Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Asnawi Rival kadavi

Resensi Buku Mushthalah Wa Takhrij Al Hadits

Agama | Saturday, 04 Nov 2023, 20:53 WIB
Cover buku Mustholah Wa Takhrij Al-Hadits. Sumber: Dokumen Pribadi.

IDENTITAS BUKU

Judul buku : Mustholah Wa Takhrij Al-Hadits

Penulis buku : Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A

Penerbit buku : Jejak Pustaka

Jumlah Halaman : 245 halaman

Cetakan : Cetakan pertama, Agustus 2023

Ukuran buku : 14 x 21 Cm

ISBN : 978-623-183-483-6

SINOPSIS

Kitab ini membahas tentang Ilmu Mushtholah Al-Hadits, suatu Syarah atau tafsir ulang terhadap sebuah teks berbahasa Arab yang berjudul ‘Ilm Mustalah al-Hadits, Ilm al-Takhrij Wa al-Ta’arruf Ala Kutub al-Hadits dalam kitab al-jadawil al-jamiah fi al-ulum an nafiah. Artikel asli disusun oleh Dr. Jasim bin Muhammad bin Muhalhal al Yasin dan beberapa muridnya yang terpilih untuk membantu dalam penulisannya.

ISI RESENSI

Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits istilah yang merujuk pada proses pembuktian ke shohihan hadits, yaitu ucapan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW.

Isi Mushtholah dan Takhrij Al Hadits adalah dua metode penelitian hadits yang digunakan oleh para ulama untuk meneliti asal-usul riwayat hadits dan mengetahui keabsahan hadits.

Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits merupakan upaya mencari matan (teks) dan sanad (rantai perawi) hadits, lengkap dari rujukan asli.

Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits Ini sangat penting bagi umat Islam yang mengandalkan hadits sebagai sumber bimbingan dan praktik keagamaan dalam mengacu pada proses verifikasi keaslian hadits dengan menelusuri rantai transmisinya ke sumber aslinya.

Secara keseluruhan, Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits adalah bidang studi penting dalam keilmuan Islam yang melibatkan verifikasi keaslian hadis dengan menelusuri rantai penularannya ke sumber aslinya.

Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits melibatkan analisis teks hadis untuk memastikan bahwa teks tersebut konsisten dengan ajaran Islam dan Nabi Muhammad SAW, dan memeriksa rantai perawi untuk memastikan bahwa mereka dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

Tujuan Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits adalah untuk menjamin hanya hadits shahih yang dijadikan dasar argumentasi dan memperkuat keyakinan bahwa hadits tersebut benar-benar berasal dari Nabi Muhammad SAW.

Mushtholah Wa Takhrij Al Hadits merupakan tahapan penting dalam kajian Hadits, karena memungkinkan para ulama menentukan Hadits mana yang shahih dan dapat dijadikan sumber hukum dan petunjuk Islam.

Proses Takhrij melibatkan identifikasi sumber hadits dan menelusuri rantai penularannya untuk memastikan keasliannya.

KELEBIHAN BUKU

Penjelasan materi yang jelas, serta di sajikan contoh agar lebih memudahkan pembaca untuk memahaminya.Dengan membaca buku Mushthalah WA Takhrij Al Hadits, pembaca dapat memahami takhrij hadits dan melakukan penelitian hadits dengan lebih baik.

KELEMAHAN BUKU

Di buku Mushthalah Wa Takhrij Al Hadits ini hampir tidak ditemukan kekurangan namun ada sedikit sekali kelemahan dalam penyusunannya. Dibagian daftar isi, sekilas amat rumit untuk mencari bab yang kesekian, Terlebih bukunya lumayan tebal harus dilihat lebih seksama lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image