujuan yang diharapkan, selain itu juga setiap usaha atau perusahaan yang ada semuanya kegiatannya adalah menjual,baik itu berupa produk atau jasa.

Maka dari itulah kenapa kegaiatan pemasaran itu sangat penting bagi semua orang dan karena penting juga maka pemasaran adalah salah satu ilmu yang memang diperlukan dalam kegiatan kita sehari-hari. Menurut Venkatesh dan Penaloza yang dikutif oleh Fandy Tjiptono (2013:3) bahwasannya pemasaran adalah serangkaian aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk menstimulasikan permintaan atas produk atau jasanya dan memastikan bahwasannnya produk dan jasa yang dijualnya ini bisa sampai kepada para pelanggan.

Dari pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa intinya pemasaran ini suatu kegiatan yang terencana oleh perusahaan untuk melakukan berbagai upaya yang tujuannya adalah bisa memberikan keuntungan bagi pengusahaan dan memberikan kepuasan kepada pemakainya atau konsumennya. Untuk mencapai tujuan pemasaran yang sukses bisa mencapai target yang diharapkan, maka diperlukan strategi yang bagus untuk mencapai target yang diharapkan.

Ini perhatikan contoh gambar di atas,untuk bisa mencapai target yang diharapkan dan sukses seperti apa yang diharapkan harus ada unsur-unsur sebagai berikut: a. Ide

Jika kita bicara ide adalah suatu pemikiran atau saran yang dilakukan dengan tindakan yang akan dilakukan. Suatu ide ini bisa dilakukan didorong dengan adanya niat, dengan kata lain ide ini merupakan suatu yang memang sengaja di ciptaan atau dilakukan tujuannya adalah agar bisa memberikan suatu pencerahan atau motivasi untuk kearah yang lebih baik, ide ini bisa timbul sengaja ataupun tanpa sengaja. Di dalam kegiatan pemasaran ide ini penting untuk mensupport unsur-unsur mencapai kesuskesan dari diharapkan .

b. Goal(Sasaran)

Adalah suatu sasaran atau target yang ditetapkan,disinilah diperlukan strategi yang bisa memenangkan pasar,setiap perusahaan atau organsasi pasti mempunyai sasaran(Goal) yang mana dengan adanya target artinya perusahaan diharapkan bisa terpacu untuk mencapai apa sudah ditargetkan.

Ada 2 manfaat untuk bisa mencapai sasaran adalah : a)

Untuk dapat mengatur tujuan agar lebih fokus.

b) Agar perusahaan dan organisasi menjadi lebih berkembang

c. Plan ( Rencana )

Setiap perusahaan atau organsasi untuk mencapai target yang diharapkan pasti memerula rencana, yang gunanya dari perencanaan ini adalah untuk bisa menghindari masalah yang terjadi adan apa saja peluang yang perlu dikembangkan agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Membuat perencanaan ini mempunyai tujuan agar bisa menentukan bisnis atau usaha yang akan dijalankan , untuk menentukan berapa banyak tenaga kerja yang diperlukan, waktu yang diperlukan dalam proses produksi, berapa banyak modal yang harus digunakan dan menentukan visi dan misi perusahaan agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan adanya perencanaan kita juga bisa menentukan strategi apa yang akan dijalankan baik pada jangka pendek dan jangka panjang.

d. Team(Tim)

Tim adalah sebagian kelompok orang yang akan berkerjasama untuk melaksanakan seseuatu, di dalam pemasaran ini sebuah tim itu sangat diperlukan bagi mencapai tujuan yang diharapkan, pengelompokan tim ini dibentuk disesuaikan dengan kebutuhan tiap kegiatan, tujuannya dengan adanya tim ini makanya pekerjaan yang akan dijalankan menjadi lebih ringan dan mudah dalam pelaksanaannnya. Misanya tim bagian pemasaran membuat promosi dan program dalam melakukan penjualan tujuannya adalah agar bisa meningkatkan penjualan dengan promosi program, untuk bagian sales (penjualan) peran tim nya adalah terun langsung ke pasar untuk memasarkan produknya ke pengguna atau konsumen dan tim operasional yang mana akan memberikan support atau bantuan tim sales dalam proses aktifitas penjualannya untuk bisa cepat mengirimkan pesanan dari konsumen dan bagian tim keuangan yang mana tugasnya untuk mengawasi dan mengkontrol pengelolahan keuangan agar tidak mengalamai kerugian.

