Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

Wow, Begini Tips Mudah Melakukan Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

Info Terkini | Thursday, 19 Oct 2023, 05:25 WIB

Memberikan presentasi selalu menantang. Harus berdiri di hadapan rekan kerja dan berbagi ilmu secara informatif dan persuasif bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin merasa gugup dan tidak yakin bisa melakukan yang terbaik. Namun, hal ini akan lebih sulit jika Anda menyajikannya dalam bahasa asing.

Sebagai penutur bahasa Inggris yang bukan penutur asli, terkadang Anda mungkin diminta untuk menyampaikan Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini dapat terjadi jika Anda bekerja di perusahaan internasional, atau sering bepergian untuk tujuan bisnis. Anda mungkin khawatir akan hal ini, lagipula memesan kopi atau berbincang santai dalam bahasa Inggris sangat berbeda dengan memberikan presentasi secara utuh.

Mungkin sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana. Jangan khawatir! Dengan petunjuk dan tips praktis ini, Anda akan merasa lebih percaya diri dalam memberikan presentasi dalam bahasa Inggris.

Tips Melakukan Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

Memeriksa Pemahaman

Hal terpenting saat memberikan presentasi dalam bahasa Inggris atau bahasa kedua lainnya adalah menggunakan bahasa yang Anda pahami dengan baik dan pastikan bahasa yang Anda gunakan dapat dipahami oleh orang lain. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan bahasa yang terlalu rumit meskipun Anda merasa yakin dengan bahasa tersebut.

Pikirkan Tentang Audiens Anda

Saat Anda bersiap untuk memberikan presentasi dalam bahasa Inggris, penting untuk mempertimbangkan siapa audiens Anda. Anda dapat memberikan presentasi kepada penutur asli bahasa Inggris, non-penutur asli, atau gabungan keduanya. Anda boleh berbicara bahasa Inggris kepada penutur lain yang bukan penutur asli.

Saat memberikan presentasi, hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena ini akan menunjukkan betapa mendasar atau rumitnya penggunaan bahasa Anda. Bahkan jika Anda seorang penutur bahasa Inggris yang berpengalaman dan percaya diri, Anda juga harus mempertimbangkan orang yang Anda hadapi, dan memastikan bahwa mereka memahami apa yang Anda katakan.

Mempersiapkan Diri

Ketika harus melakukan presentasi dalam bahasa Inggris, persiapannya harus lebih matang dibandingkan presentasi dalam bahasa lain. Selain mempersiapkan alat peraga, Anda juga perlu berlatih dengan sungguh-sungguh, misalnya dengan berlatih di depan cermin. Pastikan Anda memahami dengan jelas struktur presentasi, mulai dari awal, tengah, dan akhir, serta mengetahui secara pasti apa yang akan Anda sampaikan.

Selain itu, cobalah memikirkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dari audiens, dan persiapkan cara yang tepat untuk menjawabnya dalam bahasa Inggris. Dengan berlatih dan merasakan lebih banyak presentasi, Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris.

Berlatihlah Dengan Orang Lain

Walaupun biasanya Anda berlatih sendirian, cobalah untuk melatih presentasi bahasa Inggris Anda bersama orang lain. Jika Anda dapat melakukan ini dengan penutur bahasa kedua atau non-penutur asli lainnya, Anda dapat mengukur seberapa jelas dan mudahnya orang lain memahami presentasi Anda.

Gunakan Bahasa Tubuh Dengan Hati-Hati

Bahasa tubuh adalah bagian penting untuk menjaga presentasi Anda tetap hidup dan menarik. Namun perlu diingat bahwa tidak semua isyarat memiliki arti yang sama dalam budaya yang berbeda.

Tergantung di belahan dunia mana Anda melakukan presentasi, Anda mungkin ingin memikirkan jenis bahasa tubuh apa yang akan dipahami audiens Anda. Beberapa tanda bersifat universal, namun ada pula yang tidak! Jika ragu, tanyakan pada orang-orang di sekitar Anda, atau lakukan riset online.

Artikulasikan Dengan Hati-Hati

Artikulasi sangat penting dalam presentasi, tidak peduli siapa audiens Anda. Meskipun Anda menggunakan bahasa yang sederhana dan membuat presentasi Anda mudah dipahami, pastikan Anda tidak terburu-buru menyampaikannya. Berlatih dapat membantu Anda berbicara lebih lambat dan jelas, serta menggunakan jeda agar audiens dapat menyerap apa yang Anda katakan.

Hal ini sangat penting ketika berbicara dengan orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris, yang mungkin memerlukan waktu ekstra untuk memahami presentasi Anda. Selain itu, berhenti sejenak saat berbicara dapat membantu Anda berpikir lebih jernih tentang apa yang ingin Anda katakan selanjutnya.

Memberikan Ringkasan

Cara efektif untuk memastikan bahwa setiap bagian telah dipahami adalah dengan memberikan ringkasan singkat di akhir setiap bagian. Ini juga membantu Anda memiliki titik akhir yang jelas sebelum melanjutkan ke informasi berikutnya. Jika memungkinkan, memberikan ringkasan sebelum memulai presentasi juga bisa menjadi ide bagus.

Dengan begitu, audiens Anda akan memiliki gambaran tentang apa yang akan dibicarakan dan dapat mempersiapkan pertanyaan sebelumnya. Ini akan membantu mereka memahami Anda dengan lebih baik dan memberi mereka harapan tentang hal-hal yang mungkin mereka tanyakan atau ingin mereka ketahui lebih lanjut.

Gunakan Gambar Yang Jelas

Jika bagan dan gambar merupakan bagian penting dari presentasi Anda, pastikan untuk memeriksa dan memeriksa kembali apakah bagan dan gambar tersebut jelas dan mudah dipahami. Gambarnya juga harus dalam bahasa Inggris, dan Anda harus dapat menghubungkannya dengan presentasi Anda dengan mudah.

Latihlah ini, dan gunakan itu sebagai bagian dari pembicaraan Anda dan sebagai bagian dari ringkasan Anda untuk memperkuat presentasi Anda. Bahasa dan gambar yang digunakan juga bisa menjadi petunjuk jika Anda kehilangan arah saat presentasi.

Demikian ulasan artikel tentang Wow, Begini Tips Mudah Melakukan Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris seperti yang dilansir Indobetslot88, Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image