Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadlan Alif Afwan

Esport Indonesia: Apakah profesi Gamer bisa dijadikan Karir Profesional?

Games | Wednesday, 29 Nov 2023, 11:25 WIB

Game online atau e-sport kini kian marak dimainkan oleh semua orang. Dan akan semakin ramai orang yang akan memainkannya. bisa diprediksi dalam 5 tahun ke depan dunia Esport akan terus terusan berkembang pesat. meninjau dalam 3 tahun terakhir, dimulai dari menyebarnya wabah Covid-19 dan masyarakat Indonesia diwajibkan untuk tidak keluar rumah membuat sebagian orang merasa bosan. Dan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut membuat Game online menjadi pelampiasan untuk menghilangkan rasa bosan. Hingga di tahun ini 2023, setelah hilangnya wabah covid 19 terdapat banyak event perlombaan game online yang diselenggarakan. Seperti Sea Games 2023 cabang olahraga esport, kompetisi M4 moblie legends, dan masih banyak lagi.

Dengan pesat dan ramainya peminat dunia Esport di Indonesia membuat munculnya sebuah pertanyaan apakah berkerja sebagai Pemain game (gamer) bisa menjadi sebuah profesi yang menjanjikan?. Tentu saja bisa, jika diamati terdapat beberapa peluang karir yang bisa dijadikan mata pencaharian seperti menjadi Atlet E-Sport, Penjoki Game, dan Streamer Youtube Game. Menjadi seorang Atlet E-sport memerlukan kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Pemain game (gamer) dituntut untuk selalu belajar dalam skill individu, kekompakan, komunikasi, dan adaptasi terhadap tim maupun gameplay. Ini menjadi tantangan besar bagi para Atlet E-sport dalam berkerjasama sebagai tim.

Keberhasilan sebuah tim E-Sport tidak hanya ditentukan oleh kehebatan skill individu Atlet tetapi juga dilihat dari sejauh mana anggota tim berkerjasama dan kompak dalam bermain. Dan butuh waktu yang cukup lama untuk membangun Chemistry antara Atlet satu dengan lainnya. Menjadi seorang Atlet Esport juga terkadang mengabaikan kesehatan mereka sendiri. Mereka terlalu lama bermain game hingga terjadi cidera. Hal ini menjadi problematika yang sering terjadi pada Atlet Esport. Sehingga perlunya memenejemen waktu dengan baik agar Atlet Esport tahu mana waktunya bermain dan mana waktu untuk istirahat.

Peluang karir seorang Gamer yang kedua ialah menjadi penjoki akun game. Penjoki akun game adalah orang yang berkerja menaikan level dan peringkat akun orang lain dengan dibayar sesuai ketentuan penjoki. Menjadi seorang penjoki dapat menjadi opsi menarik bagi para Gamer dan Bayaran untuk satu kali pesanan joki akun juga menggiurkan. Namun berkerja sebagai penjoki juga seringkali tidak dianggap sebagai aktifitas tidak legal dan etis, karena sejatinya seorang pemain game harus berusaha menaikan peringkat akunnya sendiri. Dengan adanya penjoki, akun pemain yang memesan jasa joki seringkali dianggap curang oleh beberapa pihak. Tarif harga seorang penjoki juga berbeda beda tergantung peringkat dan level akun yang akan dijoki. Biasanya harga jasa joki kisaran puluhan, ratusan bahkan jutaan ribu rupiah.

Lalu peluang karir dalam dunia E-sport di Indonesia adalah menjadi seorang streamer youtube game. Seperti youtuber pada umumnya Streamer youtube game adalah seorang youtuber yang lebih berfokus pada tema Game dengan membuat konten tutorial permainan sebuah game atau live streaming game. Penghasilan ini didapatkan dari Youtube dengan melihat jumlah penonton (view) pengikut (subscriber), menyukai video (likes) serta iklan (adsense). Sedangkan syarat bisa mendapatkan uang dari youtube adalah memenuhi 4000 jam tayang dalam kurun waktu setahun dan minimal 1000 subscriber. Penghasilan 1000 subscriber setara dengan $18 - $250K USD atau sekitar 200 ribu – 3 juta rupiah perbulan.

Penghasilan ini meningkat seiring bertambahnya jumlah view dan subscriber. Belum ditambah lagi dengan masuknya Endorse atau permintaan untuk mengiklankan suatu produk.Dengan demikian saat ini game tidak lagi dianggap hal yang sia sia, karena saat ini di dalam game itulah terdapat sumber mata pencaharian bagi sebagian pihak. Dengan industri Esport yang berkembang terus-menerus, ada banyak pilihan karir dan kesempatan yang tersedia. Namun, penting untuk diingat bahwa untuk berhasil dalam dunia esports, Anda perlu berkomitmen, berdedikasi, dan berusaha keras. Seseorang dapat meraih kesuksesan sebagai profesional E-Sport Indonesia yang berkembang pesat ini dengan menggabungkan keterampilan bermain game, pemahaman industri, dan keterampilan pemasaran diri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image