Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Alasan Mengapa Kita Harus Bisa Menolong Orang Lain

Agama | Thursday, 02 Nov 2023, 15:53 WIB

Orang yang hidup di atas dunia tak semuanya beruntung. Bagi yang mampu menolongnya dengan harta maka tolonglah dengan harta, atau dengan bentuk lain yang terpenting orang tersebut dapat ditolong dengan kemampuan yang kita miliki.

Menolong terhadap sesama adalah perbuatan yang memacu kebaikan lainnya (Foto : Iyan Mulyana)

Jelas hal ini adalah perbuatan baik sehingga sangat beralasan bagi kita yang dimiliki kemampuan bisa melakukannya. Meringankan beban orang yang sedang dilanda masalah maka Allah pun akan ringankan masalah yang tengah dihadapinya.

Oleh sebab itu jika kita mampu maka mesti menolong orang yang meminta tolong kepada kita.Setidaknya ada 5 alasan mengapa hal itu mesti dilakukan.

Pertama, dengan menolong menunjukkan pelakunya memiliki keimanan dan ketakwaan yang kokoh. Tentu saja demikian adanya karena orang yang berani menolong itu bukan orang sembarangan karena mau mengorbankan apa saja yang dia miliki. Bukan harta, tenaga, pikiran dan nasihat pun termasuk akan ia korbankan demi membahagiakan sesamanya

Kedua, penghubung aghnia dan kaum dhuafa. Ternyata orang yang mau dan berkeinginan menolong orang ternyata orang yang memiliki hubungan baik dengan sesamanya. hebatnya dia diberi kelebihan tahu siapa kaum aghniya dan kaum dhuafa sehingga ketika ada yang meminta pertolongan akan ke mana dia arahkan. Sedangkan jika ada kaum aghnia yang bingung menyalurkan bantuan maka orang tersebut tahu siapa yang berhak menerimanya.

Ketiga, pintu pembuka untuk kebaikan lainnya. Biasanya orang yang menolong orang lain akan terpacu untuk melakukan kebaikan lainnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan banyak orang yang meminta pertolongan kepadanya. Orang baik seperti ini gtakkan mengeluh ketika ada orang yang meminta tolong kepadanya, di mana ia akan melakukan sesuatu yang terbaik sehingga orang yang meminta akan terbantu olehnya.

Keempat, ajang agar hati bisa selalu bersyukur. Dengan mampunya kita menolong orang lain maka kita sendiri akan mampu bersyukur karena kita lebih beruntung darinya. Maka dengan bersyukur itu maka nikmat itu akan bertambah sehingga kita pun takkan mengeluh ketika mendapat ujian dari Allah.

Kelima, wujud silaturahmi dengan sesama. Kita pun takkan bsia memungkiri jika menolong orang lain sama artinya dengan menjalin silaturahmi dengan yang lainnya. Kita tahu jika silaturahmi itu akan memanjangkan umur dan juga membuka pintu rezeki. karena menolong orang lain jelas menguntungkan karena di sana ada berbagi dan silaturahmi yang sangat disukai oleh Allah.

Jadi siapapun yang memang Allah berikan kesempatan untuk menolong orang sebaiknya manfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin agar apa yang dilakukan akan berbuah kebaikan bagi yang melakukannya karena Allahs angat menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image