Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Desi Fitriana

Syarat untuk Menjadi Praktisi Public Relations

Eduaksi | Sunday, 02 Jan 2022, 15:58 WIB

Sebagian besar kegiatan Public Relations membutuhkan kerjasama yang erat antara manajemen dan Public Relations. Dan kerjasama itu akan dapat dilakukan dengan baik bila seorang Public Relations Officer dapat memenuhi syarat berikut ini:

1. Public Relations Officer haruslah seorang praktisi profesional yang benar-benar kompeten agar sosoknya benar-benar diakui dan dimanfaatkan oleh kalangan manajemen sebagai seorang ahli yang senantiasa dapat diandalkan dan dapat dipercaya di bidangnya;

2. Public Relations Officer harus mampu menciptakan jalur-jalur komunikasi eksternal. Artinya, ia dikenal oleh publik sekaligus dipercaya sebagai sumber informasi yang handal. Jalur-jalur komunikasi eksternal tersebut sangat diperlukan sebagai sumber informasi karena setiap organisasi memerlukan sebanyak mungkin sumber informasi eksternal yang dapat diandalkan.

3. Public Relations Officer harus mampu mendukung pihak manajemen agar mereka senantiasa siap menghadapi wawancara, memberi pidato atau sambutan resmi, serta tampil di muka publik.

4. Sementara itu pihak manajemen juga harus mampu dan mau berkomunikasi serta selalu siap tampil di depan umum. Public Relations Officer-lah yang akan membantu menyediakan berbagai macam informasi, bahan-bahan atau segala macam masukan yang sekiranya amat diperlukan, serta mengatur segala sesuatunya sebelum pimpinan organisasi atau perusahaan benarbenar tampil dalam suatu resepsi umum, tatap muka dengan kalangan pers, atau tampil dalam acara televisi.

5. Pihak manajemen juga harus bersedia mempercayakan dan menyerahkan informasi-informasi terpenting berkenaan dengan organisasi secara langsung dan dini kepada Public Relations Officer. Ini berarti pihak manajemen harus bersedia menerima dan berhubungan dengan Public Relations Officer setiap saat.

Adapun Keuntungan dan Kelemahan dari Eksistensi Public Relations

Keuntungan:

1. Public Relations Officer pasti lebih akrab dan mengenal seluk beluk dan segala sesuatu yang berkenaan dengan organisasi atau perusahaannya sendiri.

2. Public Relations Officer itu pasti juga memiliki keahlian dan pengalaman di bidang perdagangan, sektor industri atau subyek yang digeluti oleh perusahaan yang mempekerjakannya.

3. Public Relations Officer dapat dengan mudah menciptakan jalurjalur komunikasi dalam organisasi dan dapat mengumpulkan berbagai macam informasi penting dan dapat dipercaya dengan cepat.

4. Public Relations Officer selalu siaga dan dapat bertindak cepat terutama dalam keadaan krisis.

5. Public Relations Officer memiliki posisi yang pasti dan kuat untuk memberikan masukan-masukan secara rutin kepada pihak manajemen.

Kelemahan:

1. Karena Public Relations Officer terlalu dekat dengan organiasinya maka ia tidak bisa sepenuhnya objektif dalam menilai segala sesuatu yang berkenaan dengan organisasi. Ia akan lebih menonjolkan hal-hal yang baik saja.

2. Seandainya Public Relations Officer tersebut ternyata tidak cukup terampil atau terlatih maka ia hanya akan menjadi beban perusahaan saja

3. Kebanyakan Public Relations Officer tidak memiliki posisi atau status resmi yang cukup tinggi di mana ia bisa setiap saat mengadakan hubungan secara langsung dengan pucuk pimpinan.

4. Tidak jarang jabatan Public Relations Officer diadakan hanya sebagai tempat persinggahan menjelang pensiun dari seorang pejabat perusahaan yang dianggap berjasa.

5. Pihak manajemen sendiri acapkali tidak memiliki suatu spesifikasi pekerjaan yang jelas bagi departemen atau Public Relations Officer-nya.

Berdasarkan uraian di atas tentang tugas dan tanggung jawab seorang Public Relations Officer maka kita dapat membayangkan betapa komplek dan rumitnya tugas Public Relations Officer, sehingga tidak semua orang serta merta memiliki kemampuan menjadi Public Relations Officer di suatu perusahaan. Namun jika Anda memiliki beberapa kualifikasi yang ada di bawah ini, mungkin Anda adalah

orang yang cocok untuk menjadi seorang Public Relations Officer:

1. Mampu menghadapi semua orang yang memiliki aneka ragam karakter dengan baik. Ini berarti Anda harus mampu dan mau berusaha memahami, serta terkadang, berusaha untuk bersikap setoleran mungkin kepada setiap orang yang dihadapi tanpa harus menjadi seorang pengikut dan penjilat.

2. Mampu berkomunikasi dengan baik. Artinya Anda mampu menjelaskan segala sesuatu dengan jernih, jelas dan lugas, baik itu secara lisan maupun tertulis atau bahkan secara visual (misalnya melalui gambar atau foto-foto).

3. Pandai mengorganisir segala sesuatu. Hal ini menuntut kemampuan perencanaan yang prima

4. Memiliki integritas personal, baik dalam profesi maupun dalam kehidupan pribadi Anda.

5. Punya imajinasi. Artinya daya kreatif Anda harus cukup baik, sehingga Anda mampu membuat jurnal eksternal, menulis naskah untuk film atau video, menyusun rencana kampanye PRyang rinci dan jelas, serta mampu mencari dan menemukan caracara yang semula tak terbayangkan guna memecahkan berbagai masalah.

6. Anda harus serba tahu. Seorang praktisi PR untuk memiliki akses informasi yang seluas-luasnya. Dalam hal ini mau tidak mau Anda memang dituntut menjadi seorang dewa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image