Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gustin Endriyani

Peran Bea Cukai dalam Mengendalikan Arus Barang Ilegal dan Pemalsuan

Ekonomi Syariah | Wednesday, 22 Nov 2023, 10:54 WIB
Sumber: Bea cukai

Indonesia merupakan negara terluas ke-14 di dunia dengan luas ± 1,9 juta km². Wilayah Indonesia terdiri dari banyak pulau-pulau yang dihubungkan oleh perairan berbentuk lautan. Saat ini Indonesia juga tergolong negara berkembang. Oleh karena itu, fungsi pelayanan dan pengawasan terkait kebijakan keuangan diperlukan untuk meningkatkan perekonomian dan melindungi masyarakat Indonesia.

Bea dan Cukai Indonesia adalah lembaga yang mempunyai misi mendorong pertumbuhan ekonomi dan melindungi Indonesia dari impor barang yang dilarang dan dibatasi. Departemen Bea dan Cukai yang terkenal saat ini merupakan lembaga yang dapat dipercaya masyarakat dalam pelayanan dan pengawasannya.

Barang ilegal adalah barang yang tidak sah secara hukum, melanggar aturan yang telah diatur dalam undang-undang kepabeanan, dan merupakan barang larangan dan batasan. Hal ini termasuk barang-barang yang tidak memiliki izin dari pihak yang berwenang, serta barang-barang yang tidak dikenakan pajak bea cukai. Barang-barang ilegal ini dapat berdampak negatif pada aktivitas perdagangan dan merugikan negara.

Bea Cukai memiliki peran penting dalam mengendalikan arus barang ilegal dan pemalsuan. Mereka melakukan kegiatan Pengawasan terhadap pergerakan barang ilegal sebagai wujud pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang perlindungan masyarakat. Dalam penghitungan barang hasil penegakan hukum, Bea dan Cukai secara rutin melakukan pembubaran barang apabila dianggap berpotensi untuk disalahgunakan, dan apabila barang tersebut berpotensi memberikan manfaat bagi kemanusiaan. Selain itu, Bea Cukai juga berkolaborasi dengan instansi lainnya untuk mengimplementasikan National Logistic Ecosystem, yang bertujuan untuk penyelarasan arus lalu lintas barang ilegal.

Bea Cukai juga memiliki peran dalam menangani penyelundupan, dengan tujuan mendukung kelancaran arus barang dan meningkatkan efektivitas pemantauan pergerakan barang masuk dan keluar daerah pabean Indonesia. Mereka juga melakukan upaya dalam menanggulangi penyelundupan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, Bea Cukai juga melakukan pemeriksaan paket secara selektif berdasarkan manajemen risiko untuk mencegah arus barang ilegal tanpa menghambat kelancaran arus barang yang legal.

Dalam melaksanakan tanggung jawab pengawasannya, Bea Cukai terus berupaya dan berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari barang ilegal. Mereka secara konsisten memusnahkan barang-barang ilegal yang mereka sita agar tidak disalahgunakan.

Dengan demikian, Bea Cukai memiliki peran yang sangat penting dalam mengendalikan arus barang ilegal dan pemalsuan melalui kegiatan pengawasan, pemusnahan barang ilegal, dan kerjasama dengan instansi lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image