Doa untuk Orang yang Sakit Parah

Image
Ruqyah Kuningan
Agama | Monday, 03 Jan 2022, 00:06 WIB

Doa Untuk Orang Yang Sakit Parah-Nabi saw mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita. Meskipun berusaha sebaik mungkin untuk hidup sehat dan menghindari penyakit, terkadang kita bisa jatuh sakit karena beberapa alasan, termasuk cuaca, alergi, dan banyak lagi.

Sakit memang berat, tetapi Nabi Muhammad SAW telah meyakinkan kita bahwa Allah akan menghapus sebagian dosa orang sakit. Abu Sa'eed al-Khudri dan Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda:

Tidak ada keletihan, keletihan, kekhawatiran, kesedihan, kesusahan atau bahaya yang menimpa seorang mukmin di dunia ini, bahkan duri yang menusuknya pun tidak, melainkan Allah menghapus sebagian dosanya dengan itu.n(Sahih Al-Bukhari)

Baca Juga : Ruqyah Kuningan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun, ketika kita jatuh sakit, kita perlu menemukan obat terbaik. Nabi saw bersabda:

Allah telah menurunkan penyakit dan obatnya dan menjadikan bagi setiap penyakit obatnya. (Sunan Abi Daud)

Selain berobat, kita perlu meminta pertolongan kepada-Nya, karena sesungguhnya Dialah yang dapat menyembuhkan penyakit dan menyelamatkan kita dari segala mara bahaya.

Berikut adalah beberapa Do'a yang bisa kita baca saat kita sakit dan saat menjenguk orang sakit:

1. Do'a untuk orang sakit

Tentu saja, ketika kita sakit, kita harus mencari perawatan medis - tetapi kita juga dapat berdoa kepada Allah swt untuk membantu pemulihan kita.

Do'a untuk orang sakit

Diriwayatkan bahwa Aisha ra berkata bahwa ketika seseorang di antara mereka memiliki penyakit, Nabi saw biasa menggosok daerah yang sakit dan membaca doa berikut untuk perlindungan:

اللَّهُمَّ النَّاسِ الْبَأسَ اشْفِ الشَّافي لا اءَ لاَّ اؤُكَ اءً لا ادِرُ اً

Allahumma Rabban-naas, azhibil-ba's, washfi antash-Shaafi laa shifaa'a illaa shifaa'uka, shifaa'an laa yughaadiru saqamaa

“Ya Allah, Tuhan umat manusia, hilangkan penderitaanku. Sembuhkanlah (aku) karena Engkau adalah satu-satunya Penyembuh dan tidak ada obat kecuali milik-Mu, itulah yang tidak meninggalkan penyakit.” (Al-Bukhari)

2. Do'a untuk penyakit

Utsman bin Abi Al-'As ra meriwayatkan: Aku mengadu kepada Rasulullah saw tentang sakit yang kurasakan di tubuhku. Rasulullah saw bersabda, “Letakkan tanganmu di tempat yang terasa sakit dan ucapkan: 'Bismillah (Dengan Nama Allah)' tiga kali; lalu ulangi tujuh kali: 'A'udhu bi'izzatillahi wa qudratihi min sharri ma ajidu wa 'uhadziru (Aku berlindung kepada Allah dan dengan kekuatan-Nya dari kejahatan yang menimpaku dan apa yang aku pahami)." (Sahih Muslim)

Saat kita meletakkan tangan kita di area rasa sakit dengan maksud untuk mencari kelegaan, ucapkan yang berikut ini:

اللَّهِ x3

Bismillah

Dengan nama Allah

اللَّهِ ا اذِرُ x7

'A'udhu bi'izzatillahi wa qudratihi min sharri ma ajidu wa 'uhadhiru

Aku berlindung kepada Allah dan dengan kekuatan-Nya dari kejahatan yang menimpaku dan apa yang aku pahami.

3) Do'a untuk orang sakit

Nabi Ayyub as dikaruniai harta yang melimpah, tanah dan anak-anak. Dia kemudian diuji dengan meminta semua itu, termasuk kesehatannya, diambil darinya. Tidaklah semua anggota tubuhnya terbebas dari penyakit kecuali lidah dan hatinya yang ia gunakan untuk berdzikir kepada Allah swt

Orang-orang memutuskan hubungan dengannya karena penyakitnya dan dia diusir dari kota dengan hanya istrinya yang ada di sana untuk mendukungnya. Nabi Ayyub as tetap sabar dan bersyukur dalam keadaan apapun. Ia meminta pertolongan kepada Allah swt dengan membaca doa dalam Surah Al-Anbiyaa' (21:83). Doa berikut adalah kutipan dari ayat tersebut:

الضُّرُّ الرَّاحِمِينَ

Robbi annee massaniyad-durru wa-anta arhamur-raahimeen

Tuanku. Sesungguhnya kesengsaraan telah menimpaku, dan Engkau Maha Penyayang di antara para penyayang.