e. Suscces(keberhasilan)

Keberhasilan adalah suatu kondisi dimana seseorang bisa dan mampu mencapai apa yang diharapkan atau tujuan yang telah ditentukan. Menjadi sukses atau berhasil itu bukan suatu kebetulan, tetapi mencapai keberhasilan itu karena ada usaha yang lakukan ada beberapa proses sebelum pada akhirnya bisa berhasil, di dalam pemarasan juga sama untuk mencapai ke suksesan itu perlu adanya tindakan nyata, di mulai dari ide, strategi , membuat perencanaan , menentukan tim , menentukan sasaran sehingga semua itu bisa mencapai titik akhirnya yaitu kesuksesan.

Dari keterangan di atas bisa disimpulkan dalam kegiatan pemasaran intinya untuk

mencapai kesuksesan itu perlu ada beberapa langkah-langkah yang ditempuh sehingga pada akhirnya bisa mencapai kesuksesan yang diharapkan, sehingga bisa dikatanya dalam

2.

kegiatan pemasaran itu tidak bisa dilakukan secara individu, tapi memang memerlukan kerjasama dan tim yang baik dan bisa mensupport semua tim yang ada , karena setiap tim juga mempunyai peranan yang penting, jadi tidak ada hanya berpatokan pada satu tim aja, maka itulah pentinganya pemasaran agar mencapai tujuan yang diharapkan.

Pengertian Riset Pemasaran

Jika kita berbicara tentang pemasaran , selain kegiatan yang memang memerlukan

rencana yang baik selain itu juga perlu adanya riset, kenapa diperlukan riset, karena dalam pemasaran ini terjadi kondisi suasana yang berbeda-beda bisa berubah kapanpun, perubahaan kondisi ini banyak disebakan oleh beberapa hal, misalnya dari kondisi ekonomi, perubahaan ekonomi ataupun perubahan alam, bisa menyebabkan pemasaran akan berubah, maka itulahi kenapa harus diperlukan riset, tujuannya agar perusahaan atau produsen bisa memberikan gambaran pridiksi apa yang akan dilakukan melali perencanaan strategis, bagaimana menentukan target dan bagaimana posisi dari produk yang kita jual bagaimana citranya di masyarakat atau konsumen.

Memahami riset pemasaran artinya suatu kegiatan dalam melakukan riset terhadap pasar untuk menentukan apa saja yang perlu dilakukan untuk menentukan bisnis yang tepat. Riset pasar ini berguna bagi pemasaran suatu produk yang mana dalam riset ini merupakan metode yang paling efektif yang dapatdigunakanuntuk melihat kebutuhan dan keinginan konsumen di pasar, selain itu juga dalam riset juga untuk mencari tahu tahu berbagai peluang yang ada di pasar. Karena tadi dalam pemasaran ini terjadi perubahan yang fluktuatif yang tidak bisa ditentukan makanya diperlukannya suatu riset pasar, tujuannya adalah untuk mencari tahu apa yang diinginkan konsumen, apa yang sedang trand di konsumen dan apa saja yang membuat konsumen puas terdapat produk atau jasa yang sudah mereka gunakan. Dengan adanya riset ini artinya mencari atau mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan bisnis, yang mana nanti data dan semua informasi yang ada di akan dianalisis untuk pengambilan keputusan kedepannya secara tepat, selain itu juga dalam riset ini juga untuk memperluas peluang yang ada , menghadapi tantangan kedepannya hingga informasi mengenai kompetitor.

