Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dompet Sosial Madani

Membumikan Ekonomi Syariah, DSM Dompet Sosial Dukung Sinergi BI Bali

Info Terkini | Monday, 06 Nov 2023, 12:30 WIB

Bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (6/11) Dompet Sosial Madani (DSM) hadiri acara Silaturahim Stakeholder Bank Indonesia.

Acara ini digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali untuk mendorong akselerasi ekonomi syariah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, menyampaikan sambutan mengenai perkembangan ekonomi syariah bahwa saat ini ekonomi syariah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru sebesar 24,9% diharapkan tahun 2025 meningkat menjadi 40%. Indonesia masuk peringkat 4 sebagai ekonomi syariah terbaik di tingkat global.

BI Bali turut mengundang Masjid, Mushola di Wilayah Denpasar-Badung. MUI, Pondok Pesantren, UMKM dan mitra BI untuk menguatkan ekonomi syariah

Dalam acara tersebut juga BI menyerahkan sertifikat halal 24 UMKM dan mengapresiasi program pelaku industri kreatif syariah Indonesia. Tak hanya itu, BI berhasil mendorong prestasi terbanyak dalam Festival Ekonomi Syariah Kawasan Indonesia Timur.

Maka Kantor Perwakilan BI Bali terus mendorong sosialisasi dan edukasi ekonomi keuangan syariah. Perluasan digitalisasi dan perluasan ekonomi syariah. Peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah.

BI konsisten dan keberlanjutan menguatkan ekonomi syariah sebagai nilai-nilai universal, mendukung pertumbuhan industri halal di tingkat domestik dan global, mendorong ekonomi syariah melalui penguatan halal food, mode fashion, dan Islamic finance.

Di samping itu, BI terus memperkuat komitmen ekonomi syariah melalui tiga langkah. Pertama, BI komitmen pengembangan kemandirian pesantren. Ada 6 binaan pesantren di Bali, yang telah mengelola usaha secara mandiri.

Kedua, BI mendorong fasilitasi sertifikasi halal, umkm, bekerjasama Kanwil Kemenag Bali, MUI Bali, Satgas Halal, Lembaga ZISWAF. Termasuk memfasilitasi sertifikasi halal bagi dua rumah potong hewan unggas dan sapi Bali.

Ketiga, memperkuat daya saing binaan BI, untuk masuk ke pasar global, penguatan kapasitas, akses pasar dalam dan luar negeri.

Kepala BI mengajak para stakeholder untuk sinergi, inovasi, agar ekosistem ekonomi syariah semakin bertumbuh.

Dalam even ini DSM mendukung BI dalam Membumikan ekonomi syariah sebagai nilai universal, sehingga diterima berbagai kalangan. Upaya bersama menghidupan keratan interaksi antara sektor riil dan keuangan syariah. Dari sisi suplai dan mengakomodir permintaan produk-produk syariah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image