Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fimia Firda Permatasari

Feminisime dan Transformasi Paradigma Ekonomi: Menggagas Kesetaraan Gender dalam Teori dan Praktik G

Edukasi | Thursday, 19 Oct 2023, 20:57 WIB
https://pin.it/6O07H7B

FEMINISME DAN TRANSFORMASI PARADIGMA EKONOMI : MENGGAGAS KESETARAAN GENDER DALAM TEORI DAN PRAKTIK EKONOMI

Feminisme adalah salah satu upaya untuk mengubah cara pandang dan praktik ekonomi agar lebih inklusif, adil, dan responsif terhadap perbedaan gender untuk mencapai kesejahteraan dalam sosial dan ekonomi . Fenimisme adalah gerakan sosial dan teori yang dilakukan dengan cara mencapai kesetaraan gender dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satu fundamental dalam pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan adalah kesetaraan gender. Hal ini mencerminkan keyakinan bahwa setiap individu, tanpa memandang jenis kelaminnya, harus memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses sumber daya dan mencapai potensinya. Dalam teori dan praktik ekonomi, Upaya untuk mencapai kesetaraan gender memiliki dampak yang luas, baik dalam meningkatkan kesejahteraan individu maupun pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Dalam konteks ini, transformasi paradigma ekonomi mencerminkan perubahan dalam cara pandang dan tindakan ekonomi untuk memastikan setiap individu tidak memandang jenis kelamin dan memiliki hak yang sama terhadap peluang ekonomi. Menggagas kesetaraan gender dalam teori praktik ekonomi melibatkan penghapusan segala bentuk diskriminasi, baik di tempat kerja maupun dalam kebijakan ekonomi. Hal ini termasuk kedalam Upaya untuk menghilangkan perbedaan gaji yang signifikan terhadap pria dan wanita.

Selain penghapusan diskriminasi terdapat juga pengakuan nilai pekerjaan rumah tangga yang menekankan pentingnya mengakui dan memberikan nilai ekonomis kepada pekerjaan rumah tangga dalam perhitungan ekonomi nasional. Dalam hal transformasi paradigma ekonomi mencakup dukungan yang lebih besae terhadap kewirausahaan Wanita dan akses yang lebih baik terhadap modal usaha. Selain itu dalam mengagas kesetaraan gender feminism juga menyorot pentingnya keterlibatan Wanita dalam pengambilan keputusan ekonomi yang mendorong partisipasi aktif wanita dalam pengambilan keputusan ekonomi termasuk ditingkat kebijakan dan perencanaan ekonomi nasional.

Transformasi paradigma ekonomi dalam feminisme sering kali mencakup kesadaran terhadap dampak lingkungan dari model-model ekonomi yang mengutamakan pertumbuhan ekonomi tanpa batas. Wanita sering kali memiliki peran penting dalam pemeliharaan lingkungan dan kesetaraan gender dalam pengambilan keputusan ekonomi dapat mengarah pada kebijakan yang lebih berkelanjutan.

Melalui feminisme kita menyadari bahwa ketidaksetaraan gender bukan hanya masalah sosial tetapi juga ekonomi. Transformasi paradigma ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan, dimana setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkonstribusi tanpa adanya batasan gender.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image