Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adha. Eka

Hukum Menjawab Salam dari Non Muslim

Agama | Wednesday, 29 Nov 2023, 22:49 WIB
sumber : muslim obbesion.com

Dalam kehidupan kita di Indonesia yang hidup rukun beragam agama pastinya kita tidak jauh dari kata toleransi, yang dimana toleransi ini menjadi budaya atau kebiasaan orang Indonesia untuk menghormati orang lain. Bahkan, turis yang dating ke Indonesia pun disambut dengan baik dan kita anggap seperti saudara kita yang ada di Indonesia.

Perbedaan agama tersebut yang membuat Sebagian golongan muslim bingung untuk memecahkan suatu maslah, sebagai contoh kita sebagai muslim memiliki kewajiban untuk mendoakan saudara kita sesama muslim dengan cara menyapa saat berjalan atau saat bertemu di jalan dengan mengucapkan assalamualaikum yang artinya semoga keselamatan terlimpahkan padamu. Masalah yang harus dihadapi oleh seorang muslim adalah Ketika kita memiliki tetangga yang berlainan agama (non muslim) mengucapkan assalamualaikum, lantas apakah kita sebagai muslim tidak menjawab pertanyaan tersebut?

Dalam buku Fiqih Modern Praktis karya Dr. Fahad Salim Bahammam, Islam mensyariatkan umatnya untuk menjawab salam yang disampaikan oleh seorang non muslim. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat An-Nisa ayat 86:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Artinya: "Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan (salam), balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah dengan yang sepadan. Sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu." (QS An-Nisa: 86).

Hanya saja, cara menjawab salam kepada muslim dan non-muslim memiliki perbedaan.

Melansir dari kitab Syarah Riyadhus Shalihin Imam Nawawi (Jilid III) karya Syaikh Muhammad Al-Utsaimin, membalas ucapan salam kepada non muslim memang diperbolehkan. Asalkan, salam yang mereka ucapkan jelas.

Cara membalas ucapan salam kepada non muslim yaitu cukup dengan mengatakan "wa'alaikum" meskipun mereka mengucapkan salam dengan mengatakan "assalamu'alaikum).

Hal ini sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bahwa para sahabat Rasulullah SAW pernah bertanya kepada beliau, 'Sesungguhnya orang-orang Ahli Kitab memberi salam kepada kami, bagaimana kami menjawabnya?' Rasulullah SAW menjawab, jawablah dengan 'Wa'alaikum' saja." (HR Muslim, no. 4025)

Nah.. begitulah caranya membalas ucapan salam kepada saudara kita non muslim, jangan sampai keliru ya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image