Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anisa Khoerotun Zahro

Komunikasi Organisasi: Pentingnya Peran Motivasi Terhadap Organisasi

Edukasi | Monday, 13 Nov 2023, 10:58 WIB
Sumber: entrepreneur.com at pinterest

Dalam membangun organisasi yang kuat, komunikasi merupakan aspek yang harus diperhatikan. Dengan memiliki komunikasi yang baik dalam organisasi akan tertanam rasa saling memiliki, saling percaya, dan saling mendukung.

Keberhasilan suatu organisasi dipengaruhi oleh bagaimana komunikasi organisasi, dan keberhasilan komunikasi organisasi dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan seorang pemimpin. Salah satunya motivasi yang diberikan pemimpin kepada karyawanya.

TEORI MOTIVASI

Umumnya teori ini membahas tentang mengapa seseorang bertekad untuk melakukan sesuatu. Apa yang menjadi ‘motivasi’ mereka untuk melaksanakan beberapa hal tersebut, yang mana belum tentu hasilnya akan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Disimpulkan dari beberapa pengertian motivasi organisasi oleh beberapa ahli, ‘Motivasi’ adalah suatu dorongan yang ada pada diri seseorang, untuk bisa melaksanakan tugas yang ada dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga, agar tujuan dapat tercapai. Terdapat beberapa teori mengenai pengertian tersebut:

Teori Hierarki Maslow

Kebutuhan berkembang dalam suatu urutan hierarkis. Meliputi kebutuhan fisiologis, keselamatan dan keamanan, rasa memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri.

Teori Existence, Relatedness, dan Growth (ERG) Alderfer

Kebutuhan eksistensi meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan keterkaitan menyangkut hubungan dengan orang-orang yang penting bagi kita, dan kebutuhan akan pertumbuhan meliputi keinginan kita untuk produktif dan kreatif.

Teori Dua Faktor Herzberg

Teori ini hanya berlaku pada sektor mikro dan dikaitkan secara lebih jelas pada hubungan antara permintaan dan kinerja. Dikatakannya, ketika seseorang bekerja, ada dua hal yang mempengaruhi dirinya, yaitu kepuasan kerja dan ketidakpuasan kerja.

Hal ini bersifat independen sehingga ada yang disebabkan oleh faktor tersebut, ada pula yang karena faktor tanggung jawab.Herzberg kemudian membaginya menjadi dua cara klarifikasi, yaitu klarifikasi motif dan klarifikasi kebersihan.

Motivasi sangatlah penting untuk pertumbuhan organisasi. Apabila motivasi itu hilang dari dalam organisasi, tentu saja hal ini akan berpengaruh dan berdampak besar bagi keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu, perlu mengetahui betapa pentingnya motivasi untuk dapat mendorong semangat organisasi. Berikut beberapa peran penting motivasi dalam sebuah organisasi:

1.Meningkatkan Produktivitas

Motivasi layaknya promosi yang menciptakan dorongan bagi karyawan untuk bekerja dengan kemampuan terbaik mereka

2.Memastikan Efisiensi Organisasi

Dengan imbalan yang lebih menarik, karyawan akan lebih berdedikasi pada pekerjaannya dan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan mereka.

3.Memprmosikan Loyalitas di Antara Karyawan

Tenaga kerja yang bermotivasi baik akan loyal, memiliki semangat kerja yang lebih tinggi, dan lebih berkomitmen terhadap organisasi dan tujuannya.

4.Memfasilitasi Arah

Tenaga kerja yang termotivasi akan antusias membantu perusahaan tumbuh dan berinovasi.

5.Memastikan Tenaga Kerja Proaktif

Motivasi karyawan mengurangi kemampuan organisasi untuk menolak keputusan sulit.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah komponen kunci untuk keberhasilan suatu organisasi. Kunci dalam mendukung motivasi anggota organisasi adalah dengan mencoba memahami apa yang memotivasi mereka. Setiap orang termotivasi oleh hal yang berbeda. Apa pun langkah yang diambil pemimpin untuk mendukung motivasi anggotanya, pertama-tama mereka harus menemukan apa yang benar-benar memotivasi mereka.

Studi Kasus: Pengaruh Komunikasi Internal, Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan

PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak Sanggaran di Denpasar adalah perusahaan pendistribusian bahan bakar minyak yang beroperasi di wilayah Bali. PT.Pertamina (Persero) Terminal BBM Sanggaran ini memiliki peraturan mengenai pemutasian karyawan, jadi kebanyakan karyawan yang bekerja di dalam perusahaan TBBM Sanggaran ini adalah pemutasian dari cabang ke cabang yang berada di Bali maupun dari luar Bali. Berdasarkan hasil wawancara beberapa karyawan mengenai komunikasi internal yang terjadi di dalam perusahaan kurangnya interaksi di antara para karyawan dengan karyawan lain dan juga pemimpin dengan bawahannya dalam lingkungan perusahaan. Masalah yang juga terjadi di TBBM Sanggaran ini adalah kurangnya dalam memberikan motivasi yang menyebabkan penurunan pada kinerja karyawan dan tingkat di dalam motivasi kerja karyawan tetap dan kontrak memiliki hak yang sama di dalam perusahaanya itu mengenai fasilitas yang diberika perusahaan, kesejahteraan, jaminan kesehatan, jaminan keselamatan, hak untuk cuti, jam kerja yang sama, pelatihan kerja dalam hal ini motivasi kerja karyawan mengalami penurunan. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi internal dan motivasi kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak Sanggaran.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial komunikasi internal dan motivasi kerja berpegaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Diharapkannya PT.Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak Sanggaran di Denpasar untuk memberikan peralatan dan perlengkapan kerja yang lebih canggih guna memudahkan karyawan bekerja sehingga keterampilan yang dimiliki karyawan untuk melakukan pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Serta dengan memberikan dukungan lingkungan kerja dalam perusahaan yang wangi agar pekerjaan lebih lancar dan dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Ilmu Komunikasi | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | Universitas Muhammadiyah Jakarta

Reference:

Ayu. (2022, Juli 8). Teori Motivasi Organisasi: Pengertian, 3 Aliran Para Ahli. Organisasi.co.id. https://organisasi.co.id/teori-motivasi-organisasi-pengertian-3-aliran-para-ahli/

Dey, D. (2018, Juni 29). 5 Hubungan Antara Motivasi Kepemimpinan dan Komunikasi dalam Organisasi. PakarKomunikasi.com. https://www.studocu.com/id/document/universitas-komputer-indonesia/komunikasi/5-hubungan-antara-motivasi-kepemimpinan-dan-komunikasi-dalam-organisasi/47525438

Mahmudah, D. (2015). Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Dalam Organisasi (COMMUNICATION, LEADERSHIP STYLE AND MOTIVATION IN ORGANIZATION). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 19(2), 297-298

Putri, N. P. C. S., Sugianingrat, I. A. P. W., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Pengaruh Komunikasi Internal, Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, dan Pariwisata, 2(4), 1033-1041

Talkactive Communication Training and Beyond. Mengapa Motivasi Penting di Dalam Sebuah Organisasi? Mengapa Motivasi Penting Di Dalam Sebuah Organisasi? - Talkactive

Zharifah, F. & Wahjono, S. I. (2023). Pentingnya Peran Motivasi Terhadap Kinerja Organisasi. Researchgate.net. https://www.researchgate.net/publication/369066523

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image