Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Isma Yeni

Inilah Cara Membangun Semangat Mahasiswa dalam Kuliah Online

Gaya Hidup | Monday, 03 Jan 2022, 18:23 WIB

Covid-19 sudah dua tahun lamanya beredar dan menyebabkan kekacauan di Indonesia bahkan dunia. oleh karena itu banyak aktivitas yang terhambat karenanya, dari aktivitas ekonomi hingga pendidikan, sehingga masyarakat hanya bisa bekerja dan belajar dari rumah atau biasa kita sebut work from home dan belajar daring. akan tetapi seiring berjalannya waktu di akhir 2021 para pelajar dan mahasiswa sudah mulai menjalakan tatap muka terbatas yang di buat oleh pemerintah dengan cara hanya setengah dari mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Tentu saja masih banyak mahasiswa yang melakukan pembelajaran  daring, yang membuat semangat belajar menurun dan jenuh karena bosan. Untuk mengatasi hal tersebut inilah yang dapat dilakukan mahasiswa agar semangat kuliah online.

1. Mandi sebelum melakukan pembelajaran

Mengapa demikian, karna belajar adalah sesuatu yang melelahkan. Karena itu kita harus mengawalinya dengan semangat dan dalam keadaan segar.Mandi adalah salah satu cara yang sederhana dan dapat membuat kita dalam keadaan semangat.

2. Menyediakan tempat yang nyaman untuk melakuakan kuliah online

Hal ini yang jarang diperhatikan  mahasiswa dan pelajar karena sangat mempengaru tingkat semangat belajar. Saat mengikuti perkulihan di kampus posisi duduk depan dan belakang sangat mempengaruhi tingkat kefokusan kita dalam mengikuti perkuliahan, tidak ada bedanya ketika kita belajar di rumah. ada baiknya kita memilih tempat yang jarang diganggu oleh orang lain seperti di kamar. Akan tetapi posisi kita saat di kamar tidak boleh diatas kasur, karena itu akan membuat kita enggan mendengarkan pemaparan dan menjadi mengantuk. Sebaikanya kalian mencari posisi duduk dan menulis yang nyaman sehingga pembelajaran daring bisa di jalankan dengan semangat.

3. Memahami pemaparan materi

Yang paling sulit dalam menjalankan pembelajaran daring adalah memahami materi yang disampaikan hingga akhir oleh pemateri, kita harus menyediakan alat tulis terlebih dahulu. Jika cara 1 dan 2 di atas sudah terpenuhi maka kita akan dengan mudah memahami materi yang diberikan dan bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik hingga akhir pembelajaran.

4. Memiliki ambisi untuk diri sendiri

Ini jarang sekali dilakukan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring, karena cara pembelajaran ini sangat membosankan dan melelahkan. Namun jika seorang ingin memiliki ambisi maka ia harus melewati ketiga fase di atas. Jika seorang mahasiswa telah melakukan hal tersebut di setiap pembelajaran, ia telah  memiliki ambisi dengan sendirinya. Karena merasa paling rajin dan giat yang menimbulkan perasaan tidak ingin tertinggal dari yang lain.

Demikianlah hal hal kecil yang sering terlupakan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring.  Memperhatikan hal kecil ini dapat mengubah semangat dan proses pembelajaran daring mereka selama pandemi yang terjadi hingga sekarang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image