Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Annisa Syalaysha Ratu Fadhilla

Urgensi Makanan Tumpeng Gizi Seimbang dalam Kehidupan Sehari-hari

Gaya Hidup | Monday, 23 Oct 2023, 18:48 WIB
lustrasi tumpeng gizi seimbang" />
Ilustrasi tumpeng gizi seimbang

Apa sih definisi makan sehat?

Banyak orang memenuhi kebutuhan makannya hanya sesuai selera tanpa memikirkan dampak lebih lanjut bagi kesehatan. Padahal, makanan tidak sehat dan sesuai selera yang mungkin mereka konsumsi setiap hari itu dapat menimbulkan ancaman yang tak terbayangkan bagi tubuh. Mungkin agak sulit bagi beberapa orang untuk beralih ke pola makan sehat setelah lama mengonsumsi makanan yang tidak sehat, tetapi dengan sedikit kesabaran dan usaha, mereka pasti akan terbiasa dan akhirnya beralih menjalani pola makan yang sehat.

Makan sehat tidak berarti hanya makan makanan yang direbus, makan lebih sedikit, atau menolak lemak. Kebiasaan makan sehat melibatkan peralihan ke pola makan yang seimbang dan bergizi, yaitu makan segala sesuatu dalam jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat, serta dengan kombinasi yang tepat pula. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan membuat kerja sistem lebih efektif dalam melawan ancaman bahaya penyakit. Makanan sehat tentunya dikemas dengan nutrisi tepat yang memberi tubuh energi untuk menjalankan fungsinya dengan baik saat beraktivitas. Saat seseorang makan makanan yang tidak sehat, sistem tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencerna sehingga dapat membuat seseorang menjadi lelah dan lesu sepanjang hari.

Mengenal pedoman Tumpeng Gizi Seimbang

Di era saat ini, kita tentunya sudah mengenal istilah “4 sehat 5 sempurna”, atau bahkan sudah diajarkan untuk menerapkan hal tersebut sedari menginjak sekolah dasar. Namun, berdasarkan peraturan pemerintah, istilah 4 sehat 5 sempurna telah diganti menjadi Tumpeng Gizi Seimbang. Adapun empat pilar penting dalam Tumpeng Gizi Seimbang yakni konsumsi makanan beragam, hidup bersih, aktivitas fisik, serta pemantauan berat badan;

1. Konsumsi Makanan Beragam : Maksud dari pilar pertama ini ialah masyarakat dapat mengkonsumsi makanan yang berbeda. Contohnya ialah ketika biasanya kita sering memilih nasi sebagai makanan pokok, kita dapat mengganti nasi tersebut dengan makanan lainnya seperti kentang, singkong, ubi, dan lain-lain.

2. Hidup Bersih : Tidak sedikit kita temukan masalah seperti penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran untuk hidup bersih. Maka dari itu, hidup bersih tentunya masuk kepada pilar penting dalam implementasi Tumpeng Gizi Seimbang. Contoh yang dapat kita terapkan sehari-hari ialah seperti membiasakan mencuci tangan sebelum makan, menutup hidung ketika bersin maupun batuk, dan rajin membuang sampah sehingga tidak menyebabkan berkumpulnya bakteri.

3. Aktivitas fisik : selain dengan konsumsi makanan yang beragam dan hidup bersih, aktivitas fisik juga tidak kalah penting. Olahraga tentunya dapat meningkatkan imun tubuh, namun setiap individu juga harus mengetahui jenis olahraga seperti apa yang cocok diterapkan ke tubuh mereka.

4. Pemantauan Berat Badan : pilar yang terakhir ialah memantau berat badan secara rutin. Konsumsi makanan yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat menyebabkan obesitas. Maka dari itu, setiap individu dianjurkan untuk memantau berat badan mereka secara bertahap dan melakukan diet sehat jika berat badan tidak sesuai dengan indeks massa tubuh ideal.

Disamping itu, Tumpeng Gizi Seimbang juga dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan penurunan tingkat stres. Makan makanan bergizi memberi tubuh vitamin dan mineral yang diperlukan untuk berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tingkat energi dan rasa kesejahteraan. Selanjutnya, kebiasaan makan yang sehat dapat membantu menyeimbangkan suasana hati dengan mengatur kadar gula dalam darah. Mengonsumsi makanan dan camilan teratur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mempertahankan suasana hati yang positif. Dapat disimpulkan nutrisi yang berperan penting bagi tubuh yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Mengapa harus berpedoman pada Tumpeng Gizi Seimbang?

Pemerintah tentunya tidak sembarangan mengeluarkan pedoman yang dianjurkan untuk masyarakat Indonesia. Tujuan dari dikeluarkannya pedoman Tumpeng Gizi Seimbang ialah agar kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari segala gangguan yang disebabkan akibat pola makan yang tidak sehat contohnya diabetes, obesitas, penyakit tekanan darah, dan lain-lain. Maka dari itu, masyarakat Indonesia hendaknya meningkatkan kesadaran diri mereka sendiri mengenai pentingnya mengikuti pedoman Tumpeng Gizi Seimbang. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang hidup sehat dan kuat.

Makanan merupakan kebutuhan esensial bagi manusia, dengan mengonsumsi suatu makanan manusia dapat hidup, tumbuh, dan berpikir. Makanan yang baik untuk dikonsumsi sebaiknya selalu berpedoman pada Tumpeng Gizi Seimbang seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Singkatnya, dapat disimpulkan makanan memengaruhi kondisi tubuh dan pikiran. Jika kita mengonsumsi makanan yang kotor dan tidak sehat maka kondisi tubuh akan memburuk sehingga dapat menimbulkan penyakit. Namun sebaliknya, jika kita mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi akan menunjang kerja sistem tubuh sehingga tercapainya taraf hidup yang baik. Yuk mulai kebiasaan hidup sehat dengan menerapkan prinsip Tumpeng Gizi Seimbang dalam kehidupan sehari-hari!

Oleh:

Annisa Syalaysha Ratu Fadhilla

Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image