Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Alasan Ketika Dilarang Mengeluh kepada Orang yang tak Tepat

Gaya Hidup | Wednesday, 08 Nov 2023, 14:19 WIB

Seringkali di dalam hidup manusia adalahnya ditimpa masalah berat dan terkadang ia tak mampu untuk mengatasinya. Persoalannya ketika hal itu terjadi banyak orang yang mengeluhkan persoalan yang tengah dihadapinya dan hal itu seolah menjadi beban berat yang harus dipikulnya.

Mengeluh diperbolehkan bagi siapapun ynag sedang menghadapi masalah. Akantetapi mengeluh pun tak sembarangan disampaikan kepada orang yang tak memahami kita. Lagipula sebagai manusia yang memiliki harga mengeluhkan apa yang dialami cukuplah hanya kepada orang-orang dekat saja.

Berkeluh kesah cukup hanya kepada Allah saja (Foto : Islam Digest--Republika.co.id)

Karena itu, jangan sekali-kali kita gampang menyampaikan keluhan kepada siapa saja tanpa tahu seperti apa sikap orang yang mendengar keluhan kita dan jangan sampai kaena keluhan kita yag disampaikan maka hal-hal yang merugi pada akhirnya dialami oleh kita.

Pertama, tak semua orang suka kepada kita

Kita semua pasti paham di tengah-tengah kehidupan yang dijalani selama ini sangat memun gkinkan terjadi pro dan kontra menyikapi perjalanan hidup kita. Oleh sebab itu pahamilah bahwa banyak orang-orang yang dekat dengan kita sebenarnya mereka tak suka kepada kita. Wajahnya bisa saja ma is di depan kita padahal sesungguhnya yang bersangkutan sangat tidak senang kepada kepada kita.

Di sini kalau kita salah-salah menyampaikan keluhan kita kepada orang yang tidak suka dengan kita malah sungguh merugikan. Bukannya dibantu atau diberikan solusi tetapi terkadang orang seperti ini malah suka dengan keadaan yang tengah dialami. Jadi harus diperhatikan, mngeluh bukan hal yang dilarang tetapi ingat mesti mengeluh kepada orang yang tepat agar kita mendapatkan sesuatu yang kita harapkan.

Kedua, keluhan kita menjadi bahan perbincangan orang lain

Orang yang tak suka dengan kita maka senantiasa dia akan mencari celah atau aib yang bisa dimanfaatkan untuk menjatuhkan nama baik kita. Karena itu, seyogyanya mesti berhati-hati berkeluh kesah karena bsia jadi justeru ada orang yang hobinya mau mendengarkan keluh kesah kita tetapi bukan untuk dicarikan solusinya melainkan untuk dijadikan bahan perbincangan.

Bayangkan saja, jika hal ini terjadi maka bisa banyak orang yang tahu dengan masalah yang tengah dihadapi. Karuan saja hal ini akan membuat hit akita menjadi tidak nyaman karena orang-orang tahu seta membicarakan kita. Sehingga bis akita dibuat malu karenanya.

Ketiga, belum tentu bisa membantu atau memberi solusi

Adakalanya memang wajar ketika ketika mengeluh dengan keadaan yang dilamai kepada orang yang mungkin baik dan mau menerima keluhan kita. Namun jika mereka hanya sebatas mendegar saja tanpa ada solusi memang kurang efektif jika. Paling tidak memang rada meringankan masalah kita tetapi belum tentu bisa meyelsaikan masalah kita.

Yak arena mengeluh itu kan untuk bisa mendapatkan bantuan atau solusi dari apa yang tengah dihadpi makanya harus berkeluh kesah kepada orang yang tepat sehingga apa yang tengah diharapkan oleh kita maka akan terwujud atas bantuan yang diberikan olehnya.

Keempat, mengeluh menunjukkan kelemahan kita

Tentu saja secara ideal sebaiknya kita tidak menyampaikan keluhan kepada orang lain. Mengapa demikian, sebab justeru kalau kita sering mengeluh kepada orang lain maka itu justeru memperlihatkan kelemahan kita kepada orang-orang. Seyogyanya kita memang dituntut untuk bisa mengatasi masalah yang dihadapi secara mandiri tanpa orang lain tahu.

Hal ini memang bukan hal yang mudah akantetapi tentunya akan membered ampak positif bahwa kita harus menajdi orang yang mandiri dan mau berjuang untuk mengatasi kesulitan yang ada dengan mengerahkan segenap kemampuan yang ada. Jika kita mampu mandiri maka kita pun akan kuat menghadapi apapun.

Kelima, mengeluhnya hanya kepada Tuhan saja

Hal yang paling terbaik dilakukan oleh kita selaku orang beriman adalah sangat tepat jika kita berkeluh kesah hanya kepada Allah. Tentunya Allah akan mendengar keluhan kita selama apapun kita menyampaikannya. Berbeda dengan manusia dan waktunya sangat terbatas. Allahsangat senang jika kita memohon doa kepada-Nya.

Juga karena Allah tempat meminta, sejatinya tumpahkanlahs egala keluhan kita kepadanya karena segala masalah yang dihadapi oleh kita tentu akan diberi solusi oleh-Nya. Berkeluh kesah kepada Allah akan menangkan jiwa daripada kita berkeluh eksah kepada manusia apalagi orangnya tidak tepat.

Mengeluh boleh-boleh saja tetapi sebaiknya jangan terlalu mengeluh kepada orang lain. Sebaiknya mengeluh itu boleh untuk sekedar meringankan beban yang dirasakan, akantetapi dibanding mengeluh alangkah lebih baik berusaha sekuat tenaga untuk melepaskan kesulitan yang tengah menghimpit karena siapa yang bsia mengubah keadaan kecuali kita sendiri yang bisa mengubahnya. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image