Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Begini Dampak Jika Anda Makan Blueberry Setiap Hari

Gaya Hidup | Wednesday, 25 Oct 2023, 11:25 WIB
Sajian Blueberry (eatingwel.com/SSDarindo)

Blueberry disebut-sebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan - tidak mengherankan, mengingat buah ini mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah lainnya, menurut sebuah penelitian tahun 2021 yang diterbitkan di Molecules.

Sementara itu, apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika Anda makan Blueberry setiap hari? Apakah ada sisi negatif dari makan terlalu banyak? Dilansir dari laman eating.com, yuk kita bahas nilai gizi Blueberry, potensi manfaat dan kerugian kesehatan dari konsumsi harian, dan bagaimana Anda dapat menikmatinya sebagai bagian dari diet sehat.

Fakta Nutrisi

Blueberry adalah buah lezat seukuran gigitan yang penuh dengan manfaat nutrisi, mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Satu cangkir Blueberry (150 gram) mengandung kandungan berikut ini, menurut USDA:

· Kalori 86

· Total Karbohidrat: 22 g

· Serat Makanan: 4 g

· Total Gula: 15 g

· Protein: 1 g

· Total Lemak: 0 g

· Lemak Jenuh: 0 g

· Natrium: 2 mg

· Kalium 116 mg

· Vitamin C: 15 mg

· Vitamin K: 29 µg

· Vitamin A: 5 µg

Manfaat Kesehatan

a. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Blueberry sarat dengan antosianin, yang diketahui dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Menurut sebuah tinjauan tahun 2020 di Advances in Nutrition, senyawa ini memerangi stres oksidatif dan peradangan-dua faktor penting dalam mengembangkan penyakit kronis.

Brittany Lubeck, RD, ahli diet dan penulis nutrisi terdaftar, menegaskan dengan mengatakan kepada EatingWell, "Konsumsi Blueberry dapat membantu mengurangi risiko penyakit dan kondisi tertentu, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penurunan kognitif. Hal ini diduga karena adanya antosianin (yang merupakan pigmen dan antioksidan kuat) dalam Blueberry."

b. Meningkatkan Penglihatan

Blueberry memberikan vitamin C dan A, yang dibutuhkan untuk mempertahankan penglihatan yang baik dan berpotensi mengurangi risiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, menurut ulasan tahun 2019 di Antioksidan.

Lubeck menambahkan, "Blueberry mengandung flavonoid yang tinggi, yang telah dikaitkan dengan risiko katarak dan degenerasi makula yang lebih rendah."

c. Memiliki Pencernaan yang Lebih Baik

Blueberry adalah sumber serat yang baik, nutrisi penting yang dapat meningkatkan keteraturan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

"Diet kaya serat telah dikaitkan dengan kesehatan metabolisme dan pencernaan yang lebih baik secara keseluruhan," kata Lubeck.

d. Meningkatkan Kesehatan Kulit Anda

Antioksidan dalam Blueberry, seperti vitamin A dan retinol, melindungi kulit Anda dari penuaan dini dengan melawan radikal bebas. Mereka juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menghasilkan kulit yang lebih halus dan kencang, menurut ulasan tahun 2023 di Antioksidan.

"Mengonsumsi Blueberry (baik melalui makanan atau suplemen) dapat bermanfaat bagi kulit yang menua," kata Lubeck. "Antioksidan dalam Blueberry memerangi radikal bebas yang dapat merusak kulit dan meningkatkan laju penuaan."

e. Mengurangi Peradangan Kronis

Peradangan kronis adalah penyebab sebagian besar penyakit kronis. Untungnya, Blueberry mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu memerangi penyebab utama masalah kesehatan ini, menurut tinjauan tahun 2021 di Nutrients.

"Blueberry memiliki lebih banyak polifenol daripada buah beri lainnya," kata Lubekc. "Polifenol adalah fitonutrien dengan sifat anti-inflamasi. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa Blueberry dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh obesitas, yang dapat meningkatkan kesehatan metabolisme secara keseluruhan."

f. Mendapatkan Lebih Sedikit Infeksi

Sebuah tinjauan tahun 2021 yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition ESPEN menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam Blueberry - antosianin, flavonoid, dan asam fenolat - memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mencegah dan menangkis infeksi virus.

"Antosianin dalam Blueberry dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi saluran kemih. Penelitian menunjukkan bahwa antosianin yang diekstrak dari Blueberry menghambat strain bakteri infeksi saluran kemih (ISK). Antioksidan ini dapat melawan bakteri yang dapat menyebabkan ISK," jelas Lubeck.

Apakah Blueberry Aman Dikonsumsi?

Meskipun jelas bahwa Blueberry merupakan tambahan yang sehat untuk diet apa pun, Blueberry mungkin tidak cocok untuk mereka yang memiliki sensitivitas atau alergi. Blueberry mengandung salisilat, bahan kimia alami yang ditemukan dalam aspirin dan banyak buah dan sayuran, menurut studi tahun 2022 di Frontiers in Plant Science. Bahan kimia ini dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang memiliki sensitivitas terhadap salisilat.