4. Do'a untuk orang yang sangat sakit

Ketika kita melihat anak, ibu dan orang yang kita sayangi sakit, wajar jika kita merasa tidak berdaya dan sedih. Namun, cobalah untuk mengingat bahwa Allah adalah Ash-Shaafee (Yang Menyembuhkan, Yang Menyembuhkan).

Aisyah ra meriwayatkan bahwa: Setiap kali Rasulullah saw sakit, ia akan membaca Mu'awwidhatayn (Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas) dan kemudian meniupkan napasnya ke seluruh tubuhnya. Ketika dia sakit parah, saya (Aisyah ra) biasa membaca (kedua Surah ini) dan menggosokkan tangannya ke tubuhnya berharap berkah.

لْ الْفَلَقِ

ا لَقَ

اسِقٍ ا

النَّفَّاثَاتِ ال

اسِدٍ ا

Qul a'uuzu birobbil-falaq

Min shari ma kholaq

Wa min sharri ghosiqin izaa waqob

Wa min sharrin-naffaathaati fil-'uqod

Wa min sharri haasidin isaa hasad

Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan fajar,

Dari kejahatan apa yang telah Dia ciptakan,

Dan dari kejahatan malam yang gelap ketika itu datang,

Dan dari kejahatan mereka yang meniup simpul (latihan Seni Rahasia),

Dan dari kejelekan orang yang dengki ketika dia dengki.

لْ النَّاسِ

لِكِ النَّاسِ

لَهِ النَّاسِ

الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ

ال النَّاسِ

الْجِنَّةِ النَّاسِ

Qul a'uuzu birobbin-naas

Malikin-naas

ilaahin-naas

Min sharril-waswaasil khonnaas

Allazii yuwaswisu fii suduurin-naas

Minal-jinnati wan-naas

Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan manusia,raja orang,Tuhan orang,dari kejahatan pembisik yang menyelinap yang berbisik di dada orang baik jin maupun manusia. (Sahih Al-Bukhari)

5. Do'a untuk belas kasihan, pengampunan dan penyembuhan rasa sakit

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa di antara kalian yang menderita suatu penyakit, atau saudaranya menderita suatu penyakit, maka katakanlah:

ا اللَّهُ الَّذِي السَّمَاءِ اسْمُكَ السَّمَاءِ الأَرْضِ ا السَّمَاءِ اجْعَلْ الأَرْضِ اغْفِرْ لَنَا ا ايَانَا الطَّيِّبِينَ لْ ال ا ا اانَا الطَّيِّبِينَ لْ ا اوَشِفَ

Ya Tuhan kami Allah Yang di Surga, Terpujilah nama-Mu, jadilah kehendak-Mu di langit dan di bumi; seperti rahmat-Mu di surga, berikanlah itu ke bumi. Ampunilah kami atas segala dosa dan jalan kami yang salah. Anda adalah Tuhan yang baik. Turunkan rahmat dari-Mu dan obat dari-Mu untuk menyembuhkan sakit ini, sehingga sembuh”

Robbana-Allahullazi fis-samaai taqoddasas-muka amruka fis-samaai wal-ardhi kamaa rohmatuka fis-samaai faj-al rohmataka fil-ardhi. Ighfir lanaa huubanaa wa khotoyaanaa anta robbut-toyyibeen. Anzil rohmatan min rohmatika wa shifaan min shifaaika 'alaa haazal-waja'i fa-yabra'u (Sunan Abi Daud).

6. Do'a saat menjenguk orang sakit

Di masa COVID-19 ini, kita tidak dianjurkan untuk melakukan kontak dekat dengan mereka yang sakit karena ada kemungkinan membawa virus dan menyebarkannya ke orang lain. Namun, kita mungkin masih membaca doa ini dari jarak yang aman.

Nabi saw bersabda:

“Barangsiapa menjenguk orang sakit yang tidak dalam keadaan sekarat dan berdoa tujuh kali:

As'alullahal-'Azima Rabbal-'Arshil-'Azimi, seorang yashfiyaka

(Aku memohon kepada Allah yang Agung, Gosok Arsy yang Agung, untuk menyembuhkanmu), Allah pasti akan menyembuhkannya dari penyakit itu.”

Demikian artikel yang telah kami ulas dari situs Ruqyah Cirebon, Semoga Bermanfaat bagi anda semua, Aamiin.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Informasi Tempat Ruqyah di Kuningan Telp: 083120122062 Dedi Natadiningrat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image