Untuk riset pemasaran digunakan bagi perusahaan baru adalah sebagai berikut: a. Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pesaing

Bagi para pebisnis yang baru menjalanan bisnisnya , pasti akan kesulitan jika terlalu banyak pesaingan, apalagi jika produk atau jasa yang perusahaan jual tidak bersaing dengan kompetitor lain, contohnya dari segi harga, pasti konsumen akan

membanding-bandingan produk yang ada dengan pesaing yang ada di pasar. Makan dengan adanya riset ini juga bisa berguna untuk mengetahui kekurangan dari kompetitor sebagai pembejaran dan kelebihan komptetitor bisa digunakan sebagai contoh untuk memotivasi agar bisnis kita menjadi lebih baik.

b. Untuk menentukan target pasar

Dalam pemasaran menentukan target itu adalah keharusan, termasuk bagi para pebisnis yang baru menjalankan usaha, target itu adalah keharusan yang memang harus ditetapkan, karena dengan adanya target diharapkan pebisnis atau para pengusaha bisa memberikan gambaran apa yang mau dicapai dan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut, dengan adanya target akan lebih jelas arah dan tujuan yang akan dicapai di akhirnya, karena setiap kegiatan usaha intinya adalah untuk bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam menentukan target pasar ini pebisnis harus bisa melihat dari segi wilayah, kebiasaan masyarakat, hobbi dan tingkatan sosial di dalam masyarakat, karena dengan bisa memilih mana saja yang bisa dijadikan terget prioritas atau target pengembangan.

c. Mencaripeluang

Dalam riset ini juga gunanya adalah untuk mencari peluang dari produk atau jasa yang akan kita pasarkan, dengan mengumpulkan data , mengumpulkan informasi dan mencari kesempatan memperluas jaringan pemasaran yang ada di dalam pasar. Dengan dilakukan riset pemasaran ini juga dengan adanya data dan informasi yang di dapatkan di lapangan akan memberikan banyak peluang dan kesempatan untuk mengembangkan produk atau jasa yang akan dipasarkan.

d. Meminimalkan resiko

Dengan adanya dibuat riset ini tujuannya salah satunya adalah menimalkan resiko yang akan terjadi ke masa sekarang ataupun yang akan datang , selain itu juga bisa mengurangi kesalahan dari kegagalan yang terjadi yang ada di dalam pasar. Jadi dengan adanya Riset pemasaran ini setiap perusahaan akan lebih mudah mendapatkan jawabanya bagaiamana untuk mengatasi permasalahn dan kendala yang ada di pasar yang memang sangat diperlukan, sehingga tahu bagaimana cara menanganinya untuk menjadi lebih baik.

e. Menentukan strategi jangka panjang

Dengan dibuatnya suatu riset itu bisa memberikan gambaran tentang strategi apa yang perlu dijalankan oleh pihak manajemen terutama dibagian pemasaran, karena dengan adanya strategi, maka memasarkan produk atau jasa yang ada sesuai dengan tujuan yang akan diharapkan oleh perusahaan, terutama pada strategi jangka panjang, yang

memang memerlukan penangannya yang lebih detail dan terperinci agar bisa mencapai target yang diharapkan.

Dalam riset pemasaran juga mempunya rambu-rambu yanh harus di perhatikan bagi para pemasar, seperti contoh diatas yang mana tujuannya adalah mencapai sesuai kesepatakan yang bisa mengarah pencapaian target, rambu-rambu yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

1) Problem

Jika dilihat problem ( masalah ) dengan rambu warna merah mempunyai arti berhenti ini maksudnya adalah setiap permasalahan yang ada dalam memasarkan produk atau jasa, setiap permasahalan itu harus berhenti dan jangan dibuat terulang kembali dengan masalah yang sama, jadi semua permasalahan yang terjadi dilapangan dengan adanya riset ini akan membantu untuk mengurangi terjadinya kesalahan, karena memang dalam riset tujuan utamanya adalah memecahkan permasalahan agar bisa diatas untuk kedepannya nanti.

