Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muwafiqus Shobri

Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah Menggelar Pelatihan Membangun Blog Komunitas

Edukasi | Sunday, 12 Nov 2023, 16:12 WIB

Pada hari Sabtu, 11 November 2023, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Hukum Ekonomi Syariah (HES) STAI Hasan Jufri Bawean menggelar pelatihan membangun blog komunitas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik mahasiswa dan memberikan platform bagi mereka untuk menyalurkan ide dan gagasan lewat tulisan.

Pelatihan membangun blog komunitas yang digelar oleh HIMA HES STAI Hasan Jufri Bawean ini tidak hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk langsung terlibat dalam praktik pembuatan blog dan mengelola blog komunitas.

Muwafiqus Shobri, M.Pd.I, dosen STAI Hasan Jufri Bawean, hadir sebagai narasumber tunggal dalam pelatihan tersebut. Ia berbagi pengalamannya aktif sebagai blogger sejak tahun 2011 dan telah mengelola puluhan blog yg awalnya dimaksudkan untuk mendapatkan uang tambahan melalui blog dan digital marketing. Selain itu Ia juga menyampaikan pentingnya blog komunitas sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan menulis, terutama dalam konteks jurnalis mahasiswa. Dalam sesi penyampaian materi, memberikan wawasan mengenai strategi efektif dalam membuat konten berbasis blog serta cara membuat, mengelola dan membangun blog dari nol.

Pada awal sesi praktik, mahasiswa diberikan panduan langkah demi langkah dalam pembuatan blog, termasuk memilih dan merubah template blog yang sesuai dan merancang tata letak blog sampai semua peserta pelatihan mampu membuat blog mereka sendiri. Setelah itu dilanjutkan dengan praktek sebagai kontributor blog dalam menulis konten secara langsung di blog HIMA HES STAIHA Bawean. Narasumber yang juga menyarankan agar mahasiswa untuk mendalaminya lebih lanjit dengan belajar secara mandiri dinrumah dengan menonton video tutorial blog di channel MShobriTV yang dikelola oleh narasumber. "Dengan praktek ini, diharapkan mahasiswa HES STAI Hasan Jufri Bawean dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam pelatihan ke dalam pengalaman nyata pembuatan dan pengelolaan blog komunitas mereka." Ujar Narasumber yang juga merupakan Direktur PT Cahya Edupreneur Indonesia

Dalam sambutannya, Dr. Abdul Hafidz, M.EI, Kaprodi HES STAIHA Bawean, turut memberikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Beliau berharap bahwa melalui blog komunitas, mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dapat belajar menulis dengan lebih baik. Blog komunitas diharapkan dapat menjadi wadah bagi mereka untuk berbagi pemikiran, pengalaman, serta ide-ide konstruktif yang dapat memperkaya literasi dan pemahaman di bidang ekonomi syariah.

Kegiatan pelatihan ini diikuti dengan antusias oleh mahasiswa, yang nantinya diharapkan dapat menerapkan keterampilan yang diperoleh dalam pembuatan konten blog komunitas mereka sendiri. Dengan semangat ini, diharapkan munculnya sejumlah blog komunitas yang menjadi wadah inspiratif dan edukatif bagi para mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah di STAI Hasan Jufri Bawean.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image