Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SHEILA WIDYA PITALOKA

Ragam Pembangunan Ekonomi Islam Di Negara OKI Arab Saudi, Turki, Pakistan

Ekonomi Syariah | Wednesday, 22 Nov 2023, 10:08 WIB
Source : Good News From Indonesia

Menjadi negara yang bergabung di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) juga harus mengimplementasikan tujuan yang ada di OKI seperti memperkuat solidaritas dan kerjasama di antara negara-negara anggotanya seperti salah satu negara anggota OKI yaitu Uni Emirate Arab, Turki, dan Pakistan.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Indonesia, pada tahun 2011-2013, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Arab Saudi mencapai 0,83-0,84. Sementara itu, menurut sebuah artikel dari Kementrian Luar Negeri, Arab Saudi memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia sebesar 267 miliar barel, dan sektor migas menjadi sektor penting sebagai lokomotif penggerak pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Arab Saudi memainkan peran utama dalam kegiatan industri kerajaan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, sektor publik mulai membuka peluang bagi masyarakat untuk berinvestasi di bidang wakaf dan mendirikan perusahaan yang dapat bergerak di bidang wakaf. Sementara itu, menurut sebuah artikel dari Journal Unhas, sistem wakaf di Arab Saudi dikelola oleh lembaga khusus yang disebut Majelis Tinggi. Wakaf merupakan instrumen Kerajaan Arab Saudi dalam membangun perekonomian negara. Turki, di sisi lain, memiliki ekonomi yang berkembang pesat. Menurut data dari Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024, Turki memiliki ekonomi syariah yang berkembang pesat, dengan pertumbuhan sebesar 13,2% pada tahun 2017. Turki juga memiliki sektor pariwisata yang berkembang pesat, dengan sekitar 40 juta wisatawan yang datang ke Turki pada tahun 2018. Sedangkan Pakistan memiliki sektor pertanian yang berkembang pesat. Menurut sebuah artikel dari Jurnal Muqtasid, sektor pertanian, sektor industri, dan sektor perdagangan merupakan sektor yang berpengaruh penting kepada pertumbuhan ekonomi. Pakistan memiliki sektor pertanian yang berkembang pesat, dan sektor ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi Pakistan. Dalam kesimpulannya, Arab Saudi memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia dan sektor migas menjadi sektor penting sebagai lokomotif penggerak pertumbuhan ekonomi. Turki memiliki ekonomi syariah yang berkembang pesat dan sektor pariwisata yang berkembang pesat. Pakistan memiliki sektor pertanian yang berkembang pesat dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi negara tersebut.

Sumber : BPS RI, KNEKS RI, Kemenlu RI.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image