2) Analisys

Dengan adanya riset maka setiap permasalahan yang tadi terjadi akan dianalisis bagaimana nanti penanganan yang terbaik. Analisys di sini juga maksudnya adalah untuk setiap kegiatan pemasaran yang sudah dijalankan akan di riset dengan menggunakan informasi dan data yang ada , sehingga akan menemukan suatu jawaban yang bisa diharapkan bisa memberikan dampak untuk pengembangan dan perbaikan ke depannya. Jadi Analisys juga sangat penting dalam melakukan proses riset, untuk mengembangkan semua hal inforamasi untuk perbaikan.

3) Solution

Dalam riset itu pasti akan menemukan solution ( solusi ) yang diperlukan dalam menjalankan kegiatan pemasaran. Jadi solusi ini akan menemukan jawabannya jika permasalahan yang terjadi sudah di ketahui setelah itu di analisis sehingga akan menemukan jawaban atau solusi yang diperlukan dalam pemasaran. Dengan data dan informasi yang ada akan di riset sesuai tujuannya agar bisa memberikan jawaban atas permasalahan yang terjadi di pasar, karena dengan adanya solusi maka pihak manajemen terutama pada pemasar akan menjalankan kegiatan pemasarannya sesuai dengan target yang sudah tetapkan dan dengan adanya solusi ini maka pemasar agar lebih bisa menyakinan ke konsumen memang produk atau jasa yang di pasarkan nya tersebut memang layak dan patut juga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat luas, sehingga dengan demikian akan menimbulkan kepuasan sendiri bagi konsumen untuk memakai atau membeli produk tersebut.

Setiap produk atau jasa yang akan di pasarkan , pastinya setiap perusahan atau para pebisnis mengharapkan produk atau jasa yang ada di pasaran bisa menjadikan nomer 1 atau leader market, dan berharap produk atau jasa yang kita pasarkan tetap diingat di semua kalangan konsumen.

Untuk mencapai hal tersebut memang bukan pekerjaan yang mudah, diperlukan riset dan bisa dijalankan oleh para profesional yang sudah menjalankan kegiatan ini, maka dengan demikian usaha yang harus dijalankan oleh setiap perusahaan atau para pebisnis dengan menggunakan analisis SWOT. Di bawah ini adalah penjabaran dari SWOT yang memang diperlukan saat pengembangan adalah sebagai berikut:

Seorang pemasaran pasti sudah mengetahu apakah itu analisis SWOT, dalam pembelajaran sebelumnya dalam manajemen pemasaran pasti sudah ada pembahasan mengenai analisis swot, yang mana guna dari analisis swot ini adalah guna untuk memberikan masukan bagi perusahaan atau para pebisnis dalam mengembangkan produk atau jasa yang sudah dihasilkan, berikut ini adalah penjabaran mengenai analisis swot adalah sebagai berikut : 1) Strength

Artinya strength di sini adalah kekuatan, maksudnya kekuatan adalah pada produk atau jasa yang akan kita pasarkan , karena setiap produk pasti mempunyai kelebihan yang harus ditonjolkan dan yang dapat menjadi andalan sehingga produk atau jasa yang kita pasarkan lebih kompetitif.

Contohnya

a) Mempunyai konsep dalam memasarkan produk atau jasa

b) Lokasi pemasaran yang strategis

c) Mempunyai jaminan pada setiap produk atau jasa yang

akan dipasarkan

d) Apakah harga kompetitif dengan kualitas yang bagus

e) Produk atau jasa selalu mengikuti trand masa kini atau tidak kuno

f) Memiliki website atau layanan online yang dapat mempercepat pemsaran

dalam melayani

2)

Weaknesses

Artinya weaknesses di sini adalah kelemahan, maksudnya adalah kelemahan atau kekurangan yang ada di dalam produk atau jasa yang kita akan pasarkan, karena setiap produk atau jasa yang kita akan pasarkan itu pasti mempunyai kekurangan, maka dengan adanya kekurangan inilah

