Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

BRAVE CF 76 Jakarta: Kebangkitan Dramatis MMA di Indonesia

Olahraga | Tuesday, 28 Nov 2023, 03:56 WIB

Pada tanggal 25 November 2023, kota Jakarta menyaksikan kesuksesan dramatis dalam dunia mixed martial arts (MMA) dengan penyelenggaraan BRAVE Combat Federation 76 (BRAVE CF 76) di Balai Sarbini.

Principal KHK Holdings, selaku pemegang brand BRAVE CF, Rika Aryuna menjelaskan bahwa kompetisi ini menampilkan 11 pertandingan, 22 petarung elit, yang mampu menarik perhatian penggemar MMA di Indonesia dan negara Asia Tenggara.

Pertarungan utama malam itu menampilkan Kamil Magomedov, salah satu petarung lightweight terbaik di dunia, menghadapi Josh Togo dari Australia. Magomedov mampu mengukur pergerakan Togo di ronde pertama, sebelum menyelesaikan pertarungan dengan kemenangan melalui teknik submission (rear-naked choke) pada ronde kedua di menit pertama. Tidak kalah menarik, pertarungan utama kedua menyajikan Murad Guseinov yang merupakan Junior World Champion IMMAF 2019, yang berhasil menaklukan David Martinez asal Australia melalui teknik buggy choke pada ronde pertama.

Pertarungan sengit lainnya antara Randi Febian dan Dewantoro Wibowo, juga menjadi salah satu pertarungan paling gila dalam sejarah BRAVE CF. Randi hampir mematahkan lengan lawannya, sebelum Dewantoro melancarkan serangan yang berujung pada penghentian pertarungan sementara. Ketika pertarungan dilanjutkan, Randi hampir saja menang dengan teknik armbar, namun Dewantoro menolak menyerah dan berhasil melanjutkan hingga ronde kedua. Namun, Randi mengejutkan semua orang dengan pukulan hook kiri yang hebat, menumbangkan Dewantoro dan mengakhiri pertarungan dengan serangan bertubi-tubi.

Debut dan Rekor Memukau

Windri Patilima, juara kelas welter kompetisi MMA nasional yang berasal dari Bali MMA Camp, berhasil menaklukan fighter asal Filipina, John Manahan juga melalui rear neck choke di ronde pertama.

Rizal Zulmi asalh BKT Fight Club Jakart hampir mencetak rekor KO tercepat dalam sejarah BRAVE CF. Ia hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk mengalahkan Weerasak Phormsakha, menjadi momen paling mengejutkan malam itu. Kedua petarung asal Indonesia ini menunjukkan semangat juang tinggi demi mengharumkan nama Indonesia.

Selain itu, Jefri Arianto asal Indonesia juga melakukan debutnya di BRAVE CF dengan menghadapi Mojtaba Nasiri dari Iran di kelas bantam.

Agenda Mendatang BRAVE CF

Setelah sukses besar di Jakarta, BRAVE CF akan melanjutkan tur globalnya dengan menyelenggarakan BRAVE CF 77 di Bahrain pada 5 Desember, diikuti dengan BRAVE CF 78 di Brazil.

Rika menambahkan bahwa secara dramatis, perlahan Indonesia mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai negara penggemar dan penyelenggara kompetisi MMA berskala internasional. “Kami menggandeng tim dari BRAVE International yang berisikan ahli di bidangnya, dan menggandeng mitra nasional seperti CUBICreative dan KOBI, untuk bersama menyelenggarakan BRAVE CF 76. Tentunya selama persiapan dan ekseskusi event, transfer ilmu menjadi warisan atau legacy yang berharga bagi tim pelaksana kita di sini,” jelas Rika.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia menjadi sorotan dalam industri MMA, sehingga BRAVE CF berambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat MMA di Asia Tenggara, bahkan di benua Asia. “Tunggu saja gebrakan kami berikutnya di 2024!” tutup Rika.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image