Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Imam Ghozali

Resensi Buku Mustholah Wa Takhrij Al-Hadits

Agama | Tuesday, 07 Nov 2023, 00:56 WIB

*Sinopsis Buku

Buku ini berjudul Mustolahul Hadits Wa Takhrij Al-Hadits di tulis oleh prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A. Buku ini merupakan suatu terjemah atau suatu Syarah dari tulisan Arab yang berjudul tentang 'Ilm al-Takhrij Wa Al-Ta'ruf'Ala Kutub al-Hadits dalam kitab al-jadawil al-jami'ah Fi al-'Ulum al-Nafi'ah. Di susun oleh syekh Dr.jasim bin Muhammad bin Muhammad al-yasin dan beberapa Mahasiswanya yang di pilih untuk membantu dalam penulisan tersebut.

*Isi Refrensi

Buku ini termasuk buku Mustolahul Hadist yang sangat lengkap Karena di dalamnya membahas tentang Hadits sahih, hadits Hasan, Hadits dho'if, Hadits gharib, Hadits afrad, Dan masih banyak yang lainya. Dalam buku ini memberikan model baru yang belum pernah ada sebelumnya, yakni dengan penyajian skema suatu pembahasan di awali dengan pengertian atau definisi, baik secara bahasa (etimologi) ataupun istilahnya (terminologi) lalu menyajikan beberapa contoh dan gambaran sesuai dengan klasifikasi di dalamnya.

Kemanfaatan belajar Ilmu Mustholah Hadist adalah kita bisa tau siapa perawi dan periwayatan nya dalam mencari asal usul hadits tersebut, sehingga kita di jauhkan dari sifat keraguan hadits tersebut. Dalam peratiknya, ilmu Mustolahul Hadits adalah langkah awal untuk memasuki kajian ilmu hadits, maka dari situ Ilmu ini hanya fokus mengulas istilah-istilah dan contoh. Semisal pembagian hadits atsar, Khabar, pembagian hadits sahih, Hadits dho'if, Hadits Hasan, dan hal terkait dengan istilah teknis kajian hadits

*Kelebihan Buku

Buku ini sangatlah penting bagi mahasiswa maupun masyarakat awam, karena penjelasan dalam buku ini mudah di pahami oleh masyarakat awam sehingga mudah untuk di kaji. Penjelasan dalam buku ini sangatlah jelas,singkat dan padat.

*Kekurangan Buku

Buku ini menurut saya sendiri hanya memiliki kekurangan dari segi daftar isi sehingga sulit untuk mencari referensi bagi pembaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image