Sebagai seorang pemasar harus tahu dan itu bisa dijadikan bahan pertimbangan agar untuk perbaikan ke depannya agar produk atau jasa yang kita akan pasarkan tetap diterima konsumen

a) Kekurangan stock dalam memasarkan produk, sehingga menyebabkan

konsumen menunggu lama dan ini berpotensi konsumen akan beralih

keproduk atau jasa yang lain

b) Kekurangan tenaga ahli dibidangnya

c) Masih adakah celah kekurangan pada team pemasaran

d) Kekurangan modal untuk pengembangan produk

e) Produk atau jasa yang dipasarkan tidak kompetitif dan tidak mempunyai

lebihan

f) Penggunaan teknologi yang kurang dalam proses produksi

Opportunities

Arti opportunities adalah sebuah peluang yang memang harusnya bisa dimanfaatkan oleh para pemasar untuk bisa mengembangkan produk atau jasa yang ada di pasar. Karena dengan adanya opportunities, perusahaan atau para pebisnis harus bisa membaca peluang tersebuat dan tidak menyia-nyiakan apa yang terjadi bisa untuk mengembangan produk atau jasa yang akan dipasarkan. Kesempatan ini tidak datang setiap waktu, makanya sebagai pemsaran harus bisa lebih peka dan

3)

3.

sensitif terhadap perubahan dan perkembangan yang ada di pasar, sehingga pemasaran akan lebih memanfaatkan hal tersebut untuk lebih berkembang lagi.

a) Produk atau jasa yang dijual terus ada permintaan di pasar

b) Dengan trand pemasaran menggunakan e-commernce

c) Melalui sosialmedia atau menggunakan jasa youtuber untuk mengembangkan pemasaran

d) Penjualan selalu mengikutin trand pasar yang ada

4) Theat

Arti theat di sini adalah sainganya , setiap produk atau jasa yang kita akan pasarkan jika sudah diterima di pasaran pasti mempunyai pesaing, apalagi jika produk atau jasa yang sudah biasa di konsumsi oleh masyarakat. Dengan adanya saingannya artinya produk atau jasa yang kita produksi itu bisa diterima di semua masyarakat. Makanya ini pesaing ini juga dijadikan indikator untuk para pemasaran untuk intropeksi terharap produk atau jasa yang akan ditawarkan di masyarakat. a) Banyak saingan yang menjual produk atau jasa yang sama

b) Peraturan dan kebijakan yang mendukung dalam pemasarkan produk atau jasa

c) Kenali siapa saja yang menjadi pesaing di pasar

d) Langkah dan antisipasi yang perlu diambil dalam menghadapi pesaingan

yang ada di pasar.

Maka dari penjelasan di atas kita bisa simpulkan bahwa riset pemasaran

itu sangat diperlukan untuk para perusahaan atau para pebisnis yang ingin mengembangkn usahanya tersebuat. Memang diperlukan proses yang panjang untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan , tapi dari proses tersebut kita bisa ambil pembelajarannya dan manfaatnya bagaimana bisa mengembangkan pemasaran secara tepat sasaran.

Manfaat Melakukan Riset Pemasaran

Kegiatan dalam melakukan riset pemasaran ini mempunyai manfaat yang akan

memberikan pengaruh dan dampak yang bagus dalam pengembangan , manfaatnya ini adalah antara lain sebagai berikut : a. Pengembangan produk atau jasa

Dengan dilakukan riset pasar ini, para pemasaran bisa memanfaatkan informasi yang didapatkan dari riset ini untuk pengembangan produk atau jasa agar bisa lebih dikenal di pasaran . Sebelum akan dilakukan pengembangan produk, pasti diperlukan riset pasar yang tujuannya agar lebih paham apa saja yang sedang dibutuhkan di pasar ,

dengan riset pemasaran ini semua data dan informasi yang ada di pasar kita bisa kelolah dan di proses menjadi suatu data yang memang diperlukan dalam pengembangan produk, karena dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan di pasar dan apa saja kegagalan yang pernah dialami akan menjadi suatu pembelajaran agar proses pengembangan produk lebih tepat sesuai apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen.