Menurut StatPearls, jika Anda memiliki sensitivitas terhadap salisilat, Anda mungkin mengalami reaksi yang merugikan seperti sakit kepala, masalah pencernaan, atau masalah kulit setelah mengonsumsi makanan yang mengandung salisilat.

5 Cara untuk Menikmati Blueberry

"Meskipun mengambil segenggam Blueberry segar itu mudah, ada banyak cara lain untuk makan lebih banyak Blueberry," kata Lubeck.

a. Taburan di atas Sereal, Oatmeal atau Yogurt

Salah satu cara paling sederhana dan lezat untuk menikmati Blueberry adalah dengan menaburkannya di atas sereal, oatmeal, atau yogurt di pagi hari. Rasa manisnya yang alami melengkapi menu sarapan ini dengan sempurna sambil memberikan dosis antioksidan dan nutrisi penting yang sehat. Cobalah Breakfast Blueberry-Oatmeal Cakes kami untuk sarapan yang lezat dan bergizi.

b. Tambahkan ke dalam Smoothie

Masukkan segenggam Blueberry ke dalam blender dengan buah-buahan, yogurt, atau sayuran favorit Anda. Mereka meningkatkan rasa dan memberikan dorongan nutrisi pada smoothie Anda. Rasa manis alami Blueberry membantu mengurangi kebutuhan gula tambahan dalam campuran Anda. Lihatlah Resep Smoothie Blueberry Sehat ini untuk mendapatkan inspirasi.

c. Sertakan dalam Makanan yang Dipanggang

Blueberry dapat meningkatkan rasa dan nutrisi makanan yang dipanggang. Muffin, pancake, dan bahkan roti mendapat manfaat dari profil nutrisi Blueberry. Lain kali jika Anda menginginkan muffin, buatlah Muffin Blueberry Rendah Karbohidrat ini daripada membeli di toko.

d. Gunakan dalam Selai Buatan Sendiri

Membuat selai Blueberry buatan sendiri adalah cara yang fantastis untuk menikmati kebaikan Blueberry sepanjang tahun. Anda dapat mengontrol bahan dan kandungan gula, memastikan olesan yang lebih sehat untuk roti panggang, pancake, atau sandwich Anda. Sebagai inspirasi, cobalah Grilled Halloumi Cheese dengan Selai Blueberry-Balsamic kami dan cobalah untuk tidak mengatakan bahwa Anda tidak menyukainya.

e. Tambahkan ke Salad Segar

Taburkan Blueberry di atas salad segar untuk memadukan rasa manis dengan saus yang tajam dan sayuran yang segar. Blueberry cocok dipadukan dengan berbagai bahan salad, seperti keju feta, kacang-kacangan, dan vinaigrette, sehingga menciptakan keseimbangan rasa dan tekstur yang lezat. Jika Anda sedang mencari resep, cobalah Salad Blueberry Musim Panas dengan Kemiri Panggang & Feta. Anda tidak akan menyesal.

Berapa banyak Blueberry yang bisa Anda makan dalam sehari?

Umumnya, menambahkan 1/2 hingga 1 cangkir Blueberry segar atau beku ke dalam menu harian Anda adalah jumlah yang sehat dan masuk akal. Bahkan 1/3 cangkir sehari telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit. Jumlah ini memberikan dosis antioksidan, vitamin, dan serat yang cukup besar.

Apakah Blueberry dapat mendetoksifikasi tubuh Anda?

Blueberry bukanlah detoksifikasi ajaib tetapi menawarkan manfaat kesehatan tertentu. Mereka kaya akan antioksidan, seperti antosianin, yang dapat membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oksidatif.

Apakah Blueberry baik untuk lemak tubuh?

Blueberry rendah kalori dan kaya akan serat, yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan puas. Selain itu, antioksidan dalam Blueberry mendukung kesehatan secara keseluruhan, yang dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Namun, faktor pola makan dan gaya hidup, seperti asupan kalori secara keseluruhan dan aktivitas fisik, memainkan peran yang lebih signifikan dalam mengelola lemak tubuh daripada makanan tunggal.

Blueberry sangat baik untuk kesehatan Anda karena kandungan nutrisinya yang kaya, termasuk vitamin, serat, dan antioksidan. Mereka dapat mengurangi risiko penyakit kronis, memperbaiki penglihatan, meningkatkan pencernaan dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, antioksidan Blueberry dapat membantu melindungi kulit Anda dari penuaan dini dan mengurangi risiko penyakit kronis dengan membantu menjinakkan peradangan kronis. Namun, jika Anda memiliki kepekaan terhadap salisilat, Blueberry dapat menyebabkan reaksi yang merugikan.

Untuk menikmati Blueberry setiap hari, Anda dapat memasukkannya ke dalam menu makanan Anda dengan menambahkannya ke dalam sereal, smoothie, makanan yang dipanggang, selai buatan sendiri, atau salad segar. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image