Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Sri Nabila

Akuntansi Berbasis Microsoft Excel

Bisnis | Monday, 13 Nov 2023, 19:27 WIB
Sumber: Dokumen Pribadi

Akuntansi adalah salah satu bidang yang sangat penting dalam kegiatan bisnis suatu perusahaan.

Menurut Wikipedia, Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Akuntansi memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi perusahaan.

1. Peran akuntansi sebagai informasi keuangan.

Di dalam akuntansi terdapat bagian seperti pembukuan dan laporan keuangan yang menyediakan berbagai informasi mengenai berbagai macam transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan.

2. Untuk menganalisis bisnis

Akuntansi juga membantu dalam menganalisis kinerja suatu perusahaan dengan menggunakan metode analisis keuangan seperti rasio keuangan, analisis tren, dan analisis perbandingan, akuntansi membantu manajemen perusahaan dalam mengevaluasi kinerja keuangan dan memperoleh wawasan tentang bisnis.

3. Peran akuntansi dalam perencanaan bisnis

Dengan menggunakan data periode sebelumnya, perusahaan akan membuat anggaran dan rencana yang sebaiknya dilakukan untuk periode mendatang.

4. Penghubung dengan pihak ketiga

Para akuntan dan data-data akuntansi yang diolahnya, berfungsi sebagai penghubung antara perusahaan dengan pihak ketiga untuk mengambil keputusan terkait kerja sama, proses jual beli, investasi serta transaksi lainnya.

5. Peran akuntansi sebagai pengambilan keputusan investasi

Peran akuntansi berfungsi untuk memberi perusahaan pertimbangan ketika akan melakukan investasi keluar. Perusahaan biasanya menggunakan data akuntansi untuk menentukan cara menginvestasikan dana.

Berdasarkan lima poin yang disebutkan diatas, peran akuntansi bagi sebuah perusahaan sangat penting untuk membantu dalam proses jalannya bisnis. Orang yang bekerja dibidang akuntansi atau yang sering disebut akuntan, pasti nya bertugas untuk menganalisis transaksi, mencatat transaksi dalam jurnal dan membuat laporan keuangan. Transaksi keuangan yang harus dikelola tidak hanya satu transaksi, melainkan beberapa transaksi, tergantung dari transaksi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Dalam sebuah perusahaan pasti membutuhkan setidaknya satu atau lebih seorang akuntan untuk mengelola keuangan dan menyediakan informasi tentang keuangan. Laporan akuntansi yang dibuat oleh seorang akuntan juga berguna untuk pengambilan keputusan atau kebijakan yang diambil berdasarkan informasi akuntansi yang relavan dan akurat untuk keberlangsungan suatu perusahaan.

Seorang akuntan perlu menyusun laporan keuangan dengan rapi serta rutin dalam memperbaharui data. Hal ini akan jauh lebih efektif dan efisien jika menggunakan perangkat lunak untuk mencatat semua laporan keuangan suatu perusahaan. Salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membantu memudahkan seorang akuntan dalam menyelesaikan tugasnya adalah Microsoft Excel.

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office. Microsoft Excel sering digunakan untuk mengolah data yang kemudian dihimpun dalam tabel, Microsoft excel juga memudahkan untuk membuat laporan keuangan.

Sejalan dengan bidang akuntansi, dengan menggunakan Microsoft Excel, dapat memudahkan seorang akuntan dalam membuat laporan keuangan.

Microsoft Excel tidak hanya memudahkan untuk membuat laporan keuangan, tapi ada banyak fungsi dari Microsoft Excel yaitu membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, dan meringkas data.

Microsoft Excel juga terdapat fitur untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan.

1. Lembar Kerja

Lembar kerja merupakan fitur yang terdapat di MS Excel yang terdiri dari sel-sel dalam kolom dan baris, yang digunakan untuk memasukkan data dan melakukan perhitungan.

2. VLOOKUP

VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai tertentu pada kolom dengan menggunakan kata kunci. Misalnya untuk mencari harga komponen otomotif berdasarkan nomor komponen atau mencari nama karyawan berdasarkan ID karyawan di sebuah perusahaan.

3. Fungsi IF

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi dari MS Excel yang digunakan untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.

4. Pivot Table

Pivot table adalah fitur dalam Excel yang digunakan untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan penggunanya melihat perbandingan, pola dan tren dalam data. Dengan pivot table, seorang akuntan dapat membuat sebuah rangkuman, menganalisa, eksplorasi data, dan mempresentasikannya. Sehingga dengan mudah merangkum data yang besar dengan waktu yang singkat. Contohnya membuat neraca saldo.

Untuk mahasiswa akuntansi yang nantinya akan berprofesi sebagai seorang akuntan, diharapkan untuk mengasah kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Excel. Karena Microsoft Excel adalah alat bantu yang memaksimalkan efisiensi dan efektivitas dalam jasa audit. Kemampuan mengoperasikan perangkat lunak seperti Microsoft Excel menjadi kemampuan paling penting yang harus dikuasai oleh lulusan akuntansi.

Jadi, sebagai seorang akuntan, penting sekali untuk mahir dalam menggunakan Microsoft Excel, karena dapat membantu dalam menyelesaikan tugasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image