b. Mengetahui tanggapan konsumen

Melakukan riset pemasaran, dengan informasi yang ada kita bisa membuat kesimpulan apa yang terjadi di pasar, selain itu juga bisa mengetahui tanggapan pasar terhadap produk atau jasa yang akan dipasarkan , apakah produk atau jasa yang sudah ada di pasar bisa diterima oleh konsumen, bagaimana mengetahui produk atau jasa yang dijual dipasaran bisa diterima atau tidak, kita dapat melakukan riset pasar dan melakukan pelaporan perkembangan penjualan tiap hari , tiap minggu , tiap bulan sampai pada satu tahun, jika mengalami kenaikan permintaan dan lihat di pasaran produk dan jasa yang kita sudah hasilkan apakah banyak pesaingnya , maka dengan demikian bisa disimpulkan bahwa produk atau jasa yang kita pasarakan dapat diterima di konsumen.

c. Bisa membaca prilaku pasar

Sebagai seorang pemasaran harus bisa sensitif terhadap respon konsumen terutama pada prilaku pasar, dengan adanya riset pemasaran ini akan lebih membantu dalam mendalami prilaku pasar yang terjadi baik dalam jangka pendek atau jangka panjangnya, dengan melakukan riset pemasaran juga seorang pemasaran akan bisa memperlakukan pasar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang dibutuhkan oleh konsumen , karena tiap wilayah mempunyai karakteristik yang bebeda, makanya kenapa seorang pemasara harus paham dan tahu prilaku pasar ini, tujuannya akan lebih mempermudah seorang pemasar untuk bisa mencapai target yang diharapkan harus tahu keinginan dan kebutuhan konsumen di wilayah tersebut yang membutuhkan apa saja yang dibutuhkan.

d. Menganalisis setiap program kegiatan pemasaran

Dengan data dan informasi yang di dapatkan dari lapangan , maka bisa dianalisis dan

diteliti apa saja yang sudah bagian pemasaran lakukan , selain itu juga riset pemasaran dapat memberikan jawaban apakah program dan kegiatan yang sudah di jalankan untuk konsumen dapat berdampak kepada konsumennya, apakah yang tadi konsumen bisa menjadi pelanggan. Dengan adanya program kegiatan pemasaran, mulai dari promosi, distribusi ataupun pelayanan yang sudah di jalankan itu menambah nilai plus terhadap kinerja produk atau jasa yang kita pasarkan sehingga bisa menumbuhkan

kepuasan di konsumen. Riset pemasaran juga bisa mengetahui program atau kegiatan apa saja yang gagal dan perlu perbaikan dan penganganan yang pada akhirnya bisa membawa dampak perubahan pada penjualannya .

e. Menyusunstrategi

Dengan melakukan riset pemasaran, maka perusahaan atau manajemen akan lebih mudah untuk menetapkan kebijakan yang akan diambil termasuk bagaiman amenuyusun strategi untuk kedepannya apa yang perlu diperbaiki atau yang harus terus ditingkatkan. Dalam menyusun strategi ini dibutuhkan data dan informasi yang didapatkan langsung dari pasar , tujuannya agar penyusunan strategi ini bisa tepat sasaran dan agar setiap kegiatan dan program yang akan di jalankan lebih maksimal.

Jadi dengan adanya melakukan riset pemasaran maka akan memberikan banyak manfaat bagi setiap perusahaan atau para pebisnis untuk mendapatkan informasi dan data yang memang diperlukan untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan serta juga ada perbaikan kearah yang lebih baik sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Karena intinya setiap perusahaan atau pelaku bisnis intinya semua adalah menjual , maka dengan adanya riset pemasaran ini akan membantu semua permasalahan yang menjadi kendala , halangan atau untuk perbaikannya bisa terjawab dengan melakukan riset pemasaran. Oleh karena itulah kenapa riset pemasaran ini sangat penting di pelajari, karena banyak manfaat yang bisa digunakan agar produk atau jasa yang kita jual di pasaran tetap dikenal konsumen.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image