Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Angellita Wijaya Gunawan

Peran ZnO Nanorods Semiconductor dalam Fotokatalis Pemurnian Air dan Pencapaian SDGs

Edukasi | Thursday, 09 Nov 2023, 11:45 WIB
Sumber : AZoNano.com

Zinc Oxide (ZnO) nanorods merupakan bahan baku yang sangat bagus untuk fotokatalisis, yaitu proses menggunakan cahaya untuk memecah polutan dalam air. Material tersebut sangat cocok digunakan dalam fotokatalisis karena memiliki celah pita yang lebar, dimana ia dapat menyerap spektrum cahaya yang luas termasuk sinar ultraviolet (UV).

Sinar UV diperlukan dalam terjadinya fotokatalisis, sehingga ZnO nanorods semiconductor mampu bekerja secara efisien di berbagai kondisi pencahayaan. Selain itu, material ini tidak beracun dan relatif murah untuk diproduksi. Faktor-faktor tersebut menjadikannya pilihan yang layak untuk pemurnian air di negara-negara berkembang, salah satunya di Indonesia, dimana akses terhadap air bersih masih menjadi sebuah tantangan besar. Tentunya, hal ini sangat mendukung optimalisasi pencapaian SDGs poin 6 (Clean Water and Sanitation).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ZnO nanorods semiconductor efektif menghilangkan berbagai polutan dari air, termasuk bakteri, virus, dan berbagai senyawa organik. Misalnya, sebuah penelitian oleh Beilstein Journal of Nanotechnology menemukan bahwa sampel kertas yang dilapisi ZnO nanorods semiconductor lalu ditumbuhkan pada konsentrasi 20 mM selama 20 jam menunjukkan aktivitas antimikroba tertinggi terhadap E. coli. Studi lain oleh Choi Y. H, dkk menunjukkan bahwa membran penyaringan udara melalui lubang isoporus yang mengandung material dan ditumbuhkan secara hidrotermal memiliki kinerja bakterisidal yang sangat baik terhadap bakteri Gram-positif S. aureus dan Gram-negatif S. enteritidis.

Oleh karena itu, sebagai warga Republik Indonesia, hendaknya bersama-sama mendukung pencapaian SDGs poin 6 dengan memanfaatkan ZnO nanorods semiconductor dalam fotokatalis pemurnian air demi keberlangsungan air bersih dan sanitasi untuk Indonesia emas.

Referensi :

Choi, Y. H., Kim, M. J., Lee, J., Pyun, J. C., & Khang, D. Y. (2021). Recyclable, Antibacterial, Isoporous Through-Hole Membrane Air Filters with Hydrothermally Grown ZnO Nanorods. Nanomaterials (Basel, Switzerland), 11(12), 3381. https://doi.org/10.3390/nano11123381

Jaisai, M., Baruah, S., & Dutta, J. (2012). Paper modified with ZnO nanorods - antimicrobial studies. Beilstein journal of nanotechnology, 3, 684–691. https://doi.org/10.3762/bjnano.3.